Jangan Marah Yaaa

jantung

Habis marah kok capek yaaa…. zzzzz

 

Hai, berapa kali anda marah seharian ini? Kesal sama anak-anak yang tidak mau menghabiskan makanannya mungkin, atau kesal sama kucing yang mencuri ayam goreng jatah makan siang anda, atau kesal sama supir yang malas membersihkan mobil? Hahaha…. Kalau dicari-cari mah, adaaa saja alasan untuk marah, jengkel, kesal, sebal, bête, atau sekedar baper ya. Persoalan kecil bisa jadi besar, dan persoalan besar bisa makin besar, bahkan mampu meledakkan kepala rasanya.

 

Ya tapi marah kan wajar, ya, sebagai salah satu cara membuang sampah emosi yang menumpuk di kepala dan kadang sampai ke hati. Apalagi kita yang emak-emak, yang konon katanya punya sampah emosi di dalam diri kita, lebih banyak dari bapak-bapak. Makanya enggak heran kalau bapak-bapak kelihatan (kelihatannya lhooo….) lebih sabar menghadapi ulah anak-anak. Ya kali…kita mah ibu-ibu tiap hari menghadapi anak, jadi kadang sudah hilang sabarnya. Hahaha, si ibu bisaaa saja…

 

Marah boleh, asal jangan marah-marah, kata orang tua. Lah apa bedanya, coba?

Bedaaa. Marah itu sekedar ekspresi emosi jiwa. Kalau marah-marah itu bukan Cuma cemberut, tapi juga ngomel, merepet dan meleter kayak bebek lapar, kadang memaki, mengumpat, mencaci, dan ada yang sampai mengeluarkan segala macam kata kebon binatang dan peternakan. Ada juga yang main fisik, sambil mencubit anaknya, menampar supirnya (haisssh, galak betul nih ibuuu, jangan gitu atuh, bu), atau melempar benda-benda tertentu. Itu namanya marah-marah. Ada juga yang marahnya awet, sepanjang hari, ditambah besok dan besoknya lagi. Yang ini juga dijamin menularkan kemarahan pada orang lain.

 

Apa yang dirasakan saat marah, selain muka dan mata memerah?  Ya betuuul. Jantung berdebar-debar. Pada saat marah, detak jantung menjadi lebih cepat. Sama dengan saat berolah raga? Ya, kurang lebih, tapi efeknya berbeda. Yang habis olah raga, bawaannya senang dan merasa sehat. Yang habis marah, bawaannya capek dan sakitnya merembet kemana-mana. Kepala pusing, mata berkunang-kunang, badan limbung, bahkan ada yang sampai mengeluarkan keringat dingin.

 

Artinya, marah apalagi marah-marah sebenarnya menjadi pemicu sakit di dalam tubuh. Terutama buat jantung. Pada saat marah, terjadi kekacauan pada fungsi jantung dan otak. Darah berputar cepat mengaliri seluruh anggota tubuh, karena jantung berdetak lebih cepat dari biasanya. Akibatnya, tekanan darah meningkat pesat dan jaringan pembuluh darah menyempit karena kelelahan menerima aliran darah yang begitu deras. Otak berusaha menahan perkembangan yang begitu tiba-tiba itu dengan meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Namun derasnya aliran darah menuju otak menyebabkan otak kelelahan dan jaringan syarafnya tidak dapat berfungsi dengan baik dan lancar.

 

Sebuah penelitian medis yang dipublikasikan dalam majalah Archives of Internal Medicine mengungkapkan bahwa orang yang cenderung cepat marah dan sering merasa gelisah lebih rentan terserang penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang lebih tenang. Orang yang sering marah berisiko mendapatkan serangan jantung tiga kali lebih banyak dibanding orang yang lebih tenang dan dapat menguasai diri. Ia akan tetap rentan kena serangan meskipun tidak punya riwayat sebelumnya dan tidak ada leluhurnya yang terserang penyakit jantung.

 

Dalam penelitian lain yang dilakukan antara tahun 1948 hingga 1964 pada 1300 orang mahasiswa di sebuah universitas, ditemukan bahwa orang yang cepat marah dan tidak dapat menguasai diri cenderung lebih berisiko terkena penyakit penyumbatan pembuluh jantung. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan orang yang sering bermusuhan cenderung berisiko terhadap penyakit penyumbatan pembuluh jantung dan penyumbatan pembuluh otak. Para ahli meyakini ada keterkaitan yang sangat erat antara kemarahan dan peningkatan produksi hormone adrenaline dan neuroadrenaline, yaitu hormone yang dilepaskan ke dalam peredaran darah ketika seseorang mengalami tekanan yang hebat atau tantangan yang besar. Hormone ini menghambat peredaran darah sehingga jantung bekerja lebih cepat agar bisa memenuhi tubuh dengan aliran darah.

 

Lalu bagaimana agar jantung sehat, disamping menjaga makan dan pola hidup yang baik, termasuk rajin olah raga?

 

Ya, belajar menahan marah. Belajar mengendalikan amarah. Bagaimana caranya? Saya sih memang orangnya gitu, pemarah maksudnya. Samaaa. Tapi kalau kita mau, pasti bisaaa.

 

Cara pertama adalah belajar memaafkan diri sendiri dan orang lain. Susah? Tapi bisa kok. Kan manusia memang tempatnya salah, sepanjang masih bisa dimaafkan, yuuuk dicoba. Memaafkan itu lebih baik kok.

Kedua, adalah mencoba menyibukkan diri dengan berdoa, berzikir, dan mengingat semua kebaikan yang telah kita terima. Kalau jiwa yang bersyukur kan lebih tenang tuh, jadi lebih bisa mengendalikan diri.

Ketiga, dalam ajaran agama saya, ada ibadah yang dimulai dengan bersuci, yaitu shalat yang didahului dengan berwudu. Saat berwudu kita melakukan pemijatan di beberapa titik anggota tubuh, yang bisa untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu basuhan air wudu membuat tubuh terasa segar, lapang dan bersih. Dalam hadits dikatakan bahwa wudu juga untuk mengusir setan yang menyalakan api amarah yang berputar bersama peredaran darah manusia. Pada saat bersamaan, wudu menghadirkan kekuatan malakut yang memiliki pancaran cahaya dan keagungan, yang menyebabkan perasaan tenang.

Nah, itu beberapa cara mengendalikan dan menahan marah yang diajarkan oleh agama saya. Bagi teman-teman yang beragama lain, pasti ada juga kok, ajaran yang sama, untuk mengendalikan marah. Yuk dicoba. Biar jantung sehat, yuk batasi dan kendalikan marah.

 

Referensi :

Dr. Jamal Elzaky, “Buku Induk Mukjizat Kesehatan Ibadah”, terj., Jakarta, Zaman, 2011.

Posted in inspirasi, kesehatan, life, syariah | Tagged , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Inilah Rahasianya Cantik dan Sehat Maksimal

Setiap perempuan pasti pingin banget cantik maksimal setiap saat. Demikian juga pasti enggak kalah, ingin sehat maksimal. Stay young even you’re getting older and older. Ihiyyyy. Pilih mana, cantik tapi enggak sehat, atau sehat tapi enggak cantik? Ih, pilihannya enggak mutu banget ya.  Tapi namanya manusia tentu ingin kesempurnaan, meski kita tidak akan pernah sampai ke sana. Paling tidak, kita mendekatinya kan?

 

Untuk mengupayakan cantik maksimal dan juga sehat optimal eh maksimal, tidak jarang kita menempuh upaya yang berliku-liku, belum mahalnya, belum ribetnya, belum efek sampingnya. Kadang sudah sampai habis-habisan, hasilnya habis begitu saja, alias gone with the wind. Kira-kira adakah upaya yang mudah, murah, dan praktis untuk dapat memperoleh cantik maksimal dan sehat maksimal?

