20 plus Kuliner Pangkalpinang Yang Sayang Dilewatkan

#pesonapangkalpinang

 

Jalan-jalan ke sebuah tujuan wisata kurang seru kalau kita tidak  menyempatkan diri mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Meski mungkin di beberapa daerah yang berdekatan, kulinernya kurang lebih sama, namun bila diperhatikan, pasti ada keunikan tersendiri di setiap tujuan wisata. Misalnya empek empek Palembang, ada juga dijual makanan bernama sama di Pangkalpinang, namun ada bedanya. Nanti ini bakal kita bahas juga lho.

 

Yang jelas, jalan jalan seru kita kali ini ke Pangkalpinang, sebuah daerah yang sangat potensial menjadi tempat tujuan wisata, selain karena wisata alamnya yang indah, yang umumnya berupa wisata pantai, dia juga kaya akan sumber daya alam laut yang bisa diolah menjadi macam macam makanan yang sayaaang banget kalau dilewatkan begitu saja.

 

Saya sendiri, yang memiliki perut berkapasitas seekor naga lapar, selalu menganggap wisata kuliner ini sebagai bagian paling asyik dalam sebuah perjalanan wisata, setelah wisata sejarah dan religi.

 

Nah, di Pangkalpinang, banyaaaak banget kuliner enak yang kalau dibuat daftarnya bisa panjaaang banget, dan membuat naga naga di perut saya berdemo atas nama lapaaaar dan kemudian enggak berhenti nambah terus.

 

  1. Kericu

Berbahan dasar telur cumi, kerupuk ringan khas  Bangka ini menjadi salah satu unggulan oleh oleh untuk dibawa pulang setelah berkunjung ke Provinsi Bangka Belitung, khususnya Pangkalpinang. Waktu pak Suami habis dinas ke Pangkalpinang dan bawa si Kericu ini, enggak sampai dua hari sudah habis. Rasanya gurih dan berwangi khas cumi namun tidak amis. Bentuknya seperti jari telunjuk dan rasanya gurih.

 

  1. Rusip

Merupakan hasil fermentasi, terbuat dari ikan bilis segar yang dimasukkan ke dalam botol, dibumbui dengan garam dan gula aren. Setelah didiamkan selama sebulan, barulah Rusip ini enak dimakan. Paling sedap dimakan dengan cabe dan bawang merah.

 

  1. Pekasem

Seperti rusip juga, merupakan makanan hasil fermentasi. Tapi yang ini berbahan dasar dasar teritip atau siput laut. Ya jangan membayangkan bekicot ya, ini beda banget. Bayangin kerang saja deh. Nah, ini sejenisnya.

 

  1. Kecalok

Masih merupakan jenis makanan hasil fermentasi, yang kali ini bahan dasarnya adalah udang. Yang punya alergi udang kayak saya, siap siap ngecesss to the max yaa membayangkan si kecolok eh kecalok ini.

 

  1. Dodol Ketan Pangkalpinang

Hampir sama dengan dodol yang kita kenal di pulau Jawa, dodol ketan inipun merupakan penganan dari ketan, gula aren, dan santan. Dimasak berjam jam dengan menggunakan bahan bakar kayu Palawan dengan api sedang, hingga berwarna cokelat kehitaman, Dikemas dalam plastic bening yang bentuknya seperti pipa paralon, dodol ketan ini sungguh cocok menemani kopi atau teh pahit.

 

  1. Kue Rintak atau Kue Sagu

Ini snack wajib setiap lebaran bagi semua keluarga di Pangkalpinang. Terbuat dari sagu, gula, telur, santan, dan wijen, cocok buat teman ngobrol santai sambil ngopi dan ngeteh. Enggak terasa, tahu tahu habis satu toples saja deh.

 

  1. Tai Fu Sui

Kita menyebutnya susu kedelai alias soya milk. Rasanya yang segar, enak disajikan dalam keadaan panas atau dingin. Di Pangkalpinang, kita dapat menemukan Tai Fu Sui ini dalam berbagai varian rasa buah buahan, umumnya dijual pada pagi dan malam hari. Eh, iyaa, susu kedelai ternyata punya khasiat yang amat banyak bagi kesehatan tubuh dan kecantikan. *kedip kedip lihat kaca

 

  1. Empek empek atau Kelsan

Hampir sama dengan empek empek Palembang, namun selain menggunakan bahan ikan tenggiri, di sini empek empeknya menggunakan ikan laut juga, yang namanya ikan parang parang. Dibentuk bulat memanjang, bisa langsung dimakan begitu saja, atau mau digoreng juga tetap enaaak. Cocoknya sih dicocol dengan sambal tauco, sambal terasi, atau sambal pedas biasa.

 

  1. Kemplang

Kerupuk yang satu ini sudah ngetop banget, hingga rasanya kalau pergi ke Pangkalpinang dan pulang tanpa kemplang, kok ya janggal gitu. Terbuat dari ikan tenggiri, cumi dan sagu, kemplang memiliki berbagai jenis, ada yang dibakar, digoreng dengan minyak, atau yang digoreng dengan pasir. Saya pribadi sih paling suka yang dibakar (karena aroma bakarannya yang khas dan terasa sampai gigitan terakhir), dan yang digoreng dengan pasir karena enggak berminyak dan cukup aman bagi penderita kolesterol. Hehehe….

