Tiga Hal Ini Kudapat dari FLP

Ada yang Tanya enggak, apa sih FLP itu? Jiaaah, hari giniii enggak tahu FLP? Oke baiklah, FLP adalah Forum Lingkar Pena, sebuah komunitas penulis yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Istimewanya apa? FLP tidak hanya mengumpulkan anggotanya saja, tapi juga secara kontinyu melakukan upgrading dan pengkaderan kepada para anggotanya sehingga bisa menjadi penulis yang selalu mencerahkan dalam setiap tulisannya. Paling tidak, ada beberapa cirri tulisan anak FLP yang kutahu: menyebarkan kebaikan, santun, dan berusaha menjalin hubungan yang baik dan akrab dengan para pembacanya. Aihhh.

 

Saya eh aku ya, ikut bergabung dengan FLP sejak organisasi ini didirikan tahun 1997 oleh mbak Helvy Tiana Rosa, sahabat saya yang hebat pisan lah. Saya sebagai apa? Sebagai penggembira doang sik. Hehehe, bukan apa-apa, saya memang kurang berbakat jadi organisatoris, bakatnya hanya jadi pompom girl saja. Haaa?? Hush, sudahlah mari kita serius, Isabella.

 

Sekarang ini, kira-kira sudah 19 tahun ya saya jadi anggota FLP. Tentu banyak sekali kenangan manis yang tak terlupakan selama di FLP ini. Berhubung terlalu banyak dan terlalu manis untuk dilupakaaaan….kenangan yang indah bersamamu…. (Slank mode ON), maka saya mengumpulkannya dalam blogposting singkat ini, menjadi paling tidak ada 3 hal terindah yang saya dapatkan dari FLP.

 

Sahabat-sahabat tersayang ada di sini

Saya sebenarnya penyendiri (masyaaaa?), oleh karena itu saya agak susah menemukan sahabat. Kalau teman sih banyak. Musuh? Wah yang itu enggak berani menghitung. Di FLP ini, saya ketemu sahabat-sahabat yang mungkin memang tidak selalu bareng, sarapan bareng, ngopi bareng, pergi ke salon bareng, ya enggaklah. Tetapi mereka seperti bintang di hati saya, kerlip cahayanya terus ada di dalam hidup saya, entah mereka jauh atau dekat. Sebab saya tahu, kami selalu saling mendoakan, saling menyemangati. Saya tahu mereka ikut bahagia ketika saya bahagia, demikian pula sebaliknya. Mendoakan mereka selalu membuat hati saya basah.

Menyebut beberapa nama, ada Helvy Tiana Rosa, Maimon Herawati yang sekarang jauh di Jerman, Intan Savitri, Afifah Afra alias jeung Yeni, Rahmadianti, Sinta Yudisia, teteh Pipiet Senja, mbak Tyas Tatanka, Naqiyyah Syam, Jazimah al muhyi, Bunda Kusmarwanti, Amanda Ratih Pratiwi, bunda Aprilina Prastari, bundaro DePita, Sri Widiastuti, mama Nana alias Santy Musa,  juga almarhumah Nurul F Huda. Oh juga barisan bapak-bapak seperti suhu Sakti Wibowo, suhu Ali Muakhir, Kang Arul, Gus Awy dan gus Irja, om Koko Nata. Sebetulnya masih banyaaak sekali yang lain, yang selalu teringat dalam setiap jenak kehidupan, setiap pencapaian yang saya dapatkan. Saya tahu ada doa mereka buat saya, ketulusan yang sama juga buat saya. Hehehe, moga-moga yang kebetulan baca dan pas ada namanya, langsung tersenyum bahagia. Aamiin….

Ya tapi enggak apa-apa juga kalau tetiba ada yang komen, aihhh si Ifa ini sok akrab sekali ya orangnya. Ya tak apalah. *kalem sambil mengunyah keripik pedas.

 

Ilmu dan Wawasan Lengkap di Sini

Saya tidak punya latar belakang pendidikan menulis dan media. Saya hanya learning by doing. Nah, FLP adalah komunitas pertama dimana saya mendapatkan ilmu dan wawasan tentang kedua hal tersebut lebih mendalam. Bahkan gegara FLP pula, saya berani mengirimkan naskah saya ke penerbit, yang kemudian keterusan hingga sekarang dan nanti. Coba kalau saya enggak ikut FLP, mungkin saya hanya puas fotokopi itu naskah-naskah dan saya sebarkan ke teman-teman dekat. Enggak bakal ada itu 43 buku yang saya terbitkan dan sebagiannya sudah teman-teman baca, baik punya sendiri, pinjam terus dikembalikan, atau pinjam terus diam-diam dikoleksi sendiri. Hehehe.

Terus ya, kalau lihat prestasi teman-teman di FLP, haduuuh itu bikin saya panas dingin. Ini yang bikin saya semangat terus meningkatkan kemampuan dan produktivitas. Ya memang sih rezeki orang lain-lain, tapi menimba ilmu dan semangat dari mereka kan boleh ya?

flp3

Berbagi sedikit ilmu menulis di HSAlam Depok

 

Networking dan kesempatan untuk lebih maju

Di FLP itu kan enggak hanya penulis isinya, ada illustrator, praktisi dunia penerbitan, editor, sampai komentator juga ada. Hehehe. Ada juga blogger dari berbagai niche, ghostwriter, copywriter, dan scriptwriter. Lengkap. Enggak hanya ilmu dan wawasannya saja yang saya ambil dari mereka, mereka juga enggak pelit berbagi networking dengan saya. Enggak pernah ada tuh ceritanya, menyembunyikan kabar tentang penerbit yang lagi butuh naskah, atau lomba menulis, lomba blog apa gitu. Semua di-share, dibagi agar semua mendapatkan kesempatan yang sama untuk maju. Kalau ternyata yang beruntung bukan dia? ya enggak apa-apa, Alhamdulillah. Jadi di FLP saya belum pernah dengar sirik-sirikan gegara ‘job and networking’.

Kalau sudah begini, saya jadi ingat Naqiyyah, Kang Ali, Koko, teh Pipiet, dan beberapa sahabat yang selalu kasih kabar tentang job dan networking. Terima kasihhh bangeet… Allah memberkati kalian…

flp2

One of my best-selling books. Berkat support dari FLP juga ini…

 

Betul kan, banyak banget kenangan indah saya di FLP? Ini adalah komunitas terlama yang saya ikuti dan saya enggak pernah berniat keluar darinya. Ada banyak komunitas lain yang saya ikuti dan saya juga enjoy ada di dalamnya, namun FLP tetaplah cinta pertama saya.

flp1

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in buku, inspirasi, love, menulis and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tiga Hal Ini Kudapat dari FLP

  1. Huaaah Mbk Ifa sayang, kita belum ketemuan huhuhu….. padahal mupeng banget. Pengen menimbah ilmu deh 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s