Cantik dari Hati Menuju Cantik Sempurna

wardah 1

 

Kata orang, cantik rupa saja tak cukup. Benarkah? Ohoho, benar bangeeet. Ada orang yang wajahnya cantik sekali, tapi kelakuannya enggak janji, otaknya juga enggak banyak isinya. Sadis ya? Ya iyalah. Tuhan itu Mahaadil. Setiap manusia diberi kelebihan dan kekurangan. Jadi setiap kita enggak bisa berbangga dan enggak mau belajar dari kekurangan. Maka diciptakanlah ketiga komponen yang harusnya saling melengkapi; fisik, akal, dan hati. Nah, baru deh close to perfection, judulnya. Ini dia definisi cantik versi saya. Redefinisi, mungkin tepatnya.

 

Cantik Fisik; Hanya yang halal dan thayyib, serta menjaga diri

 

Sekarang ini banyak kosmetik dan produk kecantikan serta kesehatan yang beredar di pasaran, dengan harga dan kualitas yang beragam. Kadang sampai bingung memilihnya. Tapi kalau kita punya patokan syar’I, jadinya juga enggak susah-susah amat kok memilihnya. Pertama jelas harus merupakan produk yang halal dan bersertifikasi jelas. Kosmetik yang haram, tidak hanya membahayakan penggunanya, namun juga mencegah penggunanya dari kebaikan-kebaikan spiritual yang mengikutinya.

Kedua, harus thayyib alias baik. Baik untuk kesehatan, dan baik untuk kantong. Tidak mengandung unsur yang berbahaya, dan tidak harus mahal. Kriteria ini kadang jadi relative, sesuatu yang baik bagi si A, belum tentu cocok bagi kita.

Ketiga, pemakaian produk tersebut tidak mendorong kita untuk tabaruj atau berhias berlebihan dan tidak menjadikan kita ujub atau berbangga diri. Menggunakan kosmetik ditujukan untuk menjaga diri, dari pandangan orang yang tidak berhak atas kita, dari rasa sombong dan ujub (wah gue makin cantik nih gara-gara pakai lipstick, misalnya), dari pandangan orang-orang yang iri atau membenci kita.

Jadi? Ya jangan lebay lah pakai kosmetiknya. Jangan terlalu tebal.

Dalam hal ini, saya sih punya satu set make up Wardah yang warnanya juga kuliiit banget. Jadi enggak terlihat menor. Natural banget. Cocok buat ibu-ibu seperti saya untuk ngantar bocah sekolah, meeting urusan kerjaan, atau sesekali pergi undangan. Halal, thayyib, dan membantu saya menjaga diri untuk tidak menampakkan make up secara lebay. Halaaah…

wardah 2

make up set Wardah saya…. jangan abaikan bukunya…sekalian majang…hehehehe

 

Cantik Akal; senang belajar dan kreatif

 

Siapa bilang belajar hanya di bangku sekolah? Belajar mah bisa dimana saja, dengan sarana apa saja, dan kapan saja. Yuk, tambah terus ilmu dunia dan akhirat kita. Senang lho bergaul dengan orang yang luas ilmu dan wawasannya. Apalagi ditambah kreativitas yang luar biasa. Rasanya pinginnn deh kayak gitu. Orang yang cantik akalnya, pandai memanfaatkan waktu, enggak ada waktu yang terbuang sia-sia.

Selain itu, orang yang cantik akalnya, selalu rendah hati. Dia merasa ilmunya masih sedikit, makanya dia enggak sombong dan ma uterus belajar. Dia tidak mau menghabiskan waktunya dengan berdebat, mencela dan menghujat orang, dan ngobrol sia-sia. Berisi banget deh…

 

Cantik dari Hati ; kuncinya 4S

 

Ini dia jalan menuju kesempurnaan kecantikan. Mau cantik secara fisik, perlu upaya, begitu juga mau cantik secara akal. Mau cantik dari hati, samaaa…. Bahkan usahanya agak harus lebih keras. Apalagi yang pakai rumus kunci 4S.

wardah 3

 

Pertama senyum. Konon senyum membuat si pelaku dan penerima senyum sama-sama merasa bahagia. Apalagi senyumnya tulus dari hati. Coba deh, setiap kali habis tersenyum, kayaknya hati jadi ringan-ringan gimanaaa gitu ya.

Kedua sapa. Sapaan hangat menunjukkan perhatian dan kebaikan hati. Kata para pakar komunikasi, ini awal dari proses mengikatkan hati antarpersonal. Sudah berapa orang yang kita sapa dengan hangat hari ini?

Ketiga sabar. Wedewww ini dia nih yang berat. Sabar bukan hanya menerima keburukan dan kesedihan, namun sabar dalam proses serta sabar menerima ketentuan Allah dan sabar dalam ketaatan pada Allah, Ini nih yang nantinya membentuk pribadi yang tangguh dan tegar.

Keempat shalat alias ibadah. Bukan hanya sebatas menggugurkan kewajiban atau mengejar target, tetapi lebih kepada kebutuhan selalu dekat dengan Allah.

wardah 4

 

Susah? Ehm,… sejujurnya iya. Tapi bisa dicoba. Saya juga masih terus dan terus belajar. Semoga dengan ini, cantik sempurna akan menghiasi diri kita, lengkap dengan cantik fisik, cantik akal dan cantik dari hati. Ini dia cantik yang memberi manfaat, bagi diri sendiri dan seluruh alam semesta insha Allah….

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in beauty, body care, halal, inspirasi, islamic, lifestyle, muslimah, perempuan, syariah and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Cantik dari Hati Menuju Cantik Sempurna

  1. Betul Mbk, sepakat banget, terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s