Latihan Jadi Buzzer dengan 8Share

Mau enggak mendapatkan uang dari social media? Pasti jawabannya, mauuu pakai banget yaa. Zaman gini hari, yang namanya bekerja tidak selalu identik dengan pergi ke kantor yang kadang macetnya ajaa bikin kesal, duduk atau wara wiri mengerjakan sesuatu dari pukul 7 atau 8 hingga petang. Ketemu macet lagi, nyampe rumah sudah malam sekali. Pergi wangi, sampai kantor dandan lagi. Pulang kantor lecek, sampai rumah tepar. Pernah atau sedang mengalami hal itu? Saya pernah. Enggak apa-apa banget, as long as kita enjoy mengerjakannya, dan it’s really the passion.
Tapi ada juga yang memilih ngantor dari rumah misalnya. Bermodalkan netbook dan gadget seperti smartphone, menulis untuk penerbit, media, atau klien tertentu, ngeblog, atau sebagai SME (Social Media Enthuasiast) yang memperoleh penghasilannya dari social media. Dan itulah yang saya kerjakan sekarang. Semua. Ya semua saya kerjakan. Enaknya ya enggak kena macet, bisa sambil masak, mendampingi anak-anak, dan mengurus keluarga. Enggak enaknya? Ya mungkin karena saya belum mapan, jadi penghasilan juga datang dan pergi sesukanya. Hehehe, tapi saya yakin sih, sepanjang saya tekun dan focus mengerjakannya, saya punya impian besar dan reson untuk mewujudkannya, terus berproses, kreatif, dan disiplin, pasti bisa kok, mendapatkan manfaat dan penghasilan yang sebanding bahkan lebih besar dari yang saya bayangkan. Aamiin.
Nah, salah satu yang bisa kita kerjakan dengan modal netbook dan smartphone itu adalah sebagai Buzzer. Buzz dari arti katanya adalah percakapan. Jadi Buzzer itu adalah orang yang di-hired salah satu perusahaan tertentu untuk membicarakan produk atau brand dari perusahaan tersebut di social media milik orang tersebut. Biasanya social media yang digunakan adalah Twitter, cakep lagi jika Twitter-nya terkoneksi pula ke Facebook. Jadi bisa sekalian main di dua social media dengan pengguna terbesar tersebut.
Si Buzzer ini membicarakan produk atau brand yang dimaksud dengan berkicau di twitter-nya yang nantinya pesan atau komunikasi tersebut sampai kepada followers nya. Itu sebabnya biasanya syarat menjadi buzzer adalah orang tersebut tidak hanya aktif di social media, namun juga memiliki banyak followers.
Keuntungannya apa? Bagi perusahaan jelas, produk atau jasanya bisa dipromosikan dengan bantuan si buzzer yang dibayar dengan sejumlah uang sesuai surat perjanjian. Bagi si buzzer sendiri, selain mendapatkan penghasilan juga dia mendapatkan feed back tentang cara berkomunikasinya dari banyak pihak, ya dari followersnya, sesama buzzer atau perusahaan tersebut. Dengan itu ketrampilannya nge-buzz akan meningkat dan tentu dia bisa mendapatkan lebih banyak klien lagi. Hehe, duit tuh.
Kerugian jadi Buzzer ada enggak? Ya ada juga dunnk. Followers bisa jadi muak jika si buzzer kurang pandai menjalankan profesinya. Followers bisa meninggalkan si buzzer karena kesal dijadikan target iklan terus menerus, bombing, dan merasa si buzzer nyampah di time line-nya. Hal ini bisa jadi berbalik, si followers badmouthing alias berbicara jelek tentang si Buzzer dan perusahaan yang dia promokan itu. Kedudukan si Buzzer yang tadinya sebagai seorang influencer (yang bisa memengaruhi orang untuk menggunakan sebuah brand sebagai produk barang atau jasa), menjadi seorang spammer.
Semua itu bisa kok dipelajari asal kita serius dan tertarik. Malah sekarang ada situsnya, namanya 8Share Indonesia. Di sana kita bisa belajar jadi buzzer dengan menjadi membernya terlebih dulu. Prosesnya juga gampaaang banget. Setelah itu kita bisa share berita-berita dari situs tersebut melalui twitter kita, syukur-syukur linked to Facebook. Setiap berita yang kita share di social media kita sudah ada link khusus milik kita yang kalau di-klik pembaca atau follower kita, kita akan mendapatkan uang. Berapa? Jumlahnya memang enggak besar, dan berbeda-beda tergantung dari nilai news-nya. Biasanya yang ada tandanya ‘specials’ tuh lumayan satu kliknya. Makin rajin kita nge-share, makin kreatif kita nge-share, akan makin banyak yang tertarik dan meng-klik link kita. Otomatis, penghasilan kita dari 8Share juga bertambah.

8share1

8share2

Setelah mencapai minimal Rp 150.000 baru nanti 8Share akan mentransfer ke rekening bank kita. Coba deh, kan siapa tahu kita bisa jadi Buzzer jagoan gara-gara ikutan 8Share dan siapa tahu juga pendapatan kita di 8Share bisa besaaar. Aaminn.
Lagipula, berita atau tips yang dibagikan di 8Share juga banyak manfaatnya, enggak asal gossip, hoax atau berita-berita yang bikin gerah. Tips dan kiat-kiatnya bikin pintar yang baca. Yuk berbagi manfaat, menambah penghasilan, dan sekaligus latihan jadi Buzzer di 8Share, kayak saya.

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in bisnis, lifestyle, Lomba blog, Uncategorized and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Latihan Jadi Buzzer dengan 8Share

  1. Ajarin aku juga dunk, buun 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s