Pilih-pilih Sekolah Pilihan di Summarecon Bekasi

Tahun ajaran 2015-2016 sudah berjalan hampir setengahnya. Sudah ketemu belum calon sekolahnya anak-anak yang mau masuk ke jenjang pendidikan baru tahun ajaran 2016-2017? Jangan ditunda-tunda atuuh, cari sekolah mah. Enggak terasa waktu akan berjalan bahkan berlari semakin cepat. Banyak sekolah pilihan yang ditawarkan, tapi kita harus tetap pilih-pilih juga lho.
Apa saja sih kira-kira yang harus dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih sekolah untuk anak-anak kita? Yang pertama, jelas mutu pendidikannya, bisa dilihat dari metode pengajaran yang digunakan, kurikulum dan bagaimana mengadapatasikannya kepada siswa, hasil lulusannya, kualitas guru, dan masih banyak lagi. Kedua, bentuk fisik sarana dan prasarananya. Sarana dan prasarana harus membuat anak-anak kita dapat menuntut ilmu di sana dengan aman, nyaman, dan menyenangkan. Ketiga, lingkungan sekitarnya. Bagaimana lingkungan tempat sekolah tersebut berada? Aman dan nyamankah? Lengkapkah sarana penunjang lainnya? Bagaimana soal transportasi dan lain-lain? Dan yang terakhir, yang juga pentiiiiing banget adalah masalah biaya, Moms and Dads. Bagaimanapun juga sekolah mahal tidak selalu menjamin mutu pendidikan yang baik, maka itu yuk kita pilih sekolah yang sesuai dengan kemampuan keuangan kita juga.
Nah, untuk anda yang berlokasi di sekitar Bekasi, kini ada dua sekolah dan satu universitas pilihan yang perlu kita sempatkan untuk ‘shopping-school’ ke sana. Kedua sekolah itu adalah Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Bekasi, dan Sekolah Kristen BPK Penabur Summarecon Bekasi. Universitasnya adalah Bina Nusantara Kampus Summarecon Bekasi. Laaah, kok semuanya ada di Summarecon Bekasi sih? Lengkap banget apa ya kompleksnya?
Wah ya iya, Moms and Dads. Summarecon Bekasi itu lebih dari sekedar kompleks. Dia konsepnya sudah Kota Satelit. Lengkap dan nyaman banget.
Jadi kita kemana dulu nih, keliling Summarecon Bekasi dulu, atau Shopping Schools dulu?
Baiklah. Kita shopping schools dulu yaaa…. Here we go, sekolah di Summarecon Bekasi….

Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Bekasi

al azhar

 

Kompleks Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Bekasi berlokasi di Jalan Bulevar Utara, Blok L, Summarecon Bekasi, Bekasi Utara. Terdiri dari berbagai tingkat pendidikan dengan fasilitas yang lengkap, yaitu Sekolah dasar Islam Al Azhar 44 (SDIA 44), Sekolah Menengah Pertama Al Azhar (SMPIA 31), dan Sekolah Menengah Atas Al Azhar (SMAIA 8). Sekolah ini berada di bawah Yayasan Syiar Bangsa dan pada tanggal 26 Agustus yang lalu, baru saja diresmikan gedung sekolah tahap kedua. Wuihhh luas dong ya? Acara ini dihadiri oleh Bapak Wali kota Bekasi, bapak Rachmat Effendi, CEO Summarecon Grup bapak Ir. Soetjipto Nagaria, Ketua Umum, Pengawas, dan Kepala Sekretariat YPI, dan Ketua Yayasan Syiar Bangsa.

