5 Kategori Pahlawan Masa Kini

Masih bulan Agustus nih, bulan ulang tahun kemerdekaan Negara kita. Dan pastinya masih seru banget ngomongin pahlawan. Sebagaimana kita tahu, pahlawan masa kini adalah pahlawan yang sudah tidak lagi bertempur melawan penjajah dengan segala macam persenjataan. Dia adalah pahlawan yang mampu membuktikan kebaikan yang telah dia lakukan untuk orang orang sekitarnya, meski mungkin dia sendiri tidak merasa sebagai pahlawan, dan melakukan hal itu sudah sewajarnya saja menurut dia.

 

Dalam sosok sehari-hari kita pasti banyak menemukan sosok sosok seperti itu. Bahkan ketika kita bangun di pagi haripun, bisa jadi kita sudah menemukannya tanpa sadar. Atau jangan-jangan, anda sendiri yang merupakan sosok pahlawan masa kini itu? Ayo, ambil kaca gih, supaya sadar, hehehe….

 

Menurut anda, bagaimana sih kriterianya menjadi sosok pahlawan masa kini itu? Sharing yuk. Kalau menurut saya, paling tidak ada lima criteria sehingga seseorang bisa disebut sebagai sosok pahlawan masa kini. Bisa salah satunya, salah duanya, atau salah limanya, eh semuanya criteria itu ada di diri seseorang.

 

  1. Orang yang sebagian besar hidupnya diabdikan untuk keluarga dan lingkungannya, sehingga dengan kata lain, orang ini turut serta membangun peradaban yang lebih baik, untuk masa kini dan masa depan. Misalnya seorang ibu yang berjuang untuk mendidik dan mengurus anak anaknya dengan baik, sehingga ia sampai mengorbankan jiwa dan raga, serta waktu dan kesenangan pribadinya, termasuk untuk ngopi ngopi cantik di Supermal Karawaci yang cakep dan megah itu. Seorang ayah yang bekerja keras sepanjang hari demi mencari rezeki yang halal dan berkah untuk keluarganya, seorang guru, dosen, dokter, tukang sampah juga, banyak deh,
  2. Orang yang menggerakkan lingkungan sekitarnya untuk membuat lingkungannya menjadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali, dengan memulainya dari diri sendiri. Misalnya di lingkungan dekat rumah saya, ada seorang ibu yang menggalakkan penanaman rosella kepada ibu ibu melalui PKK, namanya bu Rahmah. Ada juga seorang ibu yang mendirikan PAUD yang menggunakan sistem subsidi silang sehingga bisa menampung anak dari para pekerja informal, namanya bu Fitri.
  3. Orang yang mengajak orang orang yang dia kenal dan mengenalnya, lewat dunia maya atau dunia nyata, untuk melakukan sebuah gerakan sosial, misalnya seperti teman-teman dari Yayasan Steril Yuk yang membuat grup di Facebook untuk melakukan proses steril untuk kucing dan anjing liar.
  4. Orang yang merelakan hidupnya untuk menolong nyawa orang lain dan memenuhi kebutuhannya. Dapat disebut di sini adalah dokter dan paramedic, petugas pemadam kebakaran, relawan zakat dan bencana alam.
  5. Orang yang membaktikan hidupnya untuk memberi ilmu pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti para guru dan relawan Indonesia Mengajar di daerah terpencil, para dai di daerah terpencil dan miskin.

pahlawan1

pahlawan2

pahlawan3

Karakter pahlawan sejati

 

Kalau anda, masuk criteria yang mana? Saya? Hiks… terus terang, tulisan ini membuat saya melakukan introspeksi. Saya belum apa-apa, bahkan disebut pahlawan keluargapun mungkin tak layak. Sebab kadang keikhlasan begitu cepat ternoda ya. Sedangkan sebaik baik pahlawan itu tentu yang ikhlas dan tulus….

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in inspirasi, sikap and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s