 

Oh, adaaaa. Ini saya juga sedang mencoba mempraktikkannya.

 

Di dalam ajaran agama saya, ada yang namanya bersuci. Bersuci merupakan bagian dari ibadah. Tata cara, syarat dan rukunnya diatur dalam fikih ibadah. Diantara praktik bersuci yang setiap hari kita lakukan adalah berwudu sebelum shalat wajib dan sunnah, demikian juga dianjurkan berwudu sebelum membaca Al Quran. Salah satu tata cara berwudu adalah membasuh muka, sementara seluruh praktik berwudu adalah membasuh permukaan kulit dengan air.

 

Mahapandai dan Mahasuci Allah yang tidak pernah memerintahkan sesuatu kepada Ummat-Nya untuk hal yang sia-sia. Demikian pula dengan perintah berwudu ini.

 

Wudu yang dilakukan secara berulang merupakan dasar kesehatan dan kebersihan individu yang meliputi kebersihan seluruh anggota tubuh yang paling sering dipergunakan manusia dan paling rentan membawa bibit penyakit. Wudu berfungsi membersihkan anggota tubuh tersebut dari segala macam sisa kotoran, najis, dan semua yang membahayakan. Kulit yang melekat pada tubuh sangat rentan terkena virus, bakteri, mikroba dan segala kuman penyakit. Selain itu kulit juga merupakan perantara tempat dikeluarkannya kotoran, cairan, yang berupa keringat atau minyak. Tubuh yang berkeringat sangat rentan dilekati virus, bakteri dan mikroba yang tersebar luas di udara dan tanah.

 

Penelitian di bidang kedokteran juga memaparkan bahwa salah satu penyebab kanker kulit adalah karena kulit banyak terpapar bahan-bahan kimia yang berbahaya, termasuk kosmetik yang tidak aman. Para ahli medis juga memberikan cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan membasuhnya dengan air bersih.

 

Selain itu, ketika berwudu kita membasuh wajah dan anggota lainnya sambil sedikit memijat-mijatnya. Hal ini membantu memperlancar peredaran darah, sehingga menimbulkan efek melancarkan peredaran darah, dan pada gilirannya akan juga memperlancar pencernaan. Selain itu terapi tersebut membantu wajah dan tubuh tetap bersih, berseri-seri, segar dan nyaman. Jadi cantik dan awet muda, sekalian nih.

 

Naaah, itu dia rahasia cantik maksimal, dan bonus banget, sehat maksimal dengan cara yang dituntunkan Tuhan kepada kita. Bisa banget kan kita ikuti secara rutin setiap hari? Asal wudu-nya dilakukan dengan benar dan enggak asal-asalan, pasti berhasil kok.

 

Tadi saya menyinggung soal kosmetik yang tidak aman. Untuk melengkapi terapi wudu-nya, jangan lupa cari dan gunakan kosmetik yang aman  dari bahan yang tidak berbahaya. Selain itu harus halal juga. Ini kosmetik yang saya gunakan, karena kehalalan dan keamanannya, Wardah. Cantik maksimal ala saya jika harus menghadiri undangan atau acara resmi lain, ya hanya menggunakan bedak dan lipstick.

 

Koleksi make up andalan saya🙂

 

Jadi, cantik dan sehat maksimal enggak harus mahal dan ribet kok. Mulai dari yang berpahala ya, menjaga wudu dan memakai kosmetik halal dan thayyib.

 

indri4

Posted in beauty, inspirasi, islamic, muslimah, syariah | Tagged , , , , , | Leave a comment

Menangkap Ide dan Membangun Pede Bagi Penulis Pemula

Banyak yang mengeluh kepada saya, bahwa sebenarnya dia bercita-cita ingin jadi seorang penulis, namun kesulitannya adalah dia seringkali tidak mendapatkan ide, padahal dia sudah mencoba memikirkan kira-kira ide apa yang akan dia tulis.

Sampai di sini, adakah inti masalah yang dapat ditangkap?

Yes, ada dua inti masalah. Pertama, klaim si curhater bahwa tidak ada ide yang muncul di sekitarnya. Ah masaak? Ah iyaaa…. Lhoooo….

Kedua, dia sudah berusaha memikirkan kira-kira ide apa yang akan dia tulis. Ide kok dipikirkan? Ide kan harusnya dicari. Iya, sudah tapi enggak ketemu, Teteeeh.

Oh begitu? Baiklah.

Di rumah saya ada dua ekor kucing, keduanya betina. Namanya si Catty yang calico alias berbulu tiga warna, dan si Alexandra alias Sandra yang berbulu kuning putih. Keduanya mempunya polah yang berbeda-beda. Catty yang masih remaja ABG cenderung menurut dan suka makan apa saja, sementara Alexandra yang sudah emak-emak, sedikit galak namun langkahnya anggun tertata dan tidak seradak seruduk. Alexandra juga lebih picky eater alias pilih-pilih makanan. Tetapi keduanya kompak. Jika yang satu belum datang, maka dia akan memanggil yang lainnya.

Oke, selesai. Yang barusan kita baca, sudah layak belum disebut sebagai ide tulisan? Sepotong ide tentang Catty dan Alexandra bisa dikembangkan menjadi beberapa cerita, misalnya :

  1. Tentang suka duka mengamati polah kucing peliharaan
  2. Kesukaan makan si Catty dan Alexandra dihubungkan dengan kesukaan makan anak-anak di rumah yang juga berbagai macam.
  3. Persahabatan antara kedua ekor kucing tersebut.
  4. Dongeng tentang Ratu Alexandra yang anggun dan putrinya, Catty, yang tomboy.
  5. Penelitian kecil-kecilan tentang mengapa kucing suka mendatangi satu rumah dan tidak mau mendatangi rumah yang lain, misalnya.
  6. Dan masiiiih banyaaaak lagiiii.

Nah, jadi mencari ide itu sebenarnya gampang kok. Amati, rasakan, baca, tonton, dengarkan. Buka lebar semua indera yang dikasih Tuhan. Kita akan menemukan milyaran ide mengelilingi kita, bahkan setiap waktu. Enggak ketemu juga? Buka Wikipedia deh, milyaran ide ada di situ, coba kembangkan dengan kreativitas anda. Tapi enggak pede menuliskannya dan apalagi menerbitkannya…. Gimana nih….

 

Kalau anda newbie dalam dunia menulis, wajib banget baca tulisan ini nih. Kenapa seorang penulis wajib pede?

Pertama, karena yang dijual oleh seorang penulis adalah hasil buah pikirannya. Dia harus yakin dulu bahwa buah pikirannya ini menarik, perlu, penting, atau enak dibaca atau diketahui orang lain. Kalau belum-belum sudah enggak pede, ya bisa siiih nulis. Tapi tulisannya untuk dibaca sendiri saja. Namanya diary atau catatan harian, ditulis di buku yang pakai kunci gembok.

Kedua, kalau dirinya sendiri sudah tidak pede, ada rasa minder, yaaa saya kan Cuma penulis. Saya mah apalah-apalah. Lalu bagaimana orang lain memandang anda? Terus bagaimana kalau anda dikritik, tulisan anda dicerca, misalnya? Masak anda mau masuk gua dan bersembunyi hingga oara haters atau kritikus itu lupa pada anda?

Ketiga, karya tulis yang memiliki nilai kebaikan, sesederhana apapun bentuknya., adalah merupakan sumbangan bagi peradaban yang lebih baik. Jika di luar sana banyak orang yang menulis sesuatu yang lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya, penuh dengan rasa percaya diri, sementara anda yang mengusung nilai-nilai kebaikan malah minder, bagaimana dong jadinya? Bisa-bisa keburukan bisa mengalahkan kebaikan.

