Pemuda Indonesia Wajib Tahu Lagu Daerahnya

Masih hafal kan teks Sumpah Pemuda? Ada enggak di teks Sumpah Pemuda, kami putra putri Indonesia wajib menghafal lagu daerah? Enggak ada, memang. Tapi ada kalimat yang berbunyi, kami putra dan putri Indonesia berbangsa satu, bangsa Indonesia. Artinya? Kita wajib bangga jadi bangsa Indonesia. Oke sip.

Salah satu ciri bangga jadi bangsa Indonesia adalah bangga pada budayanya, Budaya Indonesia. Yang namanya Budaya Indonesia itu banyaaak ragam dan macamnya. Dari mulai bentuk rumah adat, sistem masyarakat dan keluarga, makanan dan minuman khas, motif tekstil, bahasa daerah, tarian, hingga nyanyian atau lagu daerah. Jumlah provinsi yang 34 itu bukan berarti pula hanya ada 34 cabang kebudayaan Indonesia. Setiap provinsi bisa memiliki ratusan kebudayaan, ribuan kesenian dan upacara daerah, ratusan ribu kuliner khas, dan seterusnya. Macam ragam kebudayaan itu juga tidak semuanya masih dikenali sekarang ini. Banyak yang hampir punah atau bahkan sudah tidak ada lagi, tergerus zaman.

Sebagai pemuda Indonesia yang katanya kekinian, justru seharusnya banyak lagi belajar dari sejarah dan budaya Indonesia. Terutama biar tidak menjadi generasi tanpa kampung halaman. Coba kita mulai dari … apa ya? Lagu daerah, oke?

Banyak diantara kita yang bahkan tidak tahu lagu daerah asalnya masing-masing. Jangankan artinya, judulnya saja tidak tahu. Kalah deh sama referensi lagu pop Indonesia atau barat. Memang penting ya, mengenal lagu daerah masing-masing?

Penting bangeeet. Banyak yang bisa kita ambil manfaatnya dari mengenal dan kalau bisa sih, memahami lagu daerah masing-masing, diantaranya

  1. Untuk mengenal bahasa daerah masing-masing sebagai bagian dari Budaya Indonesia.
  2. Untuk mempererat ikatan batin dengan kampung halaman tempat kita dan nenek moyang kita berasal.
  3. Untuk dapat mengambil banyak nilai kearifan local yang berguna sebagai filosofi kehidupan kita.
  4. Untuk melestarikan Budaya Indonesia hingga sampai ke generasi-generasi selanjutnya.
  5. Untuk menambah kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.
  6. Untuk digunakan sebagai sarana memperkenalkan Budaya Indonesia kepada seluruh masyarakat Internasional.
  7. Untuk memperkaya wawasan music kita sendiri dong, kan lagu daerah itu nada dan iramanya khas, apa ya namanya, pentatonic bukan?

Baru-baru ini Sobat Budaya meluncurkan berbagai program untuk menjadikan Budaya Indonesia lebih terdata dan dapat dilestraikan dengan baik. Coba deh kunjungi web nya di SINI. Ada yang namanya Gerakan Sejuta Data Budaya, yang tagline-nya “Bersama lindungi budaya tradisi dengan cara yang tidak tradisional”. Ada empat pilar gerakan ini yaitu Perpustakaan, Penelitian, Perlindungan, dan Inovasi. Kegiatannya antara lain adalah mengadakan crowdsourcing, ekspedisi, data mining, dan membuat jejaring (komunitas). Keren banget kaaan? Tentu gerakan ini juga mencakup lagu-lagu tradisional atau lagu-lagu daerah Indonesia.

Selain itu, bersamaan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang baru lalu, Sobat Budaya juga meluncurkan sebuah aplikasi berbasis Android, Blackberry, dan iOS Apple, yang bernama IndoMuse, yang menyediakan macam-macam lagu daerah. Pada dasarnya ini merupakan aplikasi peta geometris dari lagu-lagu tradisional Indonesia. Instrumen yang disajikan masih berupa minus one, dan masih belum ada liriknya. Tapi seiring waktu, segera akan ditambah dan diperbaiki content-nya. Yuk install yaaa.

Eh satu laagiii… kalau beli CD atau DVD lagu tradisional Indonesia, beli yang asli ya… jangan sekali-kali beli bajakan. Kalau masih beli bajakan berarti anda itu enggak nasionalis, pelit, dan kejam pula. Setuju?

sobud

Tampilan IndoMuse di Apps Store

sobud2

Tuuh IndoMuse-nya sudah installed

lomba-blog-SB

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in culture, lifestyle, Lomba blog and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Pemuda Indonesia Wajib Tahu Lagu Daerahnya

  1. mysukmana says:

    Bengawan solo klo disini.sy hafal haha

  2. yantist says:

    Saya tahu dunk mbak lagu daerah kalsel. Ada paris barantai, ampar2 pisang, dll 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s