Es Carica Dan Es Dawetnya, Kakak…

Memang benar apa yang dikatakan Koes Plus di salah satu lagu lamanya, “Tanah kita ini tanah surga, tongkat dan batu jadi tanaman…” Haisshhh, serem amat ya, bisa berubah gitu tongkat dan batu jadi tanaman pisang dan papaya, misalnya. Mengerikan… Tapi maksud tersiratnya adalah apapun yang ditanam di tanah air kita, kemungkinan besar pasti tumbuh subur. Kenapa? Ya karena tanahnya subur itu.

Itu pula sebabnya di tiap daerah di tanah air kita pasti punya tanaman khas yang bisa diolah menjadi berbagai penganan dan minuman khas daerah tersebut. Ini yang kemudian menjadi salah satu pesona dan daya tarik bagi kaum wisatawan untuk datang berkunjung, baik itu wisatawan local maupun mancanegara. Apalagi wisatawan yang sedikit sedikit lapar dan haus, kayak saya ini.

Salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah, yang terkenal akan wisata Dataran Tinggi Dieng-nya adalah Kabupaten Banjarnegara. Kebayang ya, daerah Dieng yang termasuk salah satu dataran tinggi yang menawarkan pemandangan indah itu, pasti enaaak banget kalau berwisata ke situ sambil mencicipi kuliner khasnya.

Sebetulnya banyaaak ya, kuliner khas Kabupaten Banjarnegara, yang unforgettable alias enggak bisa dilupakan. Sebut saja Dawet Ayu Banjarnegara, Es Carica Dieng, Purwaceng, Soto Krandengan, Jipang, Buntil, Jenang Salak, Aneka Macam Keripik, Aneka Manisan, dan Mendoan khas Banjarnegara. Tapi yang mau saya angkat kali ini dua diantaranya, yaitu minuman segar es Dawet Ayu Banjarnegara dan Es Carica Dieng. Eh iya, buah Carica ini hanya mau tumbuh di dataran tinggi Dieng lho, enggak ada dimana-mana. Coba cari deh, buahnya di pasar-pasar di Jakarta, enggak bakal ketemu. Jadi ya, mesti dinikmati di tempat asalnya tumbuh, langsung.

Ini dia nih, buahnya. Lucu ya, mirip nangka, paprika kuning, belimbing, atau kedondong? Kalau kedondong mah berduri-duri gitu buahnya. Ini mirip nangka ya. Ahh, mirip papaya, tapi ukurannya lebih kecil. Daging buahnya agak keras, enggak seempuk papaya kalau sudah matang. Buah ini juga cocok diolah menjadi manisan. Salah satu ciri khasnya adalah buah carica memiliki getah yang cukup banyak. Jadi kalau kamu sempat bawa pulang carica ke Jakarta, kalau mau mengupasnya pakai sarung tangan karet atau plastik ya.

bng1

Membuat es caricanya sih gampang banget ya. Buah caricanya yang sudah matang, dipotong-potong, dikupas, terus dicuci di air mengalir, kasih gula, air dan es batu. Tuh, sudah bisa langsung dinikmati. Segaaarrr diminum ketika cuaca sedang panas terik.

bng2

Minuman ini bisa tahan disimpan dalam keadaan dingin (di kulkas) selama lebih dari satu bulan lho. Tapi dengan catatan, enggak ada yang menghabiskan duluan.

Sedangkan es dawet ayu, bahan utamanya menggunakan tepung hunkwee, daun suji, daun pandan, gula merah, dan santan. Wanginya khas dengan kesegaran santan yang cocok dinikmati di segala cuaca. Terutama kalau lagi panas terik juga sih.

bng3

Kedua minuman khas Banjarnegara ini bisa kamu temui di setiap pelosok di Kabupaten Banjarnegara, meskipun bisa juga sih kamu bikin sendiri di rumah. Tapi menurut saya, kekhasan dan ciri unik sebuah kuliner kadang hilang atau kurang terasa jika tidak dinikmati langsung di daerah asalnya.

Jadi? Ayo wisata ke Banjarnegara sekalian mencicipi Es Carica Dieng dan Es Dawet Ayu Banjarnegara. Jangan lupa upload foto-fotonya di Instagram, perlihatkan dengan bangga bahwa tanah air kita tercinta memang layak disebut sebagai surganya kulineran enak, murah, halal, dan sehat.

 

Referensi :

Budparbanjarnegara.com

Areahalal.blogspot.co.id

Dawetayubng.blogspot.co.id

 

Credit foto:

Banjarnegarakab.go,id

Indotour.com

Pergidulu.com

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in food, halal, kuliner, travelling, wisata and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s