Belanja Online Lebih Aman dengan BNI Debit Online

Pernah enggak mendadak harus beli sesuatu dan giliran sudah ketemu Toko Online-nya malah ribet dan ternyata metode pembayarannya bikin enggak tenang? Atau anda sedang dalam masa membuat semua tagihan kartu kredit menjadi minimal atau bahkan 0? Sedang ingin menutup kartu kredit tapi juga enggak mau repot pakai uang tunai?
Nah, saya mengalami ketiganya. Bahkan sampai sekarang saya sedapat mungkin menolak mengajukan aplikasi kartu kredit baru. Saya sekarang sudah tidak menggunakan kartu kredit lagi. Apa alasannya? Nanti deh kapan-kapan saya cerita ya.
Yang jelas fase peralihan dari terbiasa gesek dan belanja online dengan kartu kredit menjadi tidak menggunakan sama sekali itu juga perlu penyesuaian. Yang penting memang sikap mental dan disiplin bahwa saya tidak boleh pakai kartu kredit lagi untuk alasan apapun kecuali sangat terpaksa.
Tapi zaman gini hari semua pembayaran memang sedang diupayakan melalui uang nontunai. Iya, memang. Jadi kartu kredit yang telah ditutup harus ada gantinya,. Bukan dengan kartu kredit lagi, itu mah sama saja dari lubang yang satu kejebur ke lubang yang lain. Tersesat di lubang yang salah terus dong.
Bagi emak-emak pemburu diskonan di toko online ini seakan merupakan masalah baru yang timbul setelah enggak pakai kartu kredit ya.
Tenaaang, ada pengganti kartu kredit yang penggunaannya sama mudahnya dan sama amannya. Tapi dia tidak menagihkan biaya belanja kita kepada kita di setiap bulannya. Enggak ada tagihan yang bikin mules perut. Semua biaya belanja kita langsung didebit dari rekening kita at the real time, enggak pakai nanti-nanti. Namanya Kartu Debit BNI Online. Ini kemudahan yang didapatkan oleh para nasabah BNI seperti saiyyaaa….
Jadi syaratnya memang kita harus jadi nasabah BNI dulu, bisa dengan membuka rekening tabungan atau giro di BNI terdekat. Saya sih sudah lamaaaa banget jadi nasabah BNI, buku tabungannya juga sudah ganti beberapa kali. Terus bikin deh tuh kartu debit BNI yang berlogo MasterCard. Enggak mahal kok biayanya, cepat lagi prosesnya. Setelah itu masih ada satu hal yang harus dilakukan yaitu registrasi BNI SMS Banking (financial dan non financial). Sudah? Ya sudah. Berarti kita bisa tuh melakukan transaksi online dengan BNI Debit Card kita. Ahseeek.
Mari kita meluncur ke Lazada. Waaah, banyak bener yang pingin kita beli ya. Ingat lhooo, Bunda, beli sesuai dengan kebutuhan dan keadaan keuangan kita. Syukurlah kita belanjanya pakai BNI Debit Card, jadi enggak bakal bikin saldo tabungan nol.

bni 1.PNG
Terus gimana sih cara belanja online dengan BNI Debit Card-nya?
1. Setelah memilih barang, pilih ‘add to cart’ dan lakukan proses check out.
2. Pilih metode pembayaran dengan BNI Debit Online pada kelompok MasterCard
3. Lakukan proses request VCN kayak gini:
a. Ketik req (spasi) VCN (spasi) nominal kirim ke BNI SMS Banking 3346.
b. Anda akan dapat balasan dari BNI SMS Banking berupa perintah mengetik 2 digit secara acak sesuai nomor PIN.
c. Anda akan mendapatkan status notifikasi request BNI Debit Online melalui SMS Banking berupa nomor kartu visual (VCN = Visual Card Number) yang terdiri dari 16 digit, masa berlaku kartu (bulan/tahun), dan 3 digit nomor CVC2 yang merupakan sejenis kode pengaman.

bni 2
4. Anda tinggal memasukkan data-data tersebut sesuai notifikasi status tadi di kolom yang tersedia pada menu pembayaran di Lazada.
5. Klik ‘submit’ dan ‘pay’ untuk verifikasi transaksi.
6. Jika proses pembayaran sudah berhasil, anda akan segera menerima notifikasi transaksi dari Lazada atau toko online yang anda kunjungi.

bni 3.PNG

Mudaaah dan aman, sama dengan menggunakan kartu kredit, tapi yang ini bebasss tagihan yang bikin syakitnyaaa tuh di siniii….
Menurut saya sih, paling tidak ada enam keuntungannya menggunakan BNI Online Debit Card ini, yaitu :
1. Aman, rahasia, dan terhindar dari penipuan, dengan adanya VCN dan CVC2 ini saja membuktikan adanya pengamanan berlapis dari pihak BNI. Kode-kode pada VCN dan CVC2 ini juga sifatnya rahasia sehingga tidak bisa dijadikan alat penipuan.
2. Mudah sekali cara mengaktivasinya, juga cepat dan tidak memakan waktu lama.
3. Tidak butuh token dan alatnya. Masalah banget soalnya buat orang pelupa kayak saya, bisa ketinggalan melulu alatnya itu.
4. Tidak perlu ke ATM untuk melakukan transaksi. Lagi sibuk, hujan, atau mager alias males gerak juga bisaaa. Tinggal sms Banking toh?
5. Kita dapat mengatur dan mengendalikan dengan mudah pengeluaran kita. Dengan sistem debit card dan kode request yang kita kirimkan saat meminta VCN itu caranya. Jadi kode nominal yang kita kirim ke 3346 itu adalah sejumlah nominal yang akan kita belanjakan.
6. Murah biaya aktivasinya, sama dengan biaya sekali sms.

 

Selaku nasabah lamaaa BNI (jiaaah saking lamanyaaa…. ), sudah lebih dari sepuluh tahun nih, saya senang sekali dengan adanya layanan BNI Online Debit Card ini, tapiii ada beberapa masukan dari saya, yaitu:
1. Tolong diperbanyak online store yang bekerjasama dengan layanan ini, jadi makin banyak kemudahan yang kami dapat sebagai nasabah.
2. Tolong diadakan program seru dan lucu semisal Member get Member, Special Discount, Midnight Sale, Shopping Spree Seasons, dan aneka kuis atau lomba. Maklumlah saya hantu lomba.
3. Lebih mudah lagi jika BNI Online Debit Card ini menggunakan aplikasi tertentu berbasis Android, Windows, iOS, dan Blackberry, jadi enggak pakai sms, rempong juga kalau enggak ada pulsa. Kan jadi enggak bisa sms.
4. Lebih cantik lagi kalau kita dapat semacam newsletter via email yang menginformasikan merchant-merchant dan toko online mana yang bekerjasama dengan BNI Online Debit Card ini.
5. Paalingg toppnya kalau penggunaan layanan ini bisa menjangkau transaksi online di luar negeri misal dengan Amazon, atau beli buku di penerbit dan toko buku online di luar negeri.
Yaa demikianlah saran dan masukan dari nasabah banyak mau kayak saya. Tapi betul lho, bisa dipertimbangkan karena pasti banyak yang setuju sama saya. Iya kan?
Ini saja sudah bikin saya makin senang menggunakan produk BNI. Selamat ulang tahun ke 69 ya BNI tercinta…. Makin maju seiring perkembangan zaman demi kepuasan nasabah dan pelayanan untuk negeri.

bni banner

 

Ilustrasi dari blog.lazada.co.id

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in banking, lifestyle, lomba blog, Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s