Keempat, jika anda masih memiliki rasa tidak percaya diri berarti anda masih meragukan ketertarikan anda terhadap profesi menulis dan dunia kepenulisan itu sendiri. Kalau sudah begini, jangan harap anda bisa menulis dengan rasa senang dan bahagia, bisa menulis dengan kontinu pun mungkin bisa jadi sulit untuk anda. Kenapa? Sebab hati anda masih setengah-setengah nyemplung di dunia kepenulisan. Nah lhooo!

Jadi, biar lancar menulisnya, pesannya sampai pada pembaca, dan tulisan anda bisa mengikat kebaikan untuk anda, ya ayo mulai tumbuhkan dan pelihara rasa percaya diri. Dunia ini masih butuh begitu banyak penulis yang bersedia turut serta menjadikan dunia tempat yang lebih baik untuk ditinggali.

 

Satu lagi, kadang ketidakpedean itu timbul karena begitu banyak penerbit yang ada, namun khawatirnya tak ada satupun yang mau menerima naskah anda. Nah, kalau begitu, yuk cari Penerbit Indie yang berkualitas yang mampu mencetak buku anda dengan harga murah. Penerbit Indie maksudnya adalah penerbit yang mencetak dan menerbitkan buku anda dengan pembiayaan dari anda. Nah itu biasanya tidak pakai editing, meski ada juga yang memberi fasilitas editing naskah berikut lay out dan cover.

Jika itu yang anda cari, ke sini saja, Penerbit Uwais yang juga penerbit indie terbaik di Indonesia. Ini ada salah satu contoh buku hasil terbitan Penerbit Uwais, cakep ya cover-nya, Girlie bangeeet. Penerbit Uwais bagus kok pelayanannya. Dengan profesionalisme-nya, naskah anda yang siap menjadi buku akan segera terbit dan bisa mulai anda jual melalui media sosial anda. Selamat jadi penulis….yeaaaayyyy….

uwais1

Cakep ya cover-nya?

 

Eh jangan lupa untuk terus menulis ya. Jangan hanya puas dengan satu buku yang ada nama anda sebagai penulisnya. Bangga saja enggak cukup, harus konsisten. Kalau lagi enggak semangat menulis gimana? Coba paksakan untuk menyediakan waktu menulis, paling sedikit setengah jam sehari. Coba juga ikutan lomba-lomba dan event menulis. Penerbit Uwais juga sering kok mengadakan yang kayak gini.

uwais2

Salah satu even kreatif yang sedang berlangsung

 

Terakhir ayo optimalisasikan sosial media anda untuk memasarkan karya anda. Pasti makin semangaaat deh menulisnya.

 

FB Penerbit Uwais : https://www.facebook.com/Penerbituwais

FP Penerbit Uwais :  https://www.facebook.com/uwaisinspirasiindonesia

Twitter : @penerbituwais

 

Posted in fiksi, menulis, sastra | Tagged , , , , , | Leave a comment

Tips Praktis Travelling Jogja Solo Semarang Tanpa Bawa Mobil

docar5

Liburan akhir tahun sudah semakin dekat….yeaaayyy. Bagi emak-emak pecinta piknik seperti saya ini adalah momen penting banget yang tidak boleh dilewatkan. Ya tentunya bila rezeki, kesehatan, dan waktunya memang pas. Kadang sudah berencana liburan ke suatu tempat, eh dananya terpakai dulu untuk keperluan lain yang lebih urgen. Kadang dananya cukup mendukung, eh ada yang sakit. Dana ada, kesehatan Alhamdulillah, eh deadline mengganas di akhir tahun demi tahun depan yang lebih gemilang. Jieee….

 

Tapi tidak ada salahnya kan berencana dulu. Yang enak itu kan, semua terencana dengan baik, dan kitanya juga santai serta enjoy menjalani. Kadang yang terpikir bagi para emak rempong seperti saya, adalah gimana ya liburan praktis enggak pakai ribet, murah, meriah, dan dapat banyak ilmu serta wawasan buat anak-anak. Apalagi anak-anak saya adalah anak Homeschooling yang senangnya belajar dan bermain, bukan belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar. Jadi travelling pun harus ada muatan ilmu dan wawasannya, enggak hanya having fun saja.

 

Artinyaaa…. Travelling model begini tidak bisa ke satu tempat. Misalnya ke Jogja hanya ke taman Pintar saja. Ya harus lengkap. Termasuk ke Vredeburg, Keraton, Museum D’Mata dan Museum D’Arca, Museum Ulen Sentalu, Museum Merapi, dan semuaaa-muaaa, termasuk Parangtritis dan wisata Gua yang lagi happening itu. Kebayang betapa repotnya kalau naik kendaraan umum?

 

Ya bawa mobil sendiri. Iya sih, bisa berhenti dimanapun kita suka. Bisa lebih santai. Bisa serasa di rumah sendiri. Hihihi. Tapi, ada kerepotan yang lain ketika bawa mobil sendiri. Pertama, kalau suami saya yang bawa sendiri, dia tidak terlalu kuat. Supir? Supir kami enggak selalu bisa untuk keluar kota. Sewa supir infal? Jiaaaah…. Mehong bingits ya buuu.

 

Jadi gimana? Tenang, ada tips praktisnya. Enggak banyak. Tiga macam saja kok tipsnya.

 

Pertama, rencanakan itinerary yang ‘compact’ namun fleksibel

Jogja-Solo-Semarang adalah tiga kota yang nyaris selalu jadi tujuan travelling kami, baik sekalian lebaran dan pulang kampung atau liburan akhir tahun. Herannya, selalu saja ada objek wisata yang belum kami kunjungi. Hya eyalaaah, Jabodetabek aja kami belum juga khatam kok, apalagi ketiga kota ini. Jadi ini sebenarnya menyenangkan. Kita masih dan akan selalu menemukan objek wisata baru yang belum pernah dikunjungi. Caranya? Gini hari ya browsing Google dunnk. Tanya teman dan saudara. Dan… mulai bikin list.

Selain objek wisata yang akan dikunjungi yang kita buatkan list-nya dengan detail, juga coba bikin peta abal-abal-nya, misalnya Museum A dekat keraton B dekat mall C dekat pasar D. Jadi nanti habis dari A,B, C terus ke D. Biar enggak muter-muter dan keder. Jangan lupa, renacanakan akomodasi yang transportasi yang sesuai, aman, dan nyaman. Oh, siapkan gadget dan perangkat penunjang liburan lainnya seringkas mungkin. Enggak mungkin bawa tripod ya enggak usah maksa misalnya. Baju, fashion dll? Bikin simpel aja bu, jangan satu lemari dibawa semua. Ya kali…

 

Manfaatkan Teknologi Seoptimal Mungkin

Gini hari masih bingung booking hotel, pesan tiket, dan masalah kendaraan di Solo-Jogja-Semarang? Banyak kali buuu, situs penyedia tiket hotel dan pesawat. Bahkan sudah dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone.

Kendaraan selama di sana, yang praktis gimana?

Sewa mobil saja yuk. Termasuk supir bisa. Enak kan, seperti mobil sendiri, fleksibel, dan praktis. Untuk cara pemesanannya juga ambil yang praktis, bu. Yang sudah ada aplikasinya. Misalnya ini nih DOcar, aplikasi layanan sewa mobil online Solo Jogja Semarang dan beberapa kota besar lainnya berbasis Android. Cari deh di Playstore, ada kok. Ini saya kasih Google Plus dan Facebook nya biar memudahkan juga. Praktisss banget.

Zaman gini hari bu, semua ada kok dalam genggaman, termasuk sewa mobil, lewat DOcar.

