Makna Di Balik Fashion Muslim untuk Keluarga

Dulu sekali, beberapa tahun yang lalu, setiap lebaran tiba saya selalu ingin memakai baju keluarga yang kompak dengan suami dan anak (waktu itu masih punya anak satu). Lihat di majalah wanita muslim, kok bagus-bagus ya, keren gitu, sekelurga pakai baju yang warna dan coraknya sama. Pasti cakep ya kalau difoto. Tapi pas memikirkan harganya, kayaknya kok mahal ya. Enggak sesuai sama isi kantong. Itu waktu saya baru resign dari kantor. Padahal sebelumnya waktu masih ngantor, entah kenapa kok malah enggak terpikir mau kompakan berbusana sewarna dan sama corak dengan suami dan si kecil. Pas sudah resign baru terpikir. Alhasil, berbaju kompak di hari raya hanya bisa jadi cita-cita saja.

 

Alhamdulillah, semakin lama, saya semakin mengerti makna berlebaran bersama suami dan anak-anak, yang kini jagoan kecil saya sudah berjumlah tiga orang. Bahwa selain makna hakiki berlebaran adalah saling membuka diri untuk meminta dan memberi maaf, lebaran juga mengandung arti saling memberi kebahagiaan dan momen untuk menemukan kembali arti keluarga dan persahabatan. Salah satunya dengan membahagiakan keluarga kecil lewat baju yang sederhana namun bagus dan pantas dipakai bersilaturahmi, tak perlu mahal, dan sesuai dengan kaidah fashion muslim. Dengan dana yang seadanya, saya memesan baju untuk saya, suami, dan ketiga bocah, kepada seorang sahabat yang juga penjahit  fashion muslim. Tahun itu kami pertama kali kompak berbaju lebaran. Rasanya? Alhamdulillah, bersyukur banget, pas lihat foto kami sekeluarga, rasanya ada kebahagiaan dan kenangan tersendiri pada lebaran kali ini, bersama suami dan anak-anak. Kekompakan, kebersamaan, dan kesederhanaan adalah poin terpenting dari makna sebuah baju keluarga, sesederhana apapun itu.

ethica 1

Bersama keluarga besar, in white n blue

 

Tahun-tahun berikutnya, berbaju lebaran kompak, adalah sebuah momen yang cukup kami pentingkan. Sekali lagi, busana yang kami cari tidak harus mahal, namun nyaman, bahannya enak dipakai, modelnya juga cukup sesuai dengan trend fashion muslim saat itu dan sesuai syariah. Sebagai seorang hijabers, saya tentu sangat memikirkan kaidah syar’I dari busana yang kami kenakan. Misalnya untuk busana saya, tidak boleh membentuk tubuh, tidak terlalu tipis (dan juga enggak terlalu tebal, karena hareudang alias panassss kata orang Sunda mah), tidak menyerupai busana laki-laki, dan tidak berlebihan baik dari segi model dan harganya. Demikian pula untuk busana suami dan anak-anak, suami saya sangat menekankan untuk tidak berbusana mewah dan berlebihan. Suami dan anak-anak sama-sama merasa nyaman dengan baju koko lengan pendek atau kalaupun lengannya panjang, tidak banyak detail dan ornament, serta bahannya tidak terlalu tebal dan tidak berbulu.

Sebetulnya juga, tidak harus beli di tempat yang sama, yang penting warnanya senada dan coraknya hampir sama. Belinya juga kadang beda-beda, sesuai harga dan dapatnya dimana.

ethica 2

Dressed in blue

 

Namun, saya melihat satu brand yang sebetulnya sudah cukup lama saya kenal. Ethica. Ternyata ya, baju keluarganya bagus-bagus, pilihan warna, model, corak dan bahannya. Harganya juga cukup terjangkau. Apalagi koleksinya yang namanya Hafa alias Happy Family. Aduh betul-betul cocok menggambarkan sebuah keluarga bahagia yang bersyukur menyambut lebaran dengan kegembiraan. Filosofinya ‘dapet’ banget deh. Coba lihat deh nih, ada beberapa model yang cocok bagi keluarga kami.

ethica 3

ethica 4

ethica 5

ethica 6

ethica 7

 

Oh ya, berpikir tentang Happy Family, saya kok mendadak dapat ide. Kan yang namanya kebahagiaan itu harus dibagi ya. Biar makin bahagia, bersyukur, dan makin berkah. Bagaimana jika tahun depan, kita sisihkan sebagian rezeki kita untuk berbagi kebahagiaan membelikan set baju keluarga Ethica untuk saudara-saudara, tetangga, atau asisten rumah tangga kita, untuk dipakai berlebaran bersama keluarga? Semoga semakin berkah kebahagiaan yang kita terima dan juga berkah bagi Ethica sebagai brand Fashion Muslim untuk keluarga.

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in fashion, halal, islamic, lifestyle, muslimah, syariah and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s