Tips Praktis Travelling Jogja Solo Semarang Tanpa Bawa Mobil

docar5

Liburan akhir tahun sudah semakin dekat….yeaaayyy. Bagi emak-emak pecinta piknik seperti saya ini adalah momen penting banget yang tidak boleh dilewatkan. Ya tentunya bila rezeki, kesehatan, dan waktunya memang pas. Kadang sudah berencana liburan ke suatu tempat, eh dananya terpakai dulu untuk keperluan lain yang lebih urgen. Kadang dananya cukup mendukung, eh ada yang sakit. Dana ada, kesehatan Alhamdulillah, eh deadline mengganas di akhir tahun demi tahun depan yang lebih gemilang. Jieee….

 

Tapi tidak ada salahnya kan berencana dulu. Yang enak itu kan, semua terencana dengan baik, dan kitanya juga santai serta enjoy menjalani. Kadang yang terpikir bagi para emak rempong seperti saya, adalah gimana ya liburan praktis enggak pakai ribet, murah, meriah, dan dapat banyak ilmu serta wawasan buat anak-anak. Apalagi anak-anak saya adalah anak Homeschooling yang senangnya belajar dan bermain, bukan belajar sambil bermain atau bermain sambil belajar. Jadi travelling pun harus ada muatan ilmu dan wawasannya, enggak hanya having fun saja.

 

Artinyaaa…. Travelling model begini tidak bisa ke satu tempat. Misalnya ke Jogja hanya ke taman Pintar saja. Ya harus lengkap. Termasuk ke Vredeburg, Keraton, Museum D’Mata dan Museum D’Arca, Museum Ulen Sentalu, Museum Merapi, dan semuaaa-muaaa, termasuk Parangtritis dan wisata Gua yang lagi happening itu. Kebayang betapa repotnya kalau naik kendaraan umum?

 

Ya bawa mobil sendiri. Iya sih, bisa berhenti dimanapun kita suka. Bisa lebih santai. Bisa serasa di rumah sendiri. Hihihi. Tapi, ada kerepotan yang lain ketika bawa mobil sendiri. Pertama, kalau suami saya yang bawa sendiri, dia tidak terlalu kuat. Supir? Supir kami enggak selalu bisa untuk keluar kota. Sewa supir infal? Jiaaaah…. Mehong bingits ya buuu.

 

Jadi gimana? Tenang, ada tips praktisnya. Enggak banyak. Tiga macam saja kok tipsnya.

 

Pertama, rencanakan itinerary yang ‘compact’ namun fleksibel

Jogja-Solo-Semarang adalah tiga kota yang nyaris selalu jadi tujuan travelling kami, baik sekalian lebaran dan pulang kampung atau liburan akhir tahun. Herannya, selalu saja ada objek wisata yang belum kami kunjungi. Hya eyalaaah, Jabodetabek aja kami belum juga khatam kok, apalagi ketiga kota ini. Jadi ini sebenarnya menyenangkan. Kita masih dan akan selalu menemukan objek wisata baru yang belum pernah dikunjungi. Caranya? Gini hari ya browsing Google dunnk. Tanya teman dan saudara. Dan… mulai bikin list.

Selain objek wisata yang akan dikunjungi yang kita buatkan list-nya dengan detail, juga coba bikin peta abal-abal-nya, misalnya Museum A dekat keraton B dekat mall C dekat pasar D. Jadi nanti habis dari A,B, C terus ke D. Biar enggak muter-muter dan keder. Jangan lupa, renacanakan akomodasi yang transportasi yang sesuai, aman, dan nyaman. Oh, siapkan gadget dan perangkat penunjang liburan lainnya seringkas mungkin. Enggak mungkin bawa tripod ya enggak usah maksa misalnya. Baju, fashion dll? Bikin simpel aja bu, jangan satu lemari dibawa semua. Ya kali…

 

Manfaatkan Teknologi Seoptimal Mungkin

Gini hari masih bingung booking hotel, pesan tiket, dan masalah kendaraan di Solo-Jogja-Semarang? Banyak kali buuu, situs penyedia tiket hotel dan pesawat. Bahkan sudah dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone.

Kendaraan selama di sana, yang praktis gimana?

Sewa mobil saja yuk. Termasuk supir bisa. Enak kan, seperti mobil sendiri, fleksibel, dan praktis. Untuk cara pemesanannya juga ambil yang praktis, bu. Yang sudah ada aplikasinya. Misalnya ini nih DOcar, aplikasi layanan sewa mobil online Solo Jogja Semarang dan beberapa kota besar lainnya berbasis Android. Cari deh di Playstore, ada kok. Ini saya kasih Google Plus dan Facebook nya biar memudahkan juga. Praktisss banget.

Zaman gini hari bu, semua ada kok dalam genggaman, termasuk sewa mobil, lewat DOcar.

Tampilan aplikasi DOcar di Androidku

 

Setelah kita install aplikasinya, kita masuk deh. Pilih mobil, isi data dan tanggal travelling kita, Pilih deh cara bayar yang kita inginkan. Terus, apalagi keunikannya? Mobilnya banyak sekali pilihan, ada ratusan lho. Kemudian, setiap mobil yang kita pesan itu unik, lewat aplikasi itu, kita bisa dapat info yang benar-benar jelas tentang mobilnya, termasuk plat nomor mobilnya. Oh iya, sewanya juga dengan harga yang termurah.

 

Ketiga, berdoa dan stay relax and make it easy

Semoga dimudahkan dan dilancarkan, selamat dan sehat sampai tujuan dan pulang kembali. Santai dan jangan baperan, ya buuu….

 

https://youtu.be/Hz2sgA_cbs8

 

https://maps.google.com/maps?cid=207942433105769445&_ga=1.68802833.1675222134.1468997961

 

 

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in lifestyle, review, travelling, wisata and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s