Tampilan aplikasi DOcar di Androidku

 

Setelah kita install aplikasinya, kita masuk deh. Pilih mobil, isi data dan tanggal travelling kita, Pilih deh cara bayar yang kita inginkan. Terus, apalagi keunikannya? Mobilnya banyak sekali pilihan, ada ratusan lho. Kemudian, setiap mobil yang kita pesan itu unik, lewat aplikasi itu, kita bisa dapat info yang benar-benar jelas tentang mobilnya, termasuk plat nomor mobilnya. Oh iya, sewanya juga dengan harga yang termurah.

 

Ketiga, berdoa dan stay relax and make it easy

Semoga dimudahkan dan dilancarkan, selamat dan sehat sampai tujuan dan pulang kembali. Santai dan jangan baperan, ya buuu….

 

https://youtu.be/Hz2sgA_cbs8

 

https://maps.google.com/maps?cid=207942433105769445&_ga=1.68802833.1675222134.1468997961

 

 

 

Posted in lifestyle, review, travelling, wisata | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Kejujuran Yang Mencekam

Saya sebetulnya dari dulu juga hanya orang biasa, sejak kecilpun saya hanya anak perempuan kecil biasa, enggak punya kelebihan apapun kecuali suka membaca apa saja, lalu jadi suka menulis dan menggambar apa saja. Saya sih pinter banget juga enggak, tapi cukup sering jadi juara kelas waktu SD. Hanya saya suka mikir, di kepala saya berkelebatan banyak hal, terlalu banyak hal, yang kadang saya juga taki mengerti. Kata-kata, gambar, adegan demi adegan bergerak cepat dan riuh di kepala. Itu yang sering bikin saya memohon sendiri, please berhenti sebentar dari berpikir. Hehehe, apa siiih, anak sekecil itu gitu lho.

 

Salah satu yang kadang bikin saya tidak habis pikir adalah masalah ruang dan waktu. Ah, ribet pisan euy. Nantilah kapan saya ceritakan. Yang jelas, saya semacam bisa melihat dan mendengar sesuatu yang tak terindra oleh anak-anak lain, bahkan oleh orang dewasa. Saat itu, saya hanya mikir, ini saya kebanyakan mengkhayal atau gimana. Tapi yang jelas, saya sih merasakan takut juga tidak terlalu besar, karena saya berpikir kan ruang dan waktunya berbeda, ya ngapain takut. Demikianlah, saya sebagai anak perempuan kecil sedikit terbiasa dengan ‘penampakan’ makhluk lain yang tidak semestinya nampak. Tidak selalu menakutkan sih, eh seringnya malah Cuma bikin saya merenung. Ih, kamu beda alam ya sama aku, kamu kok mukanya pucat banget, ya sebatas itu saja.

 

Saya tahu saya berbeda. Karena itu, saya enggak bisa sembarangan cerita ke orang lain, even itu ke orang tua, adik-adik, atau guru dan teman. Saya hanya suka semacam mengadu ke Allah, “Ya Allah, kok dia muncul gini hari sih. Siapa sih dia ya?” Atau kadang begini, “Ya Allah, mau ada apa sih kok ada yang datang?” Eeeaaaa….. mana saya tidurnya di kamar belakang pula. Sebelumnya saya tidur sama adik saya, yang bikin saya iri setengah mati dia kok bisa tidurnya cepat dan pulas gitu, sementara saya harus tersiksa melihat dan mendengar, kadang membaui, segala macam. Kalau adik saya sudah pulas, saya sering diam-diam menyelinap ke kamar mama dan papa, menyelinap ke selimut mama yang pas di bagian kaki beliau. Enggak tahu kenapa, yang jelas berdiam di kaki mama, membuat saya merasa nyaman dan enggak takut lagi.

 

Nah, waktu saya dipindahkan ke kamar belakang, karena ada kebijakan baru bahwa setiap anak harus tinggal di kamar terpisah karena sudah mulai besar, baru saya mulai berpikir untuk jujur. Ya, selama ini saya seperti menyembunyikan semua yang saya indera tentang makhluk lain itu. Tapi tidak bisa lagi, kali ini.

 

Jadi ceritanya, papa pulang dari luar negeri, saya lupa antara Cina dan Jepang maybe. Papa pulang membawa satu set teko dan cangkirnya dari tanah liat. Lucu dan vintage gitu. Saya senang memandang dan mengamatinya dari dekat. Namun, setiap malam selepas jam 10 dimana orang lain di rumah sudah tidur semua, mulailah dia berubah menjadi semacam poltergeist alias hantu berisik bagi saya. Aduhhh sekarang, puluhan tahun setelah peristiwa itu saja, saya masih merinding saat menuliskannya kembali. Iya, dia, si set teko ini, berbunyi ‘klutuk klutuk klutuk’, seperti ada yang sedang mengaduk teh di situ. Berisik sekali. Tapi anehnya, setiap saya memberanikan diri keluar dari kamar menuju dapur yang terletak di depan kamar saya, tempat si teko berada, tekonya diam. Blep, Diam tanpa suara. Dan saya bengong. Dan saya merinding. Astaga. Saya belum pernah bertemu poltergeist sebelumnya.

 

Kejadian itu berulang setiap malam, dan membuat saya makin tersiksa. Memangnya enak, tidur bersebelahan dengan tempat si Poltergeist bersarang? Dan sedihnya, ketika saya mengadu ke Mama dan Papa, juga adik-adik saya,  enggak ada yang percaya. Ya ampuuun, sampai saya pakai bersumpah segala. Nasiiibbb…. Apakah aku harus berkawan dengan si poltergeist sampai gede, demikian batin saya. Ya cakep kalau saya enggak keburu mati jantungan.

 

Si Poltergeist tetap mengganggu saya selama beberapa minggu setelahnya. Saya sudah nyaris putus asa, dan berpikir, ya sudahlah cuekin saja, pura-pura enggak dengar. Tapi mana bisa? Sampai akhirnya saya matur ke Allah, “Ya Allah, itu gimana ya caranya biar dia berhenti? Saya capek begini terus setiap malam”.

aaj

Foto by HDWallpapers.com

 

Malam berikutnya, saya pasrah. Begitu si Poltergeist berisik lagi, saya segera keluar kamar. Dan, percaya enggak apa yang saya lihat? Tekonya bergerak sendiri, tutup tekonya membuka dan menutup sendiri sehingga menghasilkan bunyi klutuk-klutuk. Saya terpaku diam. Enggak merinding tapi takjub. Belakangan setelah si teko berhenti berbunyi, saya baru merinding )telaaaat), dan langsung ngibrit masuk kamar, gemetaran sembunyi di balik selimut. Besok malamnya, saya beranikan keluar lagi, kembali si teko berisik dan bergerak-gerak. Dengan nekad, saya dekati dia, saya tarik tutupnya. Mungkin ada cicak yang terperangkap di dalamnya,

 

HAAAAA???? Kosong, asli kosong! Dan saya makin takut. Dalam hati saya memarahi diri sendiri, lagian lu sih sok berani. Paginya, tanpa menunggu, saya kembali bercerita kepada Mama dan kali ini beliau tampak percaya. Dari wajahnya terlihat ekspresi ngeri gitu.

 

Malamnya, Mama mencoba membuktikan sendiri. Saya tadinya agak pesimis sebab saya tahu Mama sebenarnya bisa mengindera juga hanya sudah lama tidak digunakan. Saya mencoba tidur dan tidak ikutan sotoy sok berani keluar kamar. Cukup dua malam saya menikmati tontonan mencekam dari si Poltergeist.