 

  1. Lakso

Penganan khas yang terbuat dari beras dan sagu, dimakan dengan kuah ikan bawang merah, biasa dimakan pas sarapan atau pada acara tertentu seperti selamatan dan sedekahan. Segar dan gurih rasanya.

 

  1. Otak otak

Otak otak khas Pangkalpinang terbuat dari ikan, sagu, dan santan, dibungkus dengan daun pisang dan dibakar, sehingga mengeluarkan aroma yang khas. Nah makan yang satu ini, enggak cukup sedikit. Maunya tambaaah terus. Enak dicocol sambal tauco atau sambal kacang.

 

  1. Getas

Seperti kemplang, namun biasanya bentuknya bulat kecil kecil, rasanya ikan banget dan enggak terlalu berminyak. Ini juga oleh oleh yang khas dan ngangeni dari Pangkalpinang.

 

  1. Pantiaw

Bentuknya seperti mie, terbuat dari tepung beras, dan dimakan dengan disiramkan kuah ikan ke atasnya. Kalau enggak salah, mirip juga dengan yang ada di Pontianak, tapi yang dari Pangkalpinang lebih dominan kuah ikannya.

 

  1. Hasil laut awetan

Pernah makan cacing laut? Saya pernah. Awalnya enggak tahu, pas baca tulisan di bungkusnya baru sadar. Lah kok enak ya? Enggak ada jijik gimanaaa gitu, Mungkin keran sudah diawetkan ya. Namanya cacing laut alias Wak Wak. Oh, ada lagi, teripang, siput laut atau Gonggong, dan Sirip Hiu. Ya ampuuun, semuanya ini ya, jauuuh dari kesan menjijikkan, enak banget asli.

 

  1. Es Anggrek

Sebenarnya sih ini bukan es yang terbuat dari bunga anggrek, tapi nama restonya Restoran Anggrek, dan ini khas dia banget. Esnya lembut kayak es krim kayak es serut dikasih sirup yang wangiiii banget.

 

  1. Lempah Darat

Isinya sayur sayuran yang gurrriiih banget , dan keunikannya ada pada akar keladi yang membuatnya jadi berlendir namun gurih gitu deh.

 

  1. Lempah Kuning

Hampir sama dengan Lempah Darat, Cuma yang ini ada ikannya. Sama juga sih, ada sari asem dan gurih khas terasi Bangka. Ini kasihan nasinya, bisa habis dengan cepat karena maunya nambah melulu.

 

  1. Mie Koba

Semacam mie Chinese gitu, warnanya kecoklatan, tapi ini khas karena aroma lautnya yang keluar banget. Rasanya sepintas mirip dengan mie kangkung, bedanya yang ini rasa seafood.

 

  1. Martabak Bangka

Katanya sih yang paling enak itu adanya di Jalan Jendral Sudirman, PangkalPinang, di sini banyak pilihannya. Ada martabak telur dan martabak keju juga lho, Pokoknya kalau ke Pangkalpinang, sempatkan makan yang ini deh.

 

  1. Ekor Tenggiri Bakar

Ini Cuma ekornya doang lho ya. Enggak sama badannya. Jadi itu buntut ikan dibakar tanpa bumbu apapun, terus dicocol sambel kecap pedas dan dikucuri jeruk. Ihiyyy…. Rasanya pasti tak terlupakan ya.

 

 

  1. Lokan Rebus

Lokan adalah semacam kerang, agak besar dan dagingnya gurih. Direbus polos dan dicocol saus sambal, rasanya nendang bangeeet.

 

  1. Gangan Karezo

Nama restonya Karezo, dimana di situ dia menyediakan aneka macam ikan yang bisa kita pilih untuk dimasak gangan atau berkuah. Ikannya ikan laut, seperti ikan sintak, kakap merah, katarap, dan ikan bulat. Wah, unik ya nama ikan ikannya. Oh iya, harganya juga konon lebih murah daripada resto lain yang sejenis.

 

  1. Tahukok

Ini merupakan salah satu kuliner khas Bangka, yang banyak juga  dijual di Pangkalpinang. Ini merupakan hidangan berbentuk sop panas, dengan bakso ikan rebus, bakso ikan goreng, bakso tahu ikan rebus, bakso tahu ikan goreng, dan fukian, yaitu kulit tahu yang diisi bakso ikan. Syedaaapppp…

 

Betul kaaan, Pangkalpinang memang pesonanya enggak nguatin buat penggila kuliner semacam saya. Apalagi yang berbau ikan dan laut, aduh…. Jadi, jangan lewatkan Pangkalpinang yang eksotik dan kulinernya yang tak terlupakan, Jadikan Pangkalpinang sebagai Liburan Akhir Tahun Impian yuk…

 

Referensi dan Credit Foto

Pariwisata-pangkalpinang.blogspot.co.id

Wisataseru.com

Pangkalpinangkota.go.id

Ibenkbeck.blogspot.co.id

Banyumurti.net

Bangka.tribunnews.com

Bisniswisata.co.id

 

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in food, kuliner, lifestyle, travelling and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to 20 plus Kuliner Pangkalpinang Yang Sayang Dilewatkan

  1. mysukmana says:

    Gambarnya kurang banyak kak

  2. herma1206 says:

    sya sering beli martabak bangka…tpi blm pernah nyobain martabak bangka yg asli dri sana, entah sama ato gak ya rasanya ama yg sering dibeli di sini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s