Gedung tahap 1 saja luasnya 1 Ha terdiri dari bangunan 5 lantai dengan 1 lantai Basement dan 1 lantai atap, dengan total luas keseluruhan hampir 12.000 m2. Dengan tahap 2, total luas bangunan adalah 20.160 m2. Jumlah siswa SMA 500 orang dalam 14 kelas, SMP sebanyak 392 murid, dan SD sebanyak 72 siswa untuk 3 kelas parallel kelas 1.
Terus, apa saja sih fasilitas yang ada di Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Bekasi ini? Banyak banget, Moms and Dads. Nyamaaan sekali. Misalnya ya, ruang kelas dilengkapi AC dan LCD untuk menunjang kenyamanan belajar. Setiap kelas hanya menampung maksimal 36 siswa. Jadi dengan demikian, setiap siswa akan mendapatkan perhatian dan bimbingan yang cukup dari para guru. Jadi ingat, dulu waktu SMP dan SMA, satu kelas isinya bisa 44 sampai 48 siswa ya. Jadi adaaa saja siswa bolos yang enggak ketahuan guru, termasuk sayaaa….
Di dekat sekolah juga ada Masjid Raya Al Azhar Summarecon Bekasi, sehingga bisa digunakan sebagai pusat kegiatan keislaman bagi siswa. Umum juga boleh dong shalat di sini. Keren pula masjidnya.
Terus ada ruang UKS/Klinik yang didukung oleh tenaga kesehatan dari RS Mitra Keluarga Bekasi, ada ruang perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap, ruang yang nyaman, dan ada Wi Fi gratissss lho. Kantin sekolah yang bersih dan nyaman (bisa menampung 150 orang) juga dilengkapi Wi Fi, menjual makanan dan minuman dengan kualitas yang baik, Koperasi sekolah menjual perlengkapan sekolah sehingga siswa tidak perlu susah payah pergi ke mall ya buat beli alat tulis saja. Laboratoriumnya juga lengkap, ada laboratorium Bahasa, Komputer, Kimia, Biologi dan Fisika, selain itu ada Ruang Musik untuk menyalurkan bakat dan minat siswa bermusik dan berkesenian. Tersedia juga aula yang memadai banget untuk seminar dan acara-acara besar dan bisa menampung 500 orang, dan fasilitas olahraga seperti lapangan Futsal, Basket, badminton, Tennis Meja dan Volley.
Khusus untuk SMAIA 8, meskipun usia sekolahnya masih muda, tapi prestasinya sudah banyak dan sudah sampai tingkat nasional. Misalnya saja sebagai nominator Video terbaik pada Lomba GEO Smart Competition tingkat Nasional tahun 2013 yang diadakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Juara perempat final The Asian English Olympics tahun 2014 se—Asia Tenggara, dan masih banyak lagi.
Ehm… sekarang untuk biaya. Eh Alhamdulillah ternyata lumayan terjangkau ya. Sekitar 1 jutaan rupiah untuk SPP. Untuk info lengkap bisa hubungi Sekolah Islam Al Azhar Summarecon Bekasi. Sebanding ya dengan mutu yang ditawarkan sebagai mutu pendidikan kelas dunia.

Sekolah Kristen BPK Penabur

bpk penabur

Ini juga salah satu sekolah di Bekasi yang merupakan sekolah pilihan, terutama bagi yang beragama Kristiani. Top banget deh kan, BPK Penabur dari zaman saya masih sekolah dulu. Sekarang Sekolah BPK Penabur sudah memiliki cabang yang berlokasi di Summarecon Bekasi sejak tahun 2013. BPK Penabur Summarecon Bekasi menawarkan jenjang pendidikan dari TK hingga SMA.
Fasilitasnya juga lengkaap banget. Lapangan olahraga saja ada dua, di lantai 2 dan di lantai 6, Labpratorium Komputer, Biologi, Kimia, Ruang Pertemuan, Kantin Sekolah, Perpustakaan, Tempat bermain, dan masih banyak lagi.
Ekstrakurikulernya juga banyak, misalnya Robotic, English Club, Math and Science Cluub, Basket, Futsal, Modern Dance, Melukis Manga, Karate, Catur, Ansamble dan Pramuka. Sekolah BPK Penabur juga telah mencatatkan prestasi seperti juara lomba band dan modern dance di wilayah Jakarta dan Bekasi.
Lokasi Sekolah BPK Penabur Summarecon Bekasi ada di Jalan Duta Bulevar Barat Blok L1, Kelurahan Margamulia Bekasi Utara. Nah soal biaya juga bisa ditanyakan rincinya di lokasi ya, Moms and Dads. Kalau perkiraannya sih SPP sekitar 1,6 jutaan gitu.

