Jeny Tjahyawati Fashion Designer Busana Muslimah di FCC 2015

Perkembangan busana muslimah sekarang kian pesat. Aneka model serta corak warna memberikan banyak alternative bagi kaum muslimah untuk semakin tampil manis dan elegan, tetap menutup auratnya, tapi tetap juga dapat mengikuti perkembangan mode. Hal ini ditunjang oleh semakin banyaknya dan semakin kreatifnya para fashion designer busana muslimah yang mengakomodir kebutuhan dan selera kaum muslimah untuk tetap berhijab anggun dan mengikuti perkembangan mode.

Salah satunya adalah Jeny Tjahyawati, seorang fashion designer yang telah sepuluh tahun konsisiten menekuni dunia merancang busana khusus untuk muslimah. Perempuan penyuka travelling ini mengaku saking asyiknya mengikuti perkembangan mode di tanah air dan dunia, sehingga ia baru menyelesaikan kuliah strata satunya di IKJ setelah dua puluh lima tahun lulus dari Diplomanya di ASRIDE ISWI Jakarta. Selulus kuliah dia tak langsung menjadi desainer, melainkan sempat bekerja di sebuah department store ternama. Ia memulai merancang busana muslimah di bawah label namanya sendiri, setelah tahun 2004 ia memenangkan perlombaan desain busana muslimah. Ternyata di sinilah passion utamanya.

Ciri khas rancangan busananya adalah selalu menempatkan pola-pola desain unik dan tak lazim dalam sentuhan busana muslimahnya. Ini yang membuatnya mudah dikenali. Lalu apakah ia tidak bosan merancang busana muslimah?

Ia justru semakin bersemangat berkarya, setelah mengajak mahasiswa-mahasiswi yang magang di tempatnya, untuk bersama-sama mewujudkan desain baru. