Tiga Pantai Utara Jateng Untuk Wisata Keluarga

Jawa Tengah bagian utara, atau dikenal juga dengan wilayah Pantura, memiliki rentangan pantai yang luas dan memanjang. Meski belum banyak yang dikenal luas oleh wisatawan, pantai ini rata-rata memiliki cirri landai dan berombak tidak terlalu besar dibandingkan dengan pantai di laut selatan. Sebagian dari pantai-pantai ini memiliki pasir hitam, bukan putih seperti pasir di pantai selatan. Namun pemandangan dan suasananya cukup menyenangkan dijadikan sebagai tempat bersantai bareng keluarga.

 

Saya sendiri memang menjadwalkan wisata bareng keluarga setiap musim mudik lebaran, atau pada akhir tahun jika dananya memungkinkan. Pantai utara Jawa Tengah adalah salah satu destinasi kami, tentu saja tak lupa acara wisata pantai.

 

Ada paling tidak, tiga pantai yang mungkin belum terlalu banyak dikenal wisatawan, dan potensinya juga belum banyak tergali, namun cukup cocok untuk wisata bareng anak-anak.

 

Pantai Kartini, Jepara

Terletak tepatnya di kecamatan Bulu, 2.5 km sebelah barat ibukota Kabupaten Jepara. Sekitar satu jam paling lama menempuh perjalanan dengan mobil dari Kota Jepara, kita akan sampai di sebuah pantai dengan pasirnya yang cukup putih. Kawasan dengan luas lahan 3.5 hektare ini merupakan salah satu jalan masuk menuju kawasan wisata Nasional Karimun Jawa dan Pulau Panjang.

Ada beberapa obyek wisata seru di sini, seperti Kura-Kura Ocean Park yang merupakan ikon wisata Pantai Kartini. Merupakan obyek wisata yang pas buat keluarga, terdiri dari dua lantai, dan bangunannya berbentuk kura-kura raksasa. Anak-anak saya takjub mengamati akuarium berisi aneka jenis kura-kura dan hewan laut lainnya. Di lantai bawah ada dua jenis akuarium. Yang satu akuarium raksasa yang berisi kura-kura raksasa segede gaban, juga ikan-ikan besar seperti Pari, Kerapu, Buntal, hiu, kakap, Giant Trafelly, dan penyu sisik. Ada lagi 12 akuarium kecil dan 4 akuarium meja yang berisi berbagai jenis ikan kecil dan sedang, terdiri dari ikan air laut dan ikan air tawar.

Yang menariknya, ada kolam sentuh dimana pengunjung bisa menyentuh ikan-ikan dan kura-kura yang sudah jinak. Ini menimbulkan sensasi tersendiri yang mengasyikkan bagi bocah. Di lantai ini ada juga tempat terapi ikan (fish spa) yang berisi ribuan ikan Garra Rupa, sayang sekali kami enggak sempat masuk waktu berkunjung ke sini, karena susah sekali mengalihkan perhatian bocah yang asyik mengamati ikan dan kura-kura. Di lantai dua ada beberapa mainan edukatif bagi anak-anak, tapi tetap lebih seru di lantai bawah.

Oh ya, soal jajanan jangan khawatir, karena di sini banyak tukang jualan makanan dan minuman, meskipun harganya….lebih mahal dari kelas minimarket nasional sekalipun.

 

Untuk menyeberang ke Pulau Panjang, bisa ditempuh dengan perahu mesin lengkap dengan ‘supir’ dan jaket pengaman untuk setiap penumpang. Agak ngeri juga karena kadang jarak antara perahu dengan bebatuan terjal dan agak licin di tepi pantai lumayan jauh juga, jadi agak ribet buat emak-emak takut air kayak saya. *Ini sebenarnya emak kucing atau emak manusia ya, takut sama air?

 

Pulau Panjang sendiri sepi dan tenang, kita hanya bisa mendengar suara debur ombak dan memandang laut di kejauhan. Cocok sekali untuk refreshing dan bersantai. Pasirnya putih dan cukup bersih. Hanya sayang, toiletnya masih kurang bersih.

 

Pantai Sendang Sikucing, Weleri Kendal

Terletak di desa Sendang Sikucing, kecamatan Rowosari, 5 kilometer sebelah utara Weleri Kendal. Sebenarnya jalan ke sini sudah cukup baik, hanya hati-hati karena kadang GPS anda mengarahkan pada jalur yang salah, masuk ke persawahan sepi dimana di situ terdapat area begal yang cukup horror ceritanya. Ini pernah saya ceritakan di sebuah blogpost saya.

Pantai Sendang Sikucing yang kami kunjungi ini tidak ada kucingnya sama sekali. Yang ada adalah pasir hitam yang landai, sementara ke laut dibatasi bebatuan yang cukup terjal sehingga anak-anak tidak bisa berenang. Anak-anak main di tepi pantai yang landai sambil sesekali mendekati bibir pantai. Kami duduk-duduk santai menanti sunset dengan pemandangannya yang indah. Sayang sekali di sini banyak warung yang kurang menjaga kebersihan. Toilet dan tempat berbasuh juga kotor dan becek. Sayang banget ya. Padahal kalau saja terus dibenahi, bisa jadi tempat ini akan makin banyak dikunjungi wisatawan.

Sebenarnya ada satu lagi pantai Cahaya Sendang Sikucing yang lebih bersih dan lebih banyak sarana bermain anak-anak. Sayang sudah malam waktu itu, jadi kami memutuskan segera mencari hotel karena anak-anak juga sudah cukup puas bermain dan mengamati matahari terbenam.

jateng

 

 

Pantai Pasir Kencana Pekalongan

Terletak berbatasan dengan Pusat pelelangan ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara, berjarak sekitar 4.5 kilometer dari kota Pekalongan. Luas pantai ini 1.5 hektare dan didominasi oleh pasir hitam. Sunset dari sini juga indah sekali. Sama dengan pantai Sendang Sikucing, cukup banyak warung di sini yang kurang menjaga kebersihan. Di samping itu panggung hiburan seringkali menampilkan penyanyi-penyanyi dengan lagu Pantura-an yang syairnya kurang pantas didengarkan oleh anak-anak. Ada juga arena bermain anak-anak yang tidak terlalu luas, becak air, dan perahu mesin. Hebatnya di sini, supir perahunya kelewat pede, sehingga penumpang seringkali tidak diberi jaket pengaman. Hahaha, merangkap sales asuransi kayaknya, Menjamin keselamatan penumpang walau tanpa jaket pengaman…

Anak-anak senang naik becak air dan perahu mesin di sini, karena wilayah jalan-jalan di lautnya lebih luas daripada yang biasa anak-anak saya mainkan di Setu Babakan, Jakarta. Hahaha iyalah. Pantainya juga lebih bersih dari Sendang Sikucing. Sayang juga, parkirnya becek. Hehehe, adaaa saja komentar saya ya.

pantai-pekalongan

 

 

 

Sebenarnya pantai-pantai ini bisa lebih cantik jika terus dibenahi dan ditertibkan kebersihannya. Terus fasilitasnya juga ditambah dong. Jadi makin pas untuk wisata keluarga yang bocahnya senangnya main air melulu.

 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in travelling, wisata and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tiga Pantai Utara Jateng Untuk Wisata Keluarga

  1. naqiyyahsyam says:

    Wah kolam sentuh itu menarik banget Mbk jadi pengen berkunjung ke sana

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s