Enggak heran kan, jika kedua sekolah ini yaitu Sekolah Islam Al Azhar dan Sekolah BPK Penabur merupakan sekolah berkualitas di Summarecon Bekasi.

Binus University di Bekasi

binus

 

Baru-baru ini yaitu tanggal 29 April 2015 telah dilakukan penandatanganan antara pihak Summarecon Bekasi dengan Binus University dalam rangka pengembangan kampus Binus University yang rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 36.400 m2 di jalan Lingkar Bulevar, Kota Summarecon Bekasi.
Nantinya, pada bulan Maret 2016, Binus University di Bekasi tersebut akan membuka fasilitas perkuliahan online learning , Binus University Learning Center (BULC) di Kota Summarecon Bekasi, dan berikutnya diharapkan bersamaan dengan selesainya pembangunan kampus baru, pada tahun akademik 2018-2019, yang dimulai pada bulan September 2018, Binus University di Bekasi akan beroperasi dengan target mahasiswa sebanyak 15.000 orang.
Trend e-learning sendiri diramalkan akan menjadi primadona metode perkuliahan di tahun-tahun mendatang, sebagai salah satu cirri World Class University. Apa sih untungnya menggunakan metode e-learning?
Pertama, lama pembelajaran sama namun mahasiswa lebih fleksibel dalam mengatur waktu dan cara belajarnya. Kedua, mahasiswa bisa langsung belajar dari para pakarnya. Ketiga, pembelajaran lebih kaya dan aplikatif, dilengkapi dengan sarana teknologi yang canggih, seperti computer tablet, digital library, video conference, dan discussion room.
Perkembangan jumlah lulusan online learning juga meningkat secara signifikan lho. Misalnya saja di tahun 2011 baru menghasilkan 11 wisudawan, di tahun berikutnya ada 51 wisudawan, dan di tahun 2013 sudah ada 186 wisudawan.

Jelas banget deh, keberadaan dua sekolah dan satu universitas berkualitas di kawasan Summarecon Bekasi ini merupakan komitmen dari Summarecon untuk memfasilitasi warganya dan seluruh warga Bekasi dalam mendapatkan sarana pendidikan untuk mendukung kawasan regional Summarecon Bekasi.

Nah, sekarang shopping schools-nya sudah. Pasti penasaran kan, selengkap dan seheboh apa sih fasilitas-fasilitas lainnya yang ada di Kota Summarecon Bekasi ini, sehingga layak banget dijadikan tempat tinggal, tempat kerja atau membangun bisnis, dan tempat sekolah juga. Hayuuu teruskan tour-nyaaa….

Residential/Hunian

apartemen

Summarecon Bekasi yang memiliki luas lebih dari 240 ha, dikembangkan menjadi kota yang ramah lingkungan. Tipe huniannya dirancang nbersahabat dengan alam, ruang hijau yang terbuka yang disediakan bagi public, dan juga sudah mengadakan berbagai kampanye lingkungan, termasuk kampanye daur ulang bagi para penghuninya. Sejak tahun 2010, Summarecon Bekasi sudah menghadirkan berbagai hunian hijau eksklusif dengan berbagai fasilitas seperti swimming pool, children playground, dan multi function room. Serunya lagi, setiap rumah sudah dilengkapi dengan fasilitas koneksi internet, TV Cable, dan system keamanan double check security dan panic button.
Mulai tahun 2014, Summarecon Bekasi meluncurkan juga high rise building yaitu berbagai type apartemen. Hebatnya nih ya, semua type residence dan apartemennya selalu sold out dalam waktu yang cepat. Tandanya memang banyak yang tertarik dengan konsep hunian hijau eksklusif yang ditawarkan.

