Gramedia Part of My World

Bagi saya, destinasi pertama saya ke sebuah mall harus mengunjungi toko buku. Dan toko buku apa sih yang hampir pasti ada di setiap mall? Ya Gramedia. Otomatis, saya memang fans beratnya jaringan toko buku terbesar di tanah air itu. Kalau dua minggu saja enggak ketemu Gramedia, rasanya hampa hidup ini. Halaaah, lebay….

Eh tapi beneran lho. Setiap kali menemukan Gramedia di sebuah mall, langsung berasa kayak di rumah sendiri, asyik sendiri tenggelam di antara lautan buku. Tak kurang dari Gramedia Cinere Mall, Pondok Indah Mall 1, Depok, Pejaten Village, Grand Indonesia, dan Matraman adalah Gramedia yang paling sering saya datangi. Segitu cintanya saya sama Gramedia ya?

Ya iyalah. Sebagai seorang penulis, saya selalu butuh berkunjung ke Gramedia, paling tidak untuk empat tujuan:

Pertama, sebagai sarana memantau pemasaran dan penyerapan buku-buku karya saya. Saya baru menghasilkan 42 buku dari berbagai genre, terutama novel, selalu menjadikan Gramedia sebagai barometer laris tidaknya buku saya, bagus tidaknya serapan pasarnya. Paling seneeeng kalau baru cetak terus sudah kosong dan banyak yang Tanya. Tapi sedihnya, baru tiga bulan masuk Gramedia, eh sudah retur. Di sini saya kadang merasa sedih…. Dan setiap melihat buku-buku lama saya dibanting harga dengan semurah-murahnya…. Syakitnyaaa tuh di siniii…. Hehehe tapi demikianlah siklus hidup, eh siklus pemasaran buku, ya kan?

buku1

buku 2

Sebagian penampakan buku-buku saya di Gramed, yg judulnya Home dan Simply Love yaaa….. *dadah dadah cantik*

Kedua, sebagai tempat window shopping sekaligus book shopping untuk buku-buku yang saya butuhkan sebagai bahan referensi menulis. Lengkap yaaa. Kadang juga sebagai bahan riset pasar tentang buku-buku dengan tema apa yang lagi nge-heitsss di kalangan pembaca. Ini yang bikin saya tiap minggu merasa harus memantau pasar perbukuan di Gramedia.

Ketiga, sebagai tempat membeli alat tulis, DVD, dan segala macam alat penunjang pekerjaan saya menulis. Gramedia lengkapppp bangeeet. Dan di sini kadang timbul masalah, yaitu kalau saya datangnya bareng sama anak-anak saya. Setelah memborong buku, mereka cuci mata, cuci dompet emaknya pula di bagian alat-alat tulis dan mainan. Setelah dilengkapi dengan acara ngambek dan ngadat, akhirnya mereka sukses membawa pulang tas belanjaan yang lumayan gede, sementara dompet emaknya licin dan tipis, enggak ada seksi-seksinya lagi.

Keempat, sebagai tempat jumpa fans pembaca. Di Gramedia, sering secara tidak sengaja ketemu penggemar pembaca yang kok ya bisa-bisanya mengenali penampakan saya. Tak jarang ada yang lebay histeris kayak saya ini binatang bintang film sekelas Raline Shah, Laudya Cintya Bella, atau Cinta Laura. Hadeeeuhhh. Ini yang suka bikin saya maluuuuu banget sama mbaknya dan masnya yang jaga toko, dan pak satpamnya. Takut juga kalau-kalau mereka jadi ikut ngefans dan rebutan minta foto selpi sukaesih bareng. Untunglah ini belum pernah terjadi.

Demikian penting arti Gramedia bagi saya, bahkan sama pentingnya dengan café tempat nyari colokan dan wifi gratisan untuk numpang kerja ngetik di mall. Hehehe…. Harapan saya sih, Gramedia membuka tokonya di semua mall di Indonesia. Ini pasti sangat membantu bagi penulis cantik seperti saya. Bukan begitu? Bukaaan…eh iyaaa.

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in buku, karya saya, lifestyle and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Gramedia Part of My World

  1. LareSabin says:

    Setuju banget. Setiap melewati toko buku, selalu ada rasa penasaran untuk masuk. Meski sebenernya tidak ada rencana – juga tidak ada anggaran – untuk membeli buku hehehe… Ada rasa senang melihat buku-buku yang baru terbit. Rasa senang tahu tema-teman yang lagi aktual. Kadang dapat inspirasi juga di toko buka.

  2. sukses ya mbk, baru tahu ada lomba ini

  3. yantist says:

    Ketemu mbak Ifa juga pertama di Gramedia PIM. Mau ikutan juga ah… 😀

Leave a Reply