 

Paginya, Mama bercerita dengan wajah ngeri sehingga seisi rumah baru percaya. Kejujuran saya kemarin itu terbukti benar. Saya enggak bohong, mengkhayal, apalagi iseng mau menakut-nakuti seisi rumah, Saat itu juga si teko berhantu segera dienyahkan entah kemana. Tak peduli dia dibeli di luar negeri. Itu kejujuran saya yang saya anggap berdampak besar. Orang rumah jadi mulai percaya kalau saya ‘bisa’.

 

Di sisi lain, saya justru lebih berhati-hati mengungkapkan apa yang saya indera. Saya enggak mau bikin seisi rumah jadi tidak nyaman. Demikian pula ketika saat sudah bekerja jadi wartawati, saya sering pulang malam dan menemukan sesosok misterius sedang duduk di sofa ruang tamu yang temaram. Laki-laki, ganteng, tinggi, pucat, dan gloomy. Saya hanya menelan ludah dan berbisik mengucapkan salam selamat malam padanya. Kadang dia menatap saya dengan matanya yang dingin, lalu saya biasanya buru-buru mengangguk dan masuk kamar.

 

Percaya deh, bisa melihat yang begitu itu enggak nyaman kok. Apalagi untuk mengungkapkannya, Inginnya jujur, tapi tidak semua orang bisa menerima. Saya sendiri, bisa mengindera hingga usia kurang lebih 35. Setelah itu, saya memperbanyak wirid dan zikir, karena makin merasa tidak nyaman. Sekarang ini, paling sesekali saja saya bisa mengindera, itupun kadang berupa ‘orbs’… yang nantilah saya ceritakan. Yang jelas, sekarang saya merasa lebih nyaman tanpa dibayangi sosok, suara, dan bau-bauan yang menyeramkan. Anyway, sebagai orang beragama, saya percaya kok ada memang makhluk lain di luar ruang dan waktu kita.

 

Aihhh maafkan saya yang cerita spooky begini…. Maklumlah… kan aku anak jujur….Haissshhh.

 

I believe in ghosts, I believe in Frankenstein the monster

Even Halloween, the moon is cheesy green…  Kata Nikka Costa, penyanyi cilik bule tahun 80an.

 

 

 

Posted in inspirasi, life | Tagged , , | 2 Comments

Kiat Tampil Fashionable Dengan Anggaran Hemat

Setiap perempuan pasti ingin tampil cantik dan modis dalam setiap suasana. Wajah kinclong dan berseri-seri, kulit halus mulus, dan fashion yang dikenakan selalu terlihat serasi dan cocok dalam setiap kesempatan. Wah, perlu anggaran ekstra dong tuh.

 

Menurut saya sih, enggak juga. Kita bisa kok tampil menarik dan fashionable dengan anggaran yang tetap hemat, apalagi di zaman sekarang yang apa-apanya pasti mahal. Yang penting sebenarnya bagaimana kita mensiasati apa yang sudah kita miliki dan seberapa banyak anggaran yang tesedia untuk urusan fashion ini. Yaa, kadang sih memang timbul tuh godaan setan untuk sesekali beli baju atau tas bermerek, yang harganya bukan hanya ratusan ribu, malah bisa sampai jutaan. Tapi kembali lagi ke kemampuan kita. Jangan sampai beli barang mahal tapi dapat hutang dari tetangga, yang mana bayarnya bingung pula. Jangan sampai juga beli barang palsu abal-abal yang pinginnya sih mirip banget sama yang asli, tapi malah menjatuhkan penampilan kita sendiri.

 

Terus gimana dong, biar bisa tampil fashionable alias selalu tampil menarik, enggak terlihat salah kostum atau norak, namun juga tidak terlihat kampungan, dengan anggaran yang hemat?

 

Tentukan dulu signature style kita tuh bagaimana

Signature style itu maksudnya ciri khas kita dalam mengikuti aliran fashion. Apakah anda termasuk yang senang berpenampilan classy, sporty, casual, atau senang dengan yang berbau etnis, boho, atau bahkan gothic? Kalau perlu, ambil satu atau beberapa tokoh publik yang gaya berpakaiannya asyik buat kita tiru. Kalau saya senang ‘meniru’ fashion style-nya para anggota kerajaan, seperti para Ratu dan Puteri, atau aktris legendaris seperti Audrey Hepburn, Ava Gardner, dan Donna Reed. Gayanya Meg Ryan dan Jenniffer Aniston juga asyik lho buat dicontoh. Tentu saja untuk yang sudah berhijab seperti saya, disesuaikan dengan kaidah busana muslim.

 

Yuk bongkar wardrobe-mu…

Maksudnya di sini saya mengajak anda untuk buka-buka lagi koleksi fashion lama anda. Siapa tahu masih ada yang bisa digunakan sesuai dengan signature style tadi? Atau ada yang bisa dimodifikasi? Misalnya atasan yang ada padding-nya ala 80an bisa dimodifikasi jadi blus gaya model Katie Holmes waktu antar anaknya, Shuri, ke sekolah. Atau baju longdress polkadot yang sekarang sudah tidak muat lagi, bisa dimodifikasi jadi blouse ala Kate Middleton kan, buibu? Mix and match, dan mengkreasikan kembali, itu seruuu banget lho.

 

Punya tumpukan bahan baju belum terpotong? Saatnya jadi desainer

Niat saya dari dulu bisa jahit baju sendiri. Apa boleh buat, sampai sekarang pingin mesin jahit belum tercapai juga. Dari dulu kerjaan saya menabung bahan pakaian. Sampai sekarang masih banyak yang belum dijahit. Sudah deh, jangan nunggu pintar menjahit atau punya mesin jahit sendiri. Mari mendesain bahan-bahan itu menjadi fashion berkualitas ala ala desainer ngetop. Pergi ke tukang jahit yang murah tapi jahitannya cukup rapi, atau manfaatkan pertemanan dengan para penjahit (dan bukan penjahat). Yuk bergaya dengan hasil desain karya sendiri.

 

Mari berburu Baju Online Murah Wanita

Kata orang, berbelanja adalah salah satu obat stress bagi perempuan. Iya juga sih, tapi dengan syarat sehabis belanja tidak membuat kita tambah stress karena uang habis terpakai belanja. Kalau saya sih memilih berbelanja Baju Online Murah Wanita, karena selain harganya terjangkau banget, pilihan modelnya banyak dan bisa banget memilih yang sesuai dengan signature style kita, dan kita juga tidak perlu capek jogging di mall. Yang ujung-ujungnya keluar uang juga untuk ngopi dan makan.

Ini nih koleksi yang saya taksir…. *wink

 

Kalau menginginkan kepraktisan sih, belanja baju online murah wanita yang pasti banyak pilihannya sih di MatahariMall, bu. Mall-nya enggak jauh, Cuma tinggal geser telunjuk di smartphone atau geser tetikus di kompi kan? Pokoknya saya sih kalau sudah memelototi etalase MatahariMall langsung ketemu ide untuk tampil fashionable dengan anggaran irit.

 

Gimana, buibu, dicoba yuk? Kalau sudah sukses, jangan lupa upload ya OOTD-nya di Instagram atau di blog…

Posted in beauty, fashion, lifestyle, muslimah | Tagged , , , , , , | Leave a comment

Kalau ke Padang, Jangan Lupa Kunjungi Tempat Ini

sitinurbaya

 

Padang bukan hanya terkenal dengan kebudayaannya dan kulinernya yang melegenda seperti warung padang yang ada dimana-mana, bahkan sampai ke luar negeri segala. Padang juga terkenal akan alamnya yang indah, serta banyak menyimpan kisah sejarah dan cerita yang menarik. Merupakan salah satu impian saya untuk dalam waktu dekat ini bisa mengunjungi kota yang baru baru ini menyelenggarakan Festival Siti Nurbaya 2016 yang merupakan ikon event budaya Padang. Tentu ada beberapa objek wisata yang wajib saya dan anda kunjungi, jika anda menjejakkan kaki di tanah Minang ini.

