Rambut Rontok Menuju Botak, Enggak Banget Deh

hg1

Foto dari https://www.sobatcantik.com

Katanya semakin tua, rambut makin cepat rontok? Benar enggak sih, pemakaian hijab bisa memicu kerontokan rambut? Makan yang pedas-pedas bisa bikin rambut rontok? Kebanyakan rambut rontok bisa menuju kebotakan ya? Eh, bener enggak sih botak itu keturunan, sama kayak uban?
Hadooowww, ini jadi campur aduk ya antara mitos dan fakta. Yang jelas sih, rambut rontok berlebihan dan kebotakan itu memang masalah banget ya buat kita. Apalagi ditambah dengan masalah ketombe segala. Bikin galau dan enggak percaya diri. Sekarang kita kulik yuk ilmunya. Apa sih penyebab rambut rontok itu?

Penyebab Rambut Rontok berlebihan

1. Kulit Kepala Tidak Sehat
Kulit kepala dijadikan sebagai tempat tumbuh dan menempelnya akar rambut. Jika kulit kepala tidak sehat, akar rambut tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Akibatnya adalah rambut menjadi rontok disebabkan oleh akar rambut yang rapuh dan tidak sehat.

2. Ketombe

hg2.jpg

Foto dari http://makassar.tribunnews.com/2015/03/13/tidak-perlu-shampo-ini-cara-mudah-hilangkan-ketombe-selamanya

Ketombe menjadi penyebab rambut rontok berlebihan, karena ketombe bisa membuat kulit kepala tidak sehat. Kulit kepala yang tidak sehat bisa membuat rambut kekurangan nutrisi dan membuat akar rambut menjadi rapuh atau tidak sehat.

3. Jarang Keramas
Jarang keramas juga membuat rambut menjadi rontok. Rambut yang jarang dikeramasi akan berminyak dan juga lembab. Paparan sinar matahari bisa membuat akar rambut bercampur dengan keringat. Keringat yang ada di kulit kepala bisa terserap oleh folikel rambut, hal itu bisa menyebabkan rambut menjadi lepek dan juga mengalami kerontokan.

4. Hair Dryer
Sering menggunakan hair dryer bisa membuat rambut menjadi kering, akibatnya adalah akar rambut yang kering bisa menyebabkan rambut menjadi patah. Saat akar rambut menjadi patah, kerontokan pun tidak bisa dielakkan.

5. Pengeriting Rambut
Pada saat proses pengeritingan, rambut akan dililitkan pada alat pengeriting tersebut. Akar rambut menjadi tertarik, sehingga bisa menimbulkan kerontokan rambut. Selain membuat rambut rontok, pengeritingan rambut bisa membuat rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang.

6. Pencatokan Rambut
Catok yang dilakukan mendekati kulit kepala bisa membuat akar rambut menjadi kering kemudian patah. Hal itulah yang bisa menjadi penyebab rambut rontok bahkan kering atau bercabang.

7. Obat Tertentu

Misalnya saja adalah obat untuk proses pelurusan rambut atau yang dikenal dengan istilah “rebounding”. Rambut yang diberikan obat dengan efek keras bisa bermasalah dan juga mengalami kerontokan. Tidak hanya itu saja, proses pendiaman selama 30 menit menggunakan obat rebonding juga bisa memperparah kerontokan rambut.

8. Bahan Kimia
Bahan kimia bisa ditemukan pada zat pewarna rambut. Pewarna rambut bisa menyebabkan rambut rontok, terutama yang berdosis tinggi. Pilihlah pewarna rambut yang bahan kimianya masih dalam tahap normal.

9. Hormon
Kerontokan rambut juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon. Semakin tua usia seseorang perubahan hormon pun semakin terlihat. Hal itu merupakan hal yang wajar. Ketidakseimbangan hormone akan terlihat saat usia sudah memasuki umur 30 tahun ke atas.

10. Radikal Bebas
Radikal bebas itu bisa disebabkan oleh sinar matahari, polusi udara yang ada di jalan raya dan juga bahan kimia yang bertebaran di sekitar kita.

11. Ikatan Rambut yang Kuat
Saat rambut diikat terlalu kuat, akar rambut yang ada di kulit kepala ikut tertarik. Jika hal itu terjadi, kerontokan rambut pun tidak bisa dihindari. Juga jangan terlalu lama, maksimal dua jam saja. Selain rontok, anda bisa mengalami sakit kepala.

