Lampung – The Treasure of Sumatera

lampung1

Kayaknya lagi musim jalan-jalan nih. Mungkin karena kebanyakan pekerjaan yang harus diselesaikan dengan deadline yang bertumpuk, saya jadi pingin jalan-jalan melulu. Kali ini yang ingin banget saya kunjungi adalah tempat yang jaraknya enggak terlalu jauh dengan Jakarta dan Banten, nyebrang sedikit. Ya, ini dia Provinsi Lampung, yang dikenal juga dengan The Treasure of Sumatera. Kenapa saya pingin ke Lampung?

 

Paling tidak, ada sekitar lima alasan mengapa Lampung menjadi salah satu destinasi jalan jalan saya dalam waktu dekat ini…

 

Anak Krakatau Island

lampung22

Anak Krakatau adalah pulau termuda di Indonesia, dan merupakan puiau volkanik yang kecillll banget, terletak diantara Pulau Rakata Kecil dan Pulau Sertung. Dia muncul tahun 1928 untuk pertama kali, terus tenggelam tahun 1929. Eh sekitar tahun 1930an dia muncul lagi bersamaan dengan erupsi volkanik Gunung Krakatau.

Pemandangannya keren banget di sini. Gunung yang mengepulkan asap kelihatan jelas sekali. Eh ada satu fun fact yang merupakan keajaiban pulau kecil ini, setelah erupsi tahun 1959, pulau ini bertambah tinggi setiap tahunnya sekitar 7-9 meter. Coba hitung berapa kira-kira tinggi pulau ini pada satu abad kemerdekaan Indonesia… (hadoooh gini hari disuruh menghitung pulaaa…dasar emak guru homeschooling!)

 

Makam Kuno Pangeran Jiwa Kesuma

Saya itu penggila sejarah, bahkan kalau diurutkan tempat wisata favorit saya adalah: tempat bersejarah, tempat religious, pantai, baru gunung. Nah, di Lampung ada sebuah tempat wisata bersejarah yang terletak di wilayah Wonosobo, sekitar 7 kilometer dari Kota Agung, Namanya makam kuno Pangeran Jiwa Kesuma.

Siapa sih pangeran Jiwa Kesuma ini? Jadi pangeran Jiwa Kesuma ini dan keluarganya hidup di zaman peralihan antara budaya Hindu dan Islam. Pastinya sih, mereka adalah keluarga penguasa atau bangsawan pada masa itu.

 

Gisting dan Batu Keramat

lampung4

Dataran tinggi Gisting dan Batu Keramat ini juga keren banget pemandangannya. Ada air terjun yang sejuk banget, yang airnya bisa langsung kita minum. Selain itu, dari ketinggiannya kita bisa menyaksikan kesibukan di Teluk Semangka dan Pelabuhan Kota Agung. Udaranya gimana? Yang pasti, sejuuuk banget dan view-nya juga seru buat foto-foto selfie atau wefie. Letaknya enggak jauh dari Tanggamus.

 

Wisata Kuliner Khas Lampung

Ya ampuuuun seru seruuu seruuu. Mata saya yang lagi mengantuk langsung terbuka lebar begitu browsing tentang kuliner Lampung. Banyaaak banget yang wajib dikunjungi. Diantaranya Kedai Mie Khodon yang menyajikan macam-macam mie khas Lampung, Tempatnya sih sederhana tapi enggak pernah sepi pengunjung. Mie kuahnya konon recommended bangeet.

Selain itu yang ngehitz banget juga adalah Kedai Mie Ayam dan Bakso Son Haji-Sony. Pusatnya di Wolter Monginsidi. Saking ramenya, kudu sabar dan setia menanti. Tapi sebanding bangeet kok sama rasanya. Masih banyak destinasi wisata kuliner di Lampung yang enggak kalah seru, misalnya lagi ada Sate Cak Umar yang ngetop dengan sop kambingnya yang enggak berbau kambing sama sekali. Ada Pempek 123 yang cepat banget sold outnya. Jangan datang sore-sore katanya. Eh iya, itu kuah cukanya ditaruh di meja, jadi kita bebas meracik sendiri. Terus ada Jumbo Kakap yang merupakan restoran sea food favorit karena selain rasanya yang mantap, juga tempatnya cukup bersih dan sejuk. Oh iya dia juga letaknya berdekatan dengan Toko Oleh-Oleh Yen Yen. Kalau mau sekalian mampir ke sini kan asyik tuh, sekalian beli Keripik Pisang khas Lampung, yang rasanya enggak ada yang menyamai.

Sudah dulu deh ya membahas kulinernya. Bikin lapar, mana malam-malam begini pula. Nasib… nasib…

 

Lampung Krakatau Festival

lampung5

Menandai momen meletusnya Gunung Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883 yang banyak menelan korban itu, digelar sebuah Festival Akbar dengan serangkaian acara yang seru dan sayang banget untuk dilewatkan. Konsep pemerintah Provinsi Lampung adalah menjadikan festival ini perhelatan akbar kebudayaan dengan tujuan menjadikan Lampung sebagai tujuan wisata dan pusat kebudayaan di Sumatera.

Festival yang sudah diadakan untuk ke 26 kalinya ini menyajikan berbagai acara, diantaranya: Jelajah Pasar Seni (24-28 Agustus) di Mall Boemi Kedaton, Jelajah Layang-Layang (25-26 Agustus) di PKOR Way Halim, Jelajah Rasa alias Pesta Kuliner (26-28 Agustus) di Lapangan Saburai, Jelajah Krakatau (27 Agustus 2016) di Gunung Anak Krakatau, Jelajah Semarak Budaya-Parade (28 Agustus) di Tugu Adipura, dan Jelajah Semarak Budaya-Investor Summit (28 Agustus) di Hotel Novotel. Demikian rangkaian acara Jelajah Pesona Krakatau, Lampung Krakatau Festival 2016.

 

Nah, pasti pada pingin ke Lampung ya …. Samaaa…. Yuk berdoa dan berusaha. Salah satunya ikut Lomba Blog ini. Wish me luck yaa…

 

 

Referensi :

Indonesia-tourism.com

Jalanjajanhemat.com

Lampungkrakataufest.com

 

Foto:

Indonesia-tourism.com

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in culture, event, kuliner, travelling and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Lampung – The Treasure of Sumatera

  1. ayo Mbk ke Lampung, kita bisa kopdar, ah kudoakan menang ya Mbk. Asyiiik bisa ketemuan. Indah loh wisata di Lampung.

  2. mysukmana says:

    Lampung lg gencar2 promo nih,yuk dukung kemenpar 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s