 

Air Terjun Tiga Tingkat

Terdapat di desa Cendikar, dan disebut sebagian orang dan travelblogger sebagai air terjun misterius, karena tidak banyak yang tahu tempat persisnya dan demikian pula dengan asal usulnya, Yang jelas sih, tempatnya indaaah sekali.

 

Museum Adityawarman

Merupakan salah satu ikon kota Padang yang bisa disebut sebagai Taman Mini-nya Padang, didirikan di tanah seluas 2,6 hektar dan diresmikan tahun 1974 ini cukup lengkap menyimpan banyak sekali benda bersejarah.

 

Pantai Aie Manih

Dalam bahasa Indonesia disebut juga Pantai Air manis, yang konon merupakan tempat terjadinya legenda Malin Kundang yang sangat tersohor itu. Masyarakat yakin kalau kisah si anak durhaka itu benar-benar terjadi. Sampai kini pantai tersebut masih menjadi objek wisata yang menarik, terutama karena dilatari Gunung Padang, selain itu ombaknya juga aman bagi wisatawan.

 

Pantai Nirwana

Pantai yang terletak di selatan kota Padang, terkenal dengan pemandangannya yang indah. Dekat dengan pelabuhan Teluk Bayur, pantai ini menawarkan saat terindahnya ketika matahari terbenam di ujung senja.

 

Jembatan Siti Nurbaya

Merupakan sebuah jembatan ikonik yang namanya diambil dari roman terkenal angkatan Pujangga Baru. Pemandangannya indah sekali, di pagi hari kita bisa menyaksikan kapal-kapal kayu yang melintasi di bawahnya. Sore hari juga cukup indah untuk mengawal sunset dan mengabadikannya dengan foto. Nah kalau malam hari, gilirannya tukang makan kayak saya yang menikmati ramai dan lengkapnya kuliner di sini. Enggak ada matinya deh ini Jembatan Siti Nurbaya.

 

Sebetulnya masih banyak lagi objek wisata yang ada di Padang. Yang ini saja sudah bikin cerita tersendiri di dalam mimpi indah saya. Ada yang mau ke Padang bareng saya dan keluarga?

Posted in culture, event, travelling | Tagged , , , , | Leave a comment

Ini Dia Lomba-Lomba Seru di Festival Siti Nurbaya 2016

sitinurbaya

 

Beberapa hari belakangan ini media sosial ramai dengan pemberitaan tentang Festival Siti Nurbaya 2016 yang merupakan ikon event budaya Padang. Bagi kita yang belum pernah secara dekat mengenal budaya Padang, event ini jadi wajib banget diikuti. Pinginnya sih langsung ikutan di event yang diadakan di kota Padang, sekalian jalan-jalan, tentu saja. Padang gitu lho, objek wisatanya banyak, kulinernya enaaak, dan budayanya rancak. Namun, apa daya, tuntutan pekerjaan menyebabkan saya hanya bisa memimpikan pergi ke Padang.

 

Yang paling bikin kepingiiin banget dan menjadikan saya termimpi-mimpi, adalah ternyata Festival Siti Nurbaya ini menyajikan berbagai perlombaan unik yang susah ditemukan di tempat lain. Benar-benar khas budaya Padang.

 

Apa saja lomba-lomba itu sih? Ini dia nih…simak yaaa…

 

Lomba Membuat Teh Talua

Teh talua itu adalah minuman wajib di warung-warung Padang Tradisional, Biasanya ini diminum oleh para petani sebelum berangkat ke sawah atau ke ladang. Minuman ini merupakan campuran antara teh, telur (biasanya telur ayam kampung atau telur bebek), gula, ditambah dengan sedikit perasan jeruk nipis. Segar dan pastinya menambah stamina. Lomba ini diadakan pada tanggal 8 dan 9 September 2016 di Taman Muaro Lasak (Tugu Perdamaian). Seru ih pastinya.

 

Lomba Maelo Pukek

Maelo Pukek dalam bahasa Indonesia berarti menarik jala. Ini merupakan cara menjaring ikan yang biasa dilakukan para nelayan secara beramai-ramai. Maelo Pukek ini membutuhkan ketrampilan dan kerjasama yang baik, karena dilakukan secara berurutan atau antri dan manual, tidak menggunakan mesin apapun.

 

Lomba Selaju Sampan

Dalam bahasa Indonesia kita mengenalnya sebagai perlombaan mendayung sampan. Ini merupakan kebiasaan masyarakat Pesisir Selatan dalam bersilaturahmi, mereka mengadakan perlombaan mendayung sampan.

 

Lomba Panjat Pinang

Lomba tradisional ini biasa dilakukan pada momen ulang tahun kemerdekaan. Siapa sangka ini merupakan kebudayaan tradisional Minang. Pada Festival Siti Nurbaya kali ini, disediakan sepuluh pohon pinang yang tinggi dan batangnya sudah dilapisi oleh pelumas. Yang serunya lagi, panitia menyiapkan hadiah total bernilai jutaan rupiah. Para peserta memperebutkan hadiah berupa voucher. Jadi hadiahnya bukan digantung langsung gitu di pohon pinangnya.

 

Karnaval Siti Nurbaya dan Perahu Hias

Ini merupakan ajang show kebudayaan Minang yang diikuti oleh banyak elemen masyarakat, lembaga pemerintah, komunitas, dan organisasi masyarakat. Semarak warna warni kebudayaan Minang berpadu di sini membuat keindahan yang tak terlupakan.

 

Lomba Malamang

Malamang atau membuat lemang adalah salah satu ciri kuliner tradisional Minang. Lemang merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan dan santan yang dipanggang dalam sebuah bamboo, lubang di dalam bamboo itu dilapisi atau dibungkus dengan daun pisang muda. Kebayang yaaa wanginya. Harum dan lezat. Nah lemang ini pasti ada di setiap keluarga Minang setiap lebaran dan momen-momen penting lainnya. Kali ini lomba diperuntukkan untuk siswa siswi SMA.

 

Lomba Permainan Anak Negeri

Ada tiga macam lomba yang diadakan, yaitu lomba Enggrang, Lomba Sepak Rago sejenis sepak takraw, dan lomba tarompah tampuruang yaitu lomba balapan dengan menggunakan sandal dari tempurung kelapa. Hihi pasti seru banget nih yang ini.

 

Lomba Manggiliang Lado

Katanya bukan perempuan Minang kalau enggak bisa ngulek cabe sampai haluuus dan hasil sambalnya wangiiii. Nah pada Festival Siti Nurbaya kali ini ada perlombaan manggiliang lado alias ngulek cabe. Hahaha, keren banget nih lomba. Pasti habis itu, sambalnya habisss dimakan ya. Pedass pedass guriih.

 

Lomba Vokal Grup Lagu Minang

Ranah Minang terkenal dengan lagu-lagunya yang merdu dan syairnya yang indah. Sebut saja Ayam den Lapeh, Sansaro, dan masih banyak lagi. Lomba vocal grup kali ini diperuntukkan bagi siswa SMP, jadi yang sudah emak-emak cukup jadi penonton dan juru sorak saja ya.

 

Tuh, seru seru bangeeet kan? Tapi Festival ini baru saja berlalu, yaitu dari tanggal 7-10 September 2016. Moga-moga sih tahun depan bakal ada lagi, dan harusnya lebiiih seru lagi. Mau ah, menabung untuk tahun depan bisa ke Padang menyaksikan Festival Siti Nurbaya.

