Ini Nih Sosial Media Yang Harus Dipegang Oleh Seorang Penulis

ni yaaa kayaknya sudah lamaaa banget pingin nulis tentang yang satu ini. Kok yaaa belum sempat-sempat juga. Sekarang saya sempatkan berhubung yang bertanya sudah tidak kehitung jumlahnya. Sosial media apa saja yang harus ‘dipegang’ oleh seorang penulis yang juga pebisnis?

Ah, saya enggak bisnis, mbak, saya nulis doang. Ya sama. Zaman sekarang hampir semua profesi mandiri harus dibarengi bisnis. Terutama selling your product. Salah satu caranya adalah melalui iklan. Ya bikin iklan sendiri. Kalau anda tidak beriklan, siapa yang tahu anda menulis? Siapa yang tahu anda menerbitkan buku baru, atau tulisan anda dimuat di majalah X, atau blog anda isinya ini dan itu? Enggak mungkin tulisan anda menyasar segmennya sendiri kalau anda tidak bantu promo dan menjualnya sekaligus dengan promo tersebut. Buku baru anda di toko buku, paling lama hanya bertahan 6 bulan di meja display, setelah itu? Padahal dalam masa itu, belum tentu sudah laku terjual atau habis.

Zaman gini hari, wajib banget hukumnya seorang penulis beriklan dengan media social. Gratis kok kalau enggak mau pakai yang berbayar. Gimana caranya? Pegang media-media social ini, dengan cara aktif dan berinteraksi dengan semua yang ada di sana. Rajin menyapa dan mengunjungi balik, rajin update. Dan dari semua media ini, konten adalah raja. Artinya kalau anda enggak bisa atau enggak kreatif bikin konten, ya sama aja bolong, enggak ada atau sedikit yang lirik.

Beberapa social media itu diantaranya adalah :

  1. Facebook, Twitter, Google plus yang berisi update info terbaru tentang diri anda dan produk yang anda hasilkan. Tidak perlu setiap kegiatan di update lah, jadi keseringan juga nyebelin. Sekitar 3-5 status perhari boleh. Yang penting no ngomel, maki-maki, komen negative, melloyellow berlebihan. Atau ngajak debat/berantem sama orang lain.
  2. Instagram, Path, Muzy, PicMix, (pilih satu atau semuanya) untuk merekam momen atau foto-foto berikut narasi singkat tentang diri anda dan product anda.
  3. LinkedIn, atau SkillPages untuk memudahkan pihak calon klien anda mengetahui update informasi yang berkaitan dengan profesi anda. Misalnya tentang kemampuan anda menulis memoir, menerjemahkan, mengedit dll.
  4. Blog atau web. Blog yang gratisan enggak apa-apa kok asal dipelihara dengan baik, ditata dengan manis. Enggak usah terlalu pusing dengan segala Alexa Rank, DA, niche blog dll yang ribet itu. Bagusin konten aja dulu. Rajin update tiap hari atau maksimal tiga hari sekali. Buat interaksi dengan pengunjung.
  5. Blog atau portal milik komunitas. Ini juga penting banget, sama pentingnya dengan blog pribadi, untuk jadi sarana pembangun dan pemelihara branding anda, disamping buat sarana memperkenalkan tulisan sebagai produk anda. Contohnya Kompasiana, Blog Detik, Blog Viva, Femina online. Nutrisi untuk Bangsa, Aku Cinta Keuangan Syariah, Bisnis.com dll.
  6. Channel komunikasi personal atau grup, bisa melalui BBM, WA, Telegram, WeChat, Line, ChatOn, Kakao, bahkan Skype atau Facetime. Ini untuk menjalin komunikasi yang intens dengan pembaca atau klien. SMS sih tetep dipertahankan ya monggo,
  7. Channel komunikasi online sejenis Hangout, Messenger, YM, dan Messenger-nya Hotmail (Sekarang namanya IM ya?), yang memungkinkan anda mudah diakses jika pembaca atau klien membutuhkan anda segera.
  8. Sosial media perbukuan atau penulisan seperti Goodreads dan Wattpad, supaya anda tetap update dengan dunia perbukuan dan penulisan.
  9. Sosial media penunjang yang lain, seperti Pinterest, Foursquare, Foodpanda, OpenRice dan Opensnap, Snapchat, Ask.fm dll, supaya lebih kekiniaaan ini mah.

Ini semuaaa ya, paling bisaaa banget dijalankan dengan gadget smartphone berbasis Android. Kenapa? Coba lihat deh di PlayStore atau di GalaxyApps (kalau yang pakai smartphone Samsung seri Galaxy)…ya ampun ya semua yang saya sebutkan tadi, ada dan bisa langsung diinstall for free. Disamping itu, android memungkinkan anda bisa me-manage semua social media itu dalam satu genggaman, kapan saja dan dimana saja. Enggak kudu nenteng-nenteng netbook apalagi PC. Android juga relative lebih kompatibel dalam menjalankan fungsi-fungsi semua aplikasi tadi ketimbang jenis lain. Ya enggak usah disebutin ya.

Jadi dengan memakai smartphone Android yang pakai OS minimal KitKat saja, anda sudah bisa optimal banget itu ‘pegang’ social media sambil terus berkarya.

Satu lagi, masalah jaringan internet juga penting banget untuk social media strategist sendirian kayak kita (enggak punya asisten khusus masalah itu soalnya). Kenapa? Ya iyalah, kerjaan kita sangat tergantung pada kecepatan jaringan internet. Dimanapun. Jadi syarat jaringan internet yang harus kita miliki adalah cepat dan ‘coverage area’nya luas. Ada beberapa yang saya gunakan, tapi mostly, saya pakai Telkomsel. Ya itu tadi keunggulannya, jaringan internetnya relative cepat, dan bisa tetap ber-sinyal di manapun. Saya pakai Telkomsel bahkan sejak pertama kali punya hape segede gaban yang bisa buat nimpuk orang jahat, sekitar tahun 1996. Setia ya? Iyalah, enggak bisa move on karena keunggulannya tadi itu.

Yuk, baraya penulis, let’s rock dengan menguasai dan menggunakan social media secara efektif dan efisien. Sayang kan android-nya canggih dan Telkomsel-nya larinya wuss wuss eh hanya dipakai curhat melloyellow di twitter atau fb, atau dipakai main Dragon City sama Criminal Case… wkwkwkw….

Yuk biar tambah smart dan wise menggunakan social media, nonton yang ini dulu. Jangan lupa ya, pilih gadget yang mampu secara optimal memegang semua fungsi sosial media, yaitu smartphone berbasis Android, dan gunakan jaringan internet yang palinggg depan, Telkomsel. yes…

Pake sosmed? Bijak atuh Brooo

Book trailer nya buku Fikih Gaul karya suamiku, ini bikinnya pake android dengan jaringan Telkomsel lho. Editing dan finishing baru pake netbook. Modemnya ya tetap pake Telkomsel 🙂

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in lifestyle, Lomba blog, menulis and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Ini Nih Sosial Media Yang Harus Dipegang Oleh Seorang Penulis

  1. Wah, boleh nih, dapet tambahan wawasan baru lagi, Goodreads dan Wattpad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s