Commercial/rukan

rukan

Sejak tahun 2011 Summarecon melakukan penjualan Rukan yang terletak di kawasan strategis, dan hingga tahun 2013, ada empat jenis rukan yang telah terjual dalam waktu yang relative singkat, Nah, bisa tuh, Moms and Dads buka usaha di sini, sementara anak-anak bisa sekolah di lokasi yang dekat dengan kantor/lokasi usaha kita.

Flyover dan Landmark Summarecon Bekasi

flyover

landmark

 

Pada tahun 2013 Summarecon Bekasi telah meresmikan Flyover KH Noer Ali Summarecon Bekasi Flyover ini membentang sepanjang 1 km , lebar 22 meter, dan memiliki 4 lajur jalan yang menghubungkan Jalan Ahmad Yani dengan kota Summarecon Bekasi. Flyover memiliki kontsruksi canggih yang disebut Balanced cantilever sehingga bentang jembatan dengan panjang 130 meter yang melintas rel kereta api tersebut dibangun tanpa penyangga, dan menjadi salah satu jembatan dengan bentang terpanjang seluruh Indonesia.
Bersamaan dengan itu, diresmikan pula Landmark Summarecon Bekasi yang berbentuk piramida, yang menggambarkan perjalanan kota Summarecon Bekasi yang bergerak maju dan lebih besar seiring waktu. Landmark ini memiliki lebar penampang atas 27 meter, tinggi 17 meter, dan berada tepat di bundaran utama Kota Summarecon Bekasi. Piramida ini juga dilengkapi dengan teknologi color kinetic dengan mengaplikasikan 300 buah lampu yang dapat merubah warna secara drastic. Beneran keren banget ya di waktu malam penampakan piramida ini.

Pasar Moderen Sinpasa

pasar modern

Dibuka pada bulan Mei 2013, Pasar Moderen ini menempati area seluas 3400 m2, telah diisi oleh sekitar 175 kios dan 105 lapak dengan penataan yang rapi. Pasar ini juga kerap menyelenggarakan berbagai acara yang menarik, seperti senam sehat bersama instruktur senam professional setiap minggu, juga setiap bulannya ada promosi kepada konsumen dengan berbagai hadiah yang menarik.

Summarecon Mall Bekasi (SMB)

smb

Mulai dibuka pada 28 Juni 2013, Mall ini untuk tahap pertama memiliki luas bangunan 80.000 m2 dengan luas area penyewaan sebesar 50.768 m2 yang terdiri atas 4 lantai dan 1 basement, dengan kapasitas parkir sejumlah 3200 mobil dan 3200 motor. Nantinya secara keseluruhan SMB akan memiliki luas dua kali lipat tahap pertama. Berlokasi di jalan Bulevar Ahmad Yani, yang sangat strategis, Mall ini termasuk ke dalam kawasan yang direncanakan sebagai pusat komersial terpadu dengan luas sekitar 23 hektar, yang sangat mudah dijangkau. Bayangkan, hanya sekitar 10 menit dari ruas tol Jakarta-Cikampek, exit Bekasi Barat, dengan kemudahan akses melalui Flyover KH Noer Ali Summarecon Bekasi. SMB menghadirkan 5 anchor tenant terkemuka seperti Star Departement Store, The FoodHall Supermarket, ACE Hardware, Best Denki, dan Cinema XXI, bersama dengan 220 tenant lainnya.

The Downtown Walk

downtown walk

Ini merupakan destinasi kuliner terbaru dengan konsep area makan di ruang terbuka (alfresco dining) dengan berbagai menu local dan internasional. The Downtown Walk SMB memiliki area Level 2 yang merupakan tempat yang cocok untuk hangout, gathering, hingga semi outdoor party dengan nuansa hijau , yang dihadirkan melalui ragam vertical garden yang dapat dinikmati di berbagai sudut indoor dan outdoor. Kawasan ini dilengkapi dengan fasilitas wifi dan layar LED raksasa berukuran 11×8 meter. Oh iya di sini juga kita dapat menikmati keindahan 3 buah kolam ikan koi dengan water fountain. Pokoknya serasa lagi makan di Eropa gitu deh. Keren ya?