12. Genetik
Jika dalam keluarga ada riwayat kerontokan rambut bahkan kebotakan bisa jadi resiko anda untuk terkena hal tersebut cenderung tinggi.

13. Pengobatan
Pengobatan tertentu bisa membuat anda terkena kebotakan, misalnya saja adalah kemoterapi, radiasi dan berbagai macam obat kanker.

14. Stress
Saat anda terkena stress, otot-otot syaraf yang ada di kepala bisa menengang. Otot syaraf kepala yang menegang bisa menyebabkan akar syaraf rambut menjadi lemah. Saat akar rambut menjadi lemah inilah bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan.

• Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut yang rontok harus segera diatasi agar tidak mengalami kebotakan dan berbagai macam kerusakan rambut yang lainnya. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok secara alami yang harus anda ketahui :
• Bawang Putih
Anda bisa mengoleskan bawang putih pada kulit kepala anda. Anda juga bisa menghaluskan bawang putih dengan parut atau dengan di blender. Bawang putih yang telah halus bisa anda oleskan pada kulit kepala anda sebelum tidur. Saat pagi harinya, anda bisa membilas rambut anda dan ditambahkan dengan shampoo penumbuh rambut. Kerontokan rambut pun bisa dikurangi.
• Jahe
Jahe juga bisa digunakan sebagai obat rambut anti rontok. Caranya sama dengan bawang putih. Ada bisa menghaluskan jahe dan ditempelkan pada rambut dan kulit kepala anda. Bilas pada pagi harinya. Jangan lupa untuk keramas saat pagi harinya.
• Teh Hijau
Teh hijau bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan. Caranya adalah dengan menyeduh teh hijau dengan air hangat, oleskan seduhan teh hijau tersebut di kulit kepala anda, lalu diamkan selama satu jam, setelah itu bilas hingga bersih. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau tersebut dipercaya bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengatasi kerontokan rambut.
• Lidah Buaya
Ekstrak yang ada di dalam lidah buaya dipercaya bisa mengatasi kerontokan secara alami. Tidak hanya kerontokan saja yang bisa diatasi menggunakan lidah buaya, namun menyuburkan rambut pun bisa dilakukan menggunakan lidah buaya. Caranya adalah dengan mengoleskan daging lidah buaya ke kulit rambut, diamkan selama 20 menit. Setelah itu cucilah rambut anda sampai bersih.
• Jeruk Nipis
Jeruk nipis bermanfaat untuk mengatasi rambut yang rontok,. caranya adalah dengan mengiris tipis jeruk nipis tersebut dan usapkan pada kepala terutama pada bagian kulit kepala. Bagi rambut yang mengalami ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe yang melekat pada kulit kepala. Setelah diusapkan secara merata, anda bisa mendiamkannya selama 20 menit. Setelah itu cuci bersih menggunakan air yang mengalir dan gunakan shampoo penumbuh rambut untuk memaksimalkan hasilnya.
• Kemiri
Salah satu manfaat kemiri untuk kecantikan adalah dengan membuat kemiri menjadi minyak. Minyak kemiri telah dikenal khasiatnya sejak jaman dahulu. Kemiri dipercaya bisa digunakan untuk penumbuh kumis dan juga penumbuh jenggot.
Membuat minyak kemiri sangat mudah, yaitu bakar kemiri sampai warnanya kehitaman. Haluskan kemiri dan peras. Perasan itulah yang bisa dijadikan sebagai minyak kemiri. Saat ini minyak kemiri telah dikemas di dalam botol. Cara penggunaanya sangat mudah, usapkan minyak kemiri pada kulit kepala anda. Diamkan selama 20 menit dan kemudian shampoolah rambut anda.
• Buah Alpukat
Buah alpukat bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan buah alpukat dan dicampurkan dengan madu. Makanan yang mengandung protein dan vitamin E di dalam alpukat, bisa untuk menumbuhkan rambut dan mencegah kerontokan. Oleskan alpukat yang lehat dihancurkan dan telah dicampurkan dengan madu, diamkan selama 20 menit kemudian anda bisa membilasnya menggunakan shampoo.
• Yoghurt
Yoghurt bisa digunakan sebagai obat kerontokan rambut. Caranya adalah anda bisa melakukan creambath dengan menggunakan yoghurt. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilaslah menggunakan air bersih. Hasil yang maksimal bisa melakukan shampoo setelah melakukan creambath dengan menggunakan yoghurt.
• Hair Tonic
Untuk meredakan kerontokan dan menumbuhkan rambut bisa dengan menggunakan hair tonic. Hair tonic yang baik tidak hanya berfungsi sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok, namun juga berfungsi memberi vitamin pada rambut, sehingga, hair tonic juga berfungsi sebagai obat penumbuh rambut, menggantikan yang rontok. Hair tonic yang terbukti baik seperti HG Shampoo 2 in 1 and Tonic for Women, yang juga bagus digunakan oleh kita yang berhijab,. Juga untuk anda yang sering menggunakan treatment pada rambut seperti yang disebutkan tadi. Untuk penggunaan setelah merawat rambut dengan bahan-bahan tradisional tadi juga bisa kok dengan produk HG Shampoo 2 in 1 and Tonic for Women. Atau bisa pakai HG Shampoo and Hair Tonic yang direkomendasikan untuk kaum cowok.

