Metode Mama Papa Bikin Anak Fun Belajar Baca Al Quran

Seperti sudah saya janjikan kemarin di SINI , sekarang waktunya saya perkenalkan metode Mama Papa, cara asyik belajar Al Quran hasil inovasi Ustadz Muhammad Taslim. Metode ini diharapkan bisa membantu kaum muslim, terutama anak-anak, untuk belajar baca hingga lancar Al Qurannya dalam waktu 3 jam efektif.

mama papa1

Jadi, ceritanya suami saya mulai mengajarkan metode ini kepada si bungsu Bebeb yang berusia 4 tahun. Mulai dengan halaman pertama yang bergambar rumah. Di rumah ada siapa, Beb? Ada Mama (anak-anak biasanya kan menyebut ibunya lebih dulu kalau menyangkut urusan rumah….wkwkwkw), Papa, Kakak dan Saya. Nah…

mama papa3

Masuk ke halaman berikut. Lihat gambar rumah yang ada huruf-huruf hijaiyyah nya ya. Dari situ anak diajarkan mengenal 7 huruf. Cepat ternyata. Bebeb sudah membuktikan. Kami mengulang sebanyak 2 kali pertemuan @10 menit sehingga Bebeb lancar menyebut dan mengenali ketujuh huruf tersebut.

mama papa4

mama papa2

Jadi metode dasarnya adalah bercerita dengan cerita yang menarik dan gampang diingat oleh anak, dari situ dihubungkan dengan huruf hijaiyah yang terkait dengan kata yang disebut dalam cerita. Dalam ilmu pendidikan ini disebut metode asosiasi atau menghubungkan.

Nah, di dalam buku penuntun yang Cuma satu jilid ini ada beberapa cerita sesuai dengan tahapan perkembangan kemajuan anak. Misalnya kisah Nabi Adam as, Nabi Ibrahim as, dan Nabi Muhammad saw. Saya secara pribadi fun banget menelisik bukunya. Apalagi Bebeb yang sekarang mengklaim buku Mama Papa itu sebagai ‘Buku Ngaji Bebeb’.

Bunda dan Panda mau anak-anak tercinta semangat mengenal dan belajar membaca Al Quran? Yuk ajari mereka dengan metode ini. Enggak hanya belajar kenal dan baca Al Quran, tapi mereka juga diajari mengenal kisah tiga Nabi sejak usia dini. Apalagi tampilan bukunya juga menarik, hurufnya gede-gede. Kertasnya yang art paper juga enggak mudah robek atau basah. Cocok sekali deh buat yang anaknya enggak mau diam kayak Bebeb-ku ini.

Terus kalau mau pesan bukunya gimana? Bisa kok, ke SINI aja. Ikutan trainingnya juga lebih sip lagi, jadi kita belajar terus langsung mempraktekkan. Anak-anak shaleh dan shalehah yang rajin membaca Al Quran, mengkaji dan kemudian menghafalkan dan mengamalkannya adalah permata hati, penyejuk mata orang tuanya, dunia akhirat.

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in buku, education, inspirasi, islamic, life, review and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Metode Mama Papa Bikin Anak Fun Belajar Baca Al Quran

  1. mysukmana says:

    Islam harus dipelajari sejak dini.biar kuat pondasinya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s