Bekasi Food City

bfc 2

Berada di kawasan komersial terpadu Sentra Summarecon Bekasi, Bekasi Food City memiliki luas lahan 4400 m2 dengan luas bangunan 2506 m2, saat ini diisi 15 tenant counter, 21 tenant gerobakan, dan 3 unit resto. Selain itu juga dilengkapi dengan panggung, toilet, dan mushala yang memadai. Bekasi Food City bisa menampung lebih dari 3000 pengunjung perhari. Dapat dicapai melalui akses melalui lobby The Link yang akan menghubungkan Bekasi Food City dengan Summarecon Mall Bekasi.

Gerakan Go Green Summarecon Mall Bekasi

Sejak mulai beroperasi, SMB telah menjalankan system pengolahan air limbah dengan Sewage Treatment Plant (STP) yang menjadi gerakan hijau dan sekaligus juga penghematan. Limbah air yang dihasilkan diolah sehingga dapat digunakan kembali untuk kegiatan harian di lingkungan SMB seperti menyiram tanaman, dan juga penyiraman air di toilet. SMB juga melarang penggunaan stereofoam di semua tenant Food and Beverages. Penggunaan plastic yang ramah lingkungan dan dapat terurai dalam waktu yang singkat juga telah dianjurkan oleh manajemen SMB.
Selain itu, SMB bekerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi, SMB telah melakukan penyaluran sampah rumah tangga di lingkungan sekitar SMB, seperti gelas plastic, kardus, dan Koran. Setelah terkumpul, sampah ini kemudian diambil dan disalurkan kepada Yayasan Buddha Tzu Chi setiap tanggal 1 dan 15.

Masjid Al Azhar Summarecon Bekasi

masjid al azhar

Masjid ini berlokasi di Jalan Bulevar Raya Summarecon Bekasi, dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 3000 m2 dengan total luas bangunan 1320 m2 yang terdiri dari bangunan 2 lantai dan 1 lantai semi basement yang dapat menampung hingga 1200 jamaah. Arsitek masjid ini adalah walikota Bandung, bapak Ridwan Kamil alias Kang Emil yang prestasinya sebagai arsitek sudah diakui dunia. Masjid ini unik lho, karena mengambil inspirasinya dari bangunan Ka’bah. Selain itu masjid ini juga didesain dan menggunakan material yang ramah lingkungan.

Harris Hotel and Convention Bekasi

harris bekasi

Harris Hotel and Convention yang baru saja melaksanakan Grand Openingnya tanggal 21 mei 2015 ini memiliki 17 lantai dan 1 lantai basement, terdiri dari 332 kamar dan suites yang didesain untuk kenyamanan para tamu yang terdiri dari para professional dan pebisnis. Sementara itu, Harris Convention Center merupakan gabungan dari 15 ruang pertemuan yang cocok untuk berbagai event perusahaan dan privat, seperti peluncuran produk, fashion show, acara ulang tahun, pernikahan dan meeting. Harris Convention Center bisa menampung hingga 2500 orang dan dilengkapi berbagai fasilitas modern.

AXC Summarecon Bekasi

axc

Sentra otomotif ini akan memiliki 132 ruang usaha yang menjual berbagai spare part otomotif hingga mobil second.

Wuihhh… benar-benar lengkap kan fasilitas yang ada di Summarecon Bekasi. Jadi, Moms and Dads, kayaknya enggak perlu ragu lagi menyekolahkan anak-anak di sekolah di Summarecon Bekasi. Selain itu Moms and Dads juga bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari di Summarecon Bekasi, termasuk mengembangkan berbagai bisnis dan usaha. Mau cari lokasi rumah atau apartemen di sini malah lebih bagus lagi. Bukan begitu, Moms and Dads?

 

 

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in education, lifestyle, Lomba blog, mall, schooling and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Pilih-pilih Sekolah Pilihan di Summarecon Bekasi

  1. Attar Arya says:

    Tautan ‘wajib’-nya banyak amat yah.. hehe

  2. Koko Nata says:

    Andai pemerinta yang bikin perumahan seperti ini, ya…

  3. infonya lengkap, keren banget, semoga menang mbk 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s