hg3

Cowok Botak? Ihhh, malesss bangeeet

hg5

Begitu mungkin pikiran yang terlintas kalau melihat cowok masih muda tapi sudah botak. Ya, bagi cowok muda yang masih jauuuh dari usia opa-opa, kebotakan merupakan masalah yang sama bikin galaunya kayak masalah cewek yang mengalami kerontokan rambut.
Yuk, kenali penyebabnya sekaligus pencegahannya….

1. Stress
Stres bisa menyebabkan kebotakan laki-laki di usia muda, stres kronis akan mengacaukan sekaligus menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon-hormon yang mengakibatkan penipisan rambut.

2. Kekurangan nutrisi
Kurang asupan protein membuat tubuh menyimpan protein yang tersedia untuk keperluan lain sehingga membuat rambut kehilangan nutrisinya. Nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan rambut, hubungan antara makanan dan rambut cukup sederhana. Rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, sehingga sangat penting menyertakan protein yang cukup dalam menu makan sehari-hari.

3. Gejala Penyakit
Kebotakan bisa terjadi karena gejala suatu penyakit, ALS adalah penyakit pada sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang yang mengontrol gerakan otot.

4. Merokok
Nikotin yang terkandung dalam rokok bisa mempersempit pembuluh darah, sehingga mengurangi pertumbuhan rambut dan mengurangi nutrisi untuk rambut.

5. Minum-minuman beralkohol
Alkohol bisa menyerap zat besi di dalam tubuh dan menghambat penyerapan zinc. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi dan menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting. Karena seperempat rambut mengandung air, alkohol yang berlebihan akan selalu membuatnya rapuh.

Pencegahan :

1. Kenali terlebih dahulu apakah memiliki bakat untuk mengalami botak, selain itu apakah ada faktor luar yang bisa membuat resiko menjadi botak.
2. Perawatan rambut yang teratur dan dengan produk yang tepat, misalnya shampoo, conditioner, creambath, hair tonic, hair spa.
3. Nutrisi sangat penting dalam menunjang rambut sehat, beberapa diantaranya adalah zat besi, vitamin B1, asam PanAminoBenzolac (PABA), kalsium D pantotenat (provitamin B5), asam folat dan zinc.

Tuh kan, penggunaan shampoo dan conditioner yang pas juga sangat disarankan. Yuk, bapak-bapak, mas-mas, abang-abang, rambutnya dirawat juga dengan shampoo dan conditioner yang tepat, selain menghindari penyebab kebotakannya. Coba deh pakai HG Shampoo and Conditioner.
Nah, kalau bapak-bapak, mas-mas dan abang-abang pada males beli, ya tugas ibu-ibu, mbak-mbak, dan adik-adik nih yang nguplek supermarket atau minimarket. Sekarang produk-produk HG sudah tersebar di hampir seluruh jaringan supermarket kok.
Cegah kerontokan dan kebotakan semampu kita. Rambut juga amanah Tuhan untuk kita pelihara dan rawat sebaik-baiknya.
Referensi :
http://halosehat.com/gaya-hidup/gaya-hidup-buruk/penyebab-rambut-rontok/
http://doktersehat.com/penyebab-kebotakan-di-usia-muda/

 

GDN-HG-Blog-Contest-Square-250-x-250

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in beauty, lifestyle, Lomba blog, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Rambut Rontok Menuju Botak, Enggak Banget Deh

  1. Kelly says:

    info yang sangat menarik, sepertinya harus dicoba 🙂 ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s