Tips Traveling Hemat dan Murah Bersama Anak-anak

Bagi keluarga dengan tiga anak, traveling menjadi hal yang wajib sekaligus harus dipikirkan masak-masak. Bukan apa-apa, biayanya itu lho yang kadang enggak bisa murah. Dari urusan logistic, transportasi, akomodasi, hingga itinerary semuaaa harus direncanakan dengan matang. Tidak jarang liburan yang harusnya dinikmati dengan bahagia malah berakhir dengan ribut-ribut antara si Bunda dengan si Panda, gara-gara dompet yang menipis seusai liburan. Padahal, anak-anak, dan juga bapak dan emaknya lah, butuh sekali liburan sebagai sarana refreshing setelah penat beraktivitas, sarana menambah ilmu dan wawasan, dan juga sarana saling mendekatkan diri sesama anggita keluarga. Apalagi tak jarang, liburan juga berarti berkunjung sejenak ke rumah nenek kakek, tante dan om, atau paman dan bibi. Waaah, yang kayak gini nih, pasti disambut dengan gembira oleh anak-anak.

 

Saya dan keluarga jelas sering juga liburan keluar kota, terutama saat lebaran atau akhir tahun, jika ada dananya. Biasanya kami pergi ke Bogor, Bandung, Semarang, Jogja, Solo, atau daerah-daerah sekitarnya. Pernah sih, kami berencana pulang kampung ke tempat kelahiran papah saya, ke Pontianak. Suami saya sudah sekalian ingin mengajak anak-anak terbang naik pesawat. Waktu itu kedua anak kami, Ahya dan Bebeb belum pernah merasakan naik pesawat. Kalau si sulung Akna sudah pernah, waktu dia masih di TK. Tentu saja hal ini disambut gembira oleh para bocah. Namun setelah menghitung-hitung hanya ongkos transportasinya saja, pulang balik bisa lebih dari 5 juta, saya meringis pahit. Oh noooo…. Bisa-bisa saya puasa selama sebulan ini mah. Ya ngapain memaksa pulang kampung naik pesawat, kalau setibanya di rumah nanti kemana-mana kudu jalan kaki? Hahaha. Jadi enggak? Ya kali. Batal lah.

 

Batal pulang kampung itu bikin saya mengambil pelajaran, bahwa traveling bersama tiga bocah harus disiasati dengan benar. Kemudian, kami mencoba merencanakan traveling murah meriah kembali, bukan ke Pontianak tentu saja, namun cukup ke Jogja naik pesawat. Tetap saja, ini jadi pengalaman terbang pertama kali yang menyenangkan dan tak terlupakan bagi Ahya dan Bebeb. Selain itu, kami juga tidak jadi ‘miskin papa’ karena traveling murah dan hemat bareng bocah, bisa kami siasati.

 

Bunda dan Panda mau tahu enggak, kiat-kiat traveling hemat dan murah bareng bocah, versi keluarga Naga alias keluarga kecil saya? Begini nih….

 

Rencanakan itinerary yang matang

Itinerary itu semacam rencana perjalanan, termasuk urusan logistic, transportasi, akomodasi, dan objek wisata yang akan dikunjungi. Jangan muluk-muluk mau mengunjungi semua objek wisata di sebuah daerah jika anggaran minim. Banyak memang objek wisata yang gratis atau bayarnya murah, seperti museum dan wisata alam. Tapi jangan lupa, makanan dan oleh-oleh kan enggak ada yang gratis. Malah kadang harganya suka agak lebih mahal dibanding kita membeli di tempat biasa atau di minimarket.

zenroom1

Berenang selalu seruuu….

 

Rajin berburu tiket transportasi murah

Asal rajin browsing, ketemu kok tiket transportasi murah, dari travel bus, kereta api, hingga pesawat. Apalagi kalau emak atau bapaknya hantu lomba kayak saya, bisa kok memenangkan lomba menulis blog atau lomba twitter, instagram dll, yang hadiahnya tiket transportasi. Asyeeeek.

 

Pilih penginapan atau hotel murah tapi berkelas

Namanya anak-anak, pasti agak rewel soal hotel ini. Mereka maunya hotelnya bagus, bersih, ada TV kabel, ada wifi, kolam renang, sarapannya oke, atau kalaupun enggak ada sarapan, lokasinya strategis dan dekat dengan pusat jajan. Dalam hal ini, saya percaya banget sama Zenrooms yang tersebar di Indonesia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Kita dapat kamar yang bersih, nyaman, cukup lega, dan harganya juga terjangkau. Recommended banget. Di Jakarta ada sekitar 56 hotel dan Bali bahkan ada 295 hotel. Yang di Jakarta, seru banget untuk Staycation dan lokasinya juga strategis, dekat dengan pusat jajan, jalan-jalan dan belanja. Kalau di Bandung, ada di daerah Dago yang ngehits itu. Di Jogja ada Zenrooms Godean dan Cendrawasih,

zenrooms4

Zenrooms Godean Jogja. Foto : pegipegi.com

zenrooms5

Zenrooms Bali. Kolam renangnya bikin pingin nyeburrr. Foto : zenrooms.com

 

Pilih objek wisata yang gratis atau murah dan kurangi wisata café ya

Banyak objek wisata alam, sejarah dan religi yang gratis atau berbiaya murah, dengan manfaat yang banyak. Seru pula. Jangan banyak beli-beli makanan di lokasi yang kadang jatuhnya lebih mahal. Bagi Bunda atau Panda yang Blogger atau penulis, cari ide dan inspirasi sebanyak-banyaknya di sini, tulis, dan jadikan pembuka rezeki untuk liburan yang akan datang. Jangan kunjungi café kalau enggak punya duit, boros ini mah.

 

zenrooms2

Godain Mister Bean di Museum D’Arca Jogja.

 

zenrooms-3

Sekali-kalinya liburan ke Belanda… eh di Museum D’Mata Jogja

 

Kuliner murah meriah

Banyak makanan atau minuman khas daerah setempat yang murah meriah dan membuat anak jadi lebih mengenal keragaman daerah tersebut. Sedapat mungkin jauhi mall, karena selain boros, juga di Jakarta saja sudah banyak mall, lah ke daerah lain kok yang dicari mall juga. Kurang kreatif namanya. Hehehe.

 

Jaga kesehatan karena biaya sakit tetap mahal

Jangan bikin acara yang terlalu padat dan kalau bisa makanan anak-anak dijaga. Semurah-murahnya biaya traveling, bisa jadi mahal kalau ada yang sakit. Jadi jaga kesehatan itu wajibbbb bangeeet. Baik sebelum, pas waktunya, dan setelah traveling, Iya kan Bunda dan Panda?

 

Gimana, siap kan untuk traveling hemat bareng si kecil akhir tahun ini? Saya siaaaaapppp…. Hehehe….

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in lifestyle, travelling and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s