Fokus, Semangat, Setia…Cuma itu Kok…

Pas banget kayaknya nulis tema ini, di siang panas, selesai ‘liputan mandiri’ untuk bahan tulisan di blog, menerima berita kekalahan lagi dan lagi di beberapa lomba blog dan lomba menulis. Ahseeek rasanya, semacam pedas-pedas manis gurih gitu. Terus nulis tema yang ini semacam hiburan yang menyejukkan jiwa … bener ini mah.

Ya, penulis dan blogger juga manusia. Punya rasa kecewa jika tulisannya ditolak penerbit, ditolak media cetak atau media online, kalah di perlombaan atau semacamnya. Dan di luar sana, kehidupan terus berputar seperti roda. Ada masanya tulisan kita bahkan belum selesai juga sudah ditarik-tarik penerbit mau diterbitkan segera. Ada masanya bahkan setelah lama tak berkabar, tulisan kita ditolak tanpa pesan dan kesan. Bahkan editornya di WA juga enggak balas-balas meski sudah centang dua warna biru. Hahaha… tumben curhat, bu.

Ah, enggak. Enggak sepenuhnya salah, maksudnya. Kekalahan dan ditolak itu biasa, Down dan sempat memutuskan ngambek dan mogok menulis itu biasa. Saya juga pernah begitu. Ngambek enggak mau nulis dan main mata alias selingkuh dengan profesi lain yang juga termasuk passion nomor kesekianku. Tapi enggak bisa lama. Saya tetap enggak bisa move on dari menulis. Jadi? Bye bye ‘pekerjaan yang di sana’, balik lagi saya bersetia dengan netbook, mengulik naskah demi naskah, mengirimi penerbit demi penerbit, mengikuti lomba demi lomba.

Foto dari http://www.luwuraya.net/wp-content/uploads/2014/01/penulis-konten.jpg

Hasilnya? Saya merasa makin produktif menulis selama tiga bulan belakangan ini, sungguh mencoba enggak peduli dengan penolakan demi penolakan dan kekalahan demi kekalahan. Kenapa? Karena hanya kerinduan bermain dengan aksara-lah yang mampu membuat semangat saya terpacu lagi untuk menulis, menulis apa saja, dimana saja, dan kapan saja.

Semangat ini muncul setiap kali rasa rindu menuliskan apa saja yang ingin saya tulis timbul. Semangat karena rasa rindu. Rindu ingin membagikan nilai-nilai kebaikan dan informasi yang saya punya ini kepada siapapun pembaca tulisan saya. Dengan semangat ini, saya menjadi lebih focus menulis, focus mengejar semua impian saya dengan dan lewat menulis. Dengan semangat ini juga saya lebih setia menulis, enggak mengerjakan pekerjaan lain kecuali jika pekerjaan itu ujung-ujungnya nulis juga.

Jadi bagi saya, yang menyemangati saya menulis dan ngeblog adalah mimpi besar saya untuk membahagiakan banyak orang dengan tulisan dan hasil menulis saya, kerinduan saya untuk berbagi, semangat saya untuk menuliskan semua yang saya tahu, dan kesetian saya kepada profesi penulis dan blogger itu sendiri. Saya sedang belajar tahan pada penolakan dan kekalahan. Saya jadi ingat sahabat saya, Naqiyyah Syam yang bilang, “Siapa yang rajin menanam nanti akan banyak memanen”. Filosofi petani yang sayaaaa banget.

Sejatinya saya adalah si kecil pembelajar yang setia. Untuk pembelajaran itulah, saya selalu tak bosan mengunjungi blog-blog para sahabat ini, yang tak habis saya ambil hikmahnya dan manfaatnya yang bertebaran…, thank you…

Jeung Afifah Afra

Jeung Naqiyyah Syam

Om Koko Nata

Kang Arul

Kang Benny Rhamdani

Kang Alee Muakhir

Bu Sinta Yudisia

Jeung Santy Musa

Jeung Riawani Elyta

Jeung Ade Anita

Bu Eni Martini

bu Leyla Hana

Bu Kanianingsih

Jeung Winda Krisnadefa sang Emak Gaoel

Mbak Wiek Wylvera Windayana

Jeung Fita Chakra

Mami Ubii aka Mbak Geess

Jeung Anne Adzkia

Kak Injul Indah Juli

Mbak Evrina SP

Jeung Echa

Jeung Myra Anastasia

Jeung Mira Sahid

Jeung Muna Sungkar

Mbak Indah Nuria Savitri

Jeung Ophi Ziadah

Mbak Arin Murtiyarini

Jeung Gembul Gustyanita

Mbak Liswanti Pertiwi

Teh Shintaries Nijerinda

Mbak Haya Aliya Zaki

Teh Langit Amaravati

Teh Yasinta Astuti

Dik Efi Fitriyyah

Mbak Luckty GS

Mbak Sulis Kubikel Romance

Bu Nadia Meutia

Bu Dini Shanti

Bubu Sharah Saleh Sugarda

Dan masiiih banyaaak lagiii…. Coba deh teman-teman juga mengunjungi blog yang saya tulis di atas, pasti bikin semangkaaa eh semangaaat bener untuk menulis dan berbagi kebaikan. Cabcuss dunnk…

Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway Bulanan www.aprijanti.com

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Lomba blog, menulis and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Fokus, Semangat, Setia…Cuma itu Kok…

  1. aprieJ says:

    Iya mbak, sedih memang kalau udah centang dua biru tapi enggak dibalas. 😦
    Tapi semoga penolakan-penolakan itu tak menyurutkan hobi menulis blog kita, yah..

  2. aprieJ says:

    Niat yang baik pasti akan tersampaikan ke pembacanya. Semangat terus nulisnya ya, Mbak..! 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s