 

 

Posted in culture, event, travelling | Tagged , , , , | Leave a comment

UKM Mau Maju? Gabung KoinWorks Yuk

koin1

Era ekonomi kreatif merebak beberapa tahun belakangan ini, ditandai dengan maraknya pertumbuhan dan perkembangan Usaha Kecil dan Menengah di berbagai sektor. Tentu saja ini merupakan dampak dari kesempatan yang semakin banyak diberikan pemerintah dan pihak swasta untuk semakin memberi jalan bagi perkembangan dan pertumbuhan UKM. Terlebih lagi, sosial media juga semakin berkembang, dimana pihak UKM dan para calon kastamer/pembeli dapat lebih mudah untuk saling berinteraksi. Berbagai platform sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, Youtube, dan Blog telah mempertemukan sekian banyak UKM dan pembeli potensial dengan cara yang jauh lebih mudah dan menyenangkan ketimbang cara-cara tradisional dan konvensional beberapa waktu yang lalu.

 

Namun seiring dengan kemajuan pesat tersebut, masalah modal masih sering menjadi kendala bagi banyak pelaku UKM untuk mencapai perkembangan yang signifikan. Termasuk saya juga sebagai salah satu pelaku UKM di bidang jasa tulis menulis dan di bidang kuliner. Kendala modal yang terbatas seringkali membuat bisnis dalam satu atau beberapa kondisi terpaksa melandai atau bahkan berhenti sementara. Cari modal lagi, baru mulai usaha lagi. Kalau begitu polanya, kapan majunya ya?

 

Sebetulnya jika didata secara lebih sistematis, ada beberapa penyebab kendala modal ini terjadi pada para pelaku UKM. Sebut saja masalah nominal peminjaman. Ini sering jadi masalah ketika kita akan meminjam ke bank, kita ingin meminjam sejumlah tertentu yang menurut bank itu terlalu kecil sehingga tidak bisa disetujui. Misalnya pinjaman di bawah nominal 25.000.000 ini susah disetujui. Bisa menggunakan fasilitas KTA (Kredit Tanpa Agunan, yang pada prakteknya tetap menggunakan agunan berupa kartu kredit dan slip gaji), namun bunganya sungguh mencekik. Pinjam ke rentenir? Ih amit-amit. Sudahlah bunganya mencekik, perlakuannya tidak manusiawi, dosaaa pulaaa. Mana bisa berkah usahanya nanti?

 

Kedua masalah ketiadaan jaminan. Kalau jaminan yang diminta adalah BPKB mobil atau motor, Surat Tanah, dan bukti kepemilikan asset lainnya, kan tidak semua pelaku UKM memilikinya. Sebagai contoh, supir saya yang menyambi jadi pedagang bensin eceran ingin sekali membeli mesin pertamini. Harganya satu unit sekitar 9.000.000 rupiah. Dia mau beli dua unit. Pinjam ke bank, dianggap terlalu kecil. Pinjam dengan mengajukan fasilitas KTA, dia terbentur di tidak punya slip gaji apalagi kartu kredit. Pinjam ke tempat gadai atau semacam jasa finance dengan jaminan BPKB motor, lah dia saja belum selesai kredit motornya, yang artinya BPKB masih ditahan di pihak leasing. Bagaimana ini?

 

Ketiga, masalah bunga yang cukup tinggi. Bank konvensional menetapkan suku bunga yang cukup tinggi bagi peminjamnya. Ini tentu saja menyulitkan dan meresahkan para pelaku UKM yang hanya punya modal sedikit dan baru saja mengembangkan usahanya. Kalau untung saja belum, sudah ribet soal balik modal plus bunga, bagaimana bisa menjalankan bisnis dengan tenang?

 

Padahal ya, kalau dilihat kembali, potensi UKM di Indonesia ini besar sekali. Semua bidang berkembang dengan pesat dan semua seolah menemukan ‘rezekinya’. Itulah sebabnya, para pelaku UKM tidak hanya dituntut kreativitas dan inovasi serta meningkatkan layanan kepada kastamer, namun juga dituntut memiliki modal yang cukup dan sehat. Dengan syarat-syarat tersebut tadi, para pelaku UKM pasti bisa terus meningkatkan mutu produk barang dan jasa yang mereka tawarkan. Tidak kalah deh dengan industry yang lebih besar.

 

Bisnis sayaaa…. Slurpppp

 

Untunglah sekarang telah hadir KoinWorks. KoinWorks adalah jasa penyedia layanan peminjaman peer to peer lending pertama di Indonesia. KoinWorks menghubungkan pemberi pinjaman dengan peminjam dengan lebih mudah melalui internet. KoinWorks melihat masih banyak market di Indonesia yang belum dilayani bank secara baik. Konsep peer to peer ini memadukan dua unsur, yaitu bisnis dan profit.

 

Ada dua layanan yang ditawarkan oleh KoinWorks, yaitu sebagai peminjam dan pendana. Aplikasi KoinWorks untuk peminjam berlangsung dalam dua tahap, yaitu pertama adalah pre-approval, dimana KoinWorks memberikan approval dengan kondisi tertentu, dan proses kedua adalah proses approval yang hanya membutuhkan waktu 15 menit. Kalau semua data yang dibutuhkan lengkap, dalam waktu 7 hari dana bisa cair, yang disebut tahap final approval.

 

Besar bunga pinjaman mulai dari 0.75% hingga 1.2% per bulan, yang lebih rendah dari bank. Masih bisa dikejar kan oleh para pelaku UKM yang baru berkembang?

 

Jelasnya, ada beberapa keuntungan meminjam dana di KoinWorks untuk pengembangan bisnis UKM kita, yaitu :

  1. Dapat disesuaikan alias fleksibel, dimana pelunasan dana pinjaman lebih awal tidak akan dikenakan denda.
  2. Mudah diakses, anda dapat melakukan pinjaman dimanapun dan kapanpun.
  3. Persyaratan dijelaskan secara terbuka, jelas, dan tidak ada yang disembunyikan. Angsuran dibayar perbulan dengan biaya flat.
  4. Prosesnya cepat, anda bahkan bisa mengajukannya dalam waktu 10 menit, bisa sambil ngopi, ngetik, bahkan sambil momong anak bagi emak rempong seperti saya.
  5. Biaya lebih rendah, karena menggunakan teknologi terbaru, KoinWorks berhasil memangkas biaya dan kerumitan anda dalam mengurus pinjaman yang belum tentu disetujui bank pula.
  6. Suku bunga yang rendah, berbeda dari institusi konvensional, KoinWorks tidak mencari untung dari margin suku bunga.

 

Ya sudah, tunggu apa lagi. Yuk kita langsung akses aplikasinya di SINI. Kalau yang versi mobile-nya, untuk section “peminjam”, anda bisa klik yang di kiri atas, nah ada tuh. Scroll saja deh infonya lengkappp banget. Semoga UKM yang tengah kita kembangkan ini membawa kemajuan tidak hanya bagi periuk dapur dan saldo ATM kita (saya tunjuk jariiii….), namun juga bagi perkembangan dan kemajuan ekonomi kreatif tanah air tercinta.

 

Selain untuk peminjam, KoinWorks juga menyediakan layanan bagi yang ingin berinvestasi, atau disebut pendana. Setiap orang bisa menjadi pendana, sebab dana yang digunakan mulai dari 100.000 rupiah, yang bahkan anak kuliahan pun bisa mulai belajar berinvestasi di sini.

 

Diluncurkan pada bulan Maret 2016, KoinWorks pada bulan Mei 2016 telah mendapatkan 100 user. Pada Agustus 2016 KoinWorks bekerjasama dengan Lazada dalam kampanye “Buatan Indonesia”. Untuk para seller yang tergabung dalam kampanye tersebut, KoinWorks akan memberikan limit lebih dari 250 juta rupiah menjadi 1 Milyar. Tuh kan serius sekali Investasi KoinWorks Membantu UKM Indonesia. Yuk majukan karya bangsa melalui KoinWorks!

 

Oh ya, selain Fasilitas KOIN BISNIS untuk membantu para pelaku UKM, ada juga KOIN PINTAR berupa pinjaman untuk dana pendidikan, dan KOIN SEHAT untuk biaya pendidikan. Nah penasaran kan? Yuk makanya cepetan lihat ke SINI ya.

#BantuMerdeka

 

Posted in bisnis, life | Tagged , , , , , | Leave a comment

Yang Penting Diketahui Seputar Penyembelihan Hewan Qurban

Asyiik, besok makan daging kambiiing. Mari bikin sate, gulai, tongseng, dan kambing guliiing. Wiiitsss, ingat ya yang punya kolesterol. Juga yang punya masalah dengan pencernaan. Jangan sampai pesta kambing seharian, habis itu sakit dan ujung-ujungnya masuk rumah sakit.

kambing-stress6

Awasss kolesterol yaaa…

 

Apa hanya itu ya, yang harus diperhatikan dalam menyambut Idul Adha alias Idul Qurban? Sudahkah kita fahami, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seputar adab penyembelihan hewan Qurban. Bukannya mau ribet, tapi Nabi kita Muhammad saw, selalu mencontohkan berlaku ihsan terhadap semua makhluk, bahkan pada semesta. Termasuk dalam memperlakukan hewan Qurban, seperti si Kambing dan si Sapi. Apa saja adabnya? Yuk simak yang ini yaaa…

 

  1. Yang dimaksud menyembelih adalah melenyapkan ruh binatang dengan cara memotong leher kerongkongan dan tenggorokan serta dua urat nadi dengan pisau yang tajam. Jadi harus benar-benar terpotong dengan sekali tebas, biar binatangnya tidak merasakan sakit yang lama.
  2. Penyembelihan harus dilakukan dengan ihsan, tidak menyebabkan rasa sakit pada hewan, serta penyembelihan tersebut harus mampu mengalirkan darah keluar secara sempurna dari tubuh hewan. Dengan demikian daging yang dihasilkan adalah daging yang sehat dan halal, yang berkualitas tinggi.
  3. Penyembelihan hewan wajib menghasilkan daging yang halal, yang diperoleh dari penyembelihan sesuai dengan syariat Islam.
  4. Hewan sembelihan bukan bangkai, jadi dia harus dalam keadaan masih hidup ketika akan disembelih.
  5. Alat-alat yang digunakan untuk menyembelih, harus dalam keadaan tajam dan dapaty melukai, tidak terbuat dari tulang dan kuku, melainkan terbuat dari batu, bamboo, besi dan logam lainnya.
  6. Tata cara penyembelihan adalah sebagai berikut: hewan direbahkan dengan posisi yang mudah untuk disembelih, menghadap kiblat, memotong urat nadi dan kerongkongan, saat menyembelih membaca basmalah, tidak disembeliha atas nama selain Allah, dan bagi hewan yang tidak dapat disembelih di lehernya karena liar, bisa disembelih di bagian mana saja dari tubuhnya asal langsung mematikan.
  7. Adab terhadap hewannya adalah dengan membaringkan hewan di sisi sebelah kiri, memegang pisau dengan tangan kanan dan menahan kepala hewan ketika menyembelih. Jangan lupa menghadapkan kepala hewan ke kiblat ya.
  8. Hewan Qurban harus sehat, tidak cacat, dan dipilih yang lebih gemuk.
  9. Sesudah hewan disembelih, penanganan hewan Qurban, seperti pengulitan dan pemotongan, baru dilakukan ketika diyakini hewan sudah mati.
  10. Oh ya, sebaiknya hindarkan stress pada hewan dengan tidak memperlihatkan padanya temannya yang sedang disembelih. Percaya atau tidak, hewan dalam keadaan stress, dagingnya jadi tidak enak dimakan.
  11. Sebelum penyembelihan, berikan hewan istirahat yang cukup, tempat penampungan yang baik, bersih, cukup air, udara dan pakan.
  12. Jika diikat, tali ikatannya jangan terlalu pendek. Kasihan hewannya.
  13. Ingat ya, hewan harus terpotong dengan baik di tiga saluran, yaitu saluran nafas, makan, dan darahnya.
  14. Jangan sampai hewan mengalami stress berkepanjangan, sebelum penyembelihan, misalnya akibat transportasi yang jauh sehingga dia kelelahan, lapar, sakit, cuaca yang panas, berkelahi dengan sesamanya, hal ini akan menyebabkan kadar glikogen dalam tubuh hewan akan sangat turun hingga ke level terendah, sehingga akan menghasilkan perubahan komposisi biokimia daging yang dihasilkan. Pada saat pemotongan, glikogen yang ada dalam otot menjadi sangat sedikit.
  15. Kasus stress akut yang parah pada hewan akan menghasilkan daging yang pucat, lembek, dan berair. Akibatnya daging akan mudah busuk, dan susutnya ketika sudah dimasak menjadi tinggi.
  16. Hewan yang disembelih dalam kondisi stress, akan menyebabkan darah banyak tertinggal di dalam otak dan otot, dan pembuluh darah akan menutup dan tersumbat. Akibatnya akan terjadi ketidaksempurnaan pengeluaran darah dan daging menjadi cepat busuk. Selain itu, hewan akan tetap dalam keadaan sadar dalam waktu yang lama dan meronta-ronta yang akan menyebabkan trauma fisik.
  17. Hewan yang roboh tidak sesuai dengan arah yang tidak diinginkan, tidak boleh diseret atau dibalik. Sembelihlah sesuai dengan arah berbaringnya. Setelah roboh, kaki dapat diikat dengan simpul tomfool dengan hati-hati.
  18. Penyembelihan harus cepat, sekali ayun, dan dilakukan tepat di bawah dagu pada tulang leher 1 sampai 3, untuk mengurangi penyumbatan pembuluh darah. Darah harus keluar cepat, deras, dan tuntas.
  19. Hewan harus disembelih kurang dari 10 detik setelah dibaringkan, tidak boleh dilihat hewan lain, dan baru dimasukkan arena pemotongan ketika semua penyembelih sudah siap, artinya hewan tidak boleh dibiarkan menunggu.
  20. Menggenggam gagang pisau dengan arah ujung pisau ke bawah depan. Menggerakkan pisau dari atas ke bawah, kanan ke kiri, bisa juga sebaliknya, dengan sekali gerakan atau maksimal 3 kali gerakan tanpa mengangkat pisau dari bidang sayatan. Harus ada bidang kosong di bawah agar leluasa.
  21. Lakukan uji kornea untuk membuktikan hewan sudah mati atau belum. Hewan yang sudah mati, jika disentuh matanya tidak akan bereaksi.
  22. Segera kendurkan tali pengikat agar hewan mati dalam keadaan rileks.
  23. Jangan siram luka sembelihan jika belum yakin hewannya sudah mati.
  24. Jangan terlalu lama jarak antara penyembelihan dan pemisahan daging.
  25. Jangan tumpuk daging yang belum dipisahkan jeroannya di tempat panas,
  26. karena akan menimbulkan pembusukan daging dan jeroan.

kambing-stress5

Duh… kasihan, kambing ini pasti stress berat ya…

Yuk perhatikan adab-adab ini sehingga hewannya mati dengan tenang, kita juga tenang dan nyaman melakukan Qurban, dan para penerima serta pemakan daging Qurbannya juga tenang dan bahagia. Betul deh, penting banget bersikap ihsan dalam semua hal.

Aneka meme si kambing, yang justru bikin sedih jika terjadi ketidak-ihsan-an dalam proses penyembelihan sesungguhnya.

 

Referensi:

Materi dari Drh. Ira Firgorita, Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI.

Posted in halal, inspirasi, islamic, sikap | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment