Mobil Sedan Corolla DX Kenangan

By Ifa Avianty

image

Mobil Sedan Corolla DX Kenangan

Ini kisah tentang mobil sedan Papahku. Sebetulnya bukan mobil sedan pertama yang dimiliki Papah. Sebelumnya kami sudah dua kali punya mobil sedan dari dua merek berbeda. Tapi baru pada tahun 1986 itulah Papah membeli mobil sedan Toyota. Pilihannya adalah mobil sedan Corolla DX. Masih new waktu itu, warnanya coklat. Kurang lebih seperti gambar di bawah ini nih.

image

Senang banget dong kita, sebagai anak-anaknya. Toyota gitu lho. Dan, semua orang juga sudah tahu kualitas Corolla sedan terbaik di kelasnya. Apalagi kita berempat waktu itu masih remaja, kayaknya gengsi tuh penting banget. *halah*. Padahal sih, Papah dan Mamah enggak pernah mengajarkan demikian. Ya iyalaaah….

Jadi ceritanya kita berempat memang cuma bisa bangga saja. Sementara yang sangat rajin dan telaten merawat si mobil sedan itu ya Papah sendiri. Tiap pagi dan sore dibersihkan, dilap, diperiksa ini dan itunya. Papah saya itu memang juara deh kalau urusan merawat mobil, sampai sekarang. Nanti tuh, setiap habis dibersihkan dan sudah kering, tampak bening, kinclong, dan unyu-unyu kalau kata anak sekarang, mobil itu dikerudungin deh. Kita, anak-anaknya, menggelari mobil itu sebagai Mobil RI-1 saking terawatnya.

image

Tapi memang mobil sedan Toyota Corolla DX itu sendiri bagus banget kualitasnya. Mesinnya awet alias bandel, dan bahan bakarnya juga irit. Jadi deh tuh, si Sedan Corolla coklat cantik itu jadi andalan buat jalan Jakarta-Bandung. Kami bertahun-tahun menggunakan mobil sedan tersebut nyaris tanpa keluhan. Kebetulan, adik bungsu saya juga baru belajar setir mobil.

Ini dia nih yang menyebabkan si mobil sedan Corolla coklat cantik itu menjadi salah satu kenangan terindah bagi kami. Adik saya itu kan nyetirnya ‘preman banget’. Pernah mobil itu mundur dan menabrak tempat sampah di depan SMA 34 Pondok Labu. Kerennya, yang penyok malah tempat sampahnya. Mobil sedannya cuma penyok sedikiiit. Tinggal bawa ke bengkel Toyota. Lain waktu adik saya itu nyaris menabrak tentara yang sedang latihan berbaris di depan Kampus UI Depok. Salah seorang tentara itu marah dan langsung menggebrak kap depan mobil. Adik saya panik dan….wusss, dia langsung tancap gas ….kabuuurrr. Untunglah si coklat cantik lincah larinya.

Kalau saya tidak salah ingat, mobil sedan corolla DX itu menemani hari-hari kami hingga sekitar delapan tahun. Papah menjualnya karena ingin menggantinya dengan yang lebih besar dan memuat lebih banyak. Masih Toyota pilihannya, yaitu Kijang. Yang saya ingat waktu itu, saya sedih banget berpisah dengan si coklat cantik. Sampai-sampai saya enggak mau lihat waktu dia pergi meninggalkan garasi mobil kami.

Demikianlah berganti-ganti mobil yang menemani kami, namun saya masih selalu mengenang si coklat cantik. Apalagi sekarang muncul kembali trend menggunakan mobil lama, termasuk mobil Sedan Toyota Corolla DX. Mereka tergabung dalam Indonesia Corolla DX Community.

Komunitas yang beranggota ratusan ini menambah faktor harga kian melambung karena banyak konsumen yang ingin memiliki mobil klasik dengan beragam nilai historis serta melegenda. Bukan hanya ingin berpenampilan orisinal seperti kali pertama keluar, melainkan juga direstorasi atau dimodifikasi dengan aliran yang dinginkan. Bahkan balap retro nasional saat ini masih dihias oleh beberapa Corolla DX yang menjadi andalan. Alasan dari para pebalap, mudah dikendalikan dan mudah dimodifikasi. Begitu juga bagi para modifikator, DX mudah dimodifikasi dan cocok dipasangi model body kit dengan model dan aliran apa pun. Beberapa kontes modifikasi yang digelar masih menampilkan sosok DX bergaya balap, rally, vintage, dan paling banyak retro.

Tuh keren banget kan. Sampai sekarang, kalau lihat mobil sedan Corolla DX, saya masih suka mendoakan semoga dia masih baik-baik saja dan mendapatkan pengguna yang sayang padanya, seperti kami dulu. Mobil itu juga seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Dia tahu jika disayangi sepenuh hati. Dan sebagai imbalannya, dia juga akan ‘bersikap baik’ pada kita. Percayakah anda? Saya sih percaya sekali…

Referensi tambahan:

http://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/news/ini-penyebab-corolla-dx-berbanderol-tinggi/

http://www.toyota.astra.co.id/product/corolla

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

10 Responses to Mobil Sedan Corolla DX Kenangan

  1. E. Novia says:

    Papah saya masih menggunakan corolla tapi bukan yang DX sih, yang mudaan dikit, hehe
    Eh, ternyata bukan cuma Papa saya, bos saya di kantor juga suka banget pake mobil ini, padahal si bos punya yang lebih baru, hehe

    argghhh,,belom berani ikut ngontes SEO 😦

    sukses ngontesnya, Mak

  2. Design-nya terlihat klasik ya makkk… tapi kayaknya keren tuh kalau punya satu. Sukses lombanya mak 🙂

  3. rodamemn says:

    huwa mantep mak, asli keren 🙂 good luck

  4. Ara says:

    nice posting kak, semoga menang ya hehehe
    btw, aku mau info nih lagi ada kompetisi blog menarik di http://kompetisimenulis.com,
    siapa tau berminat ikut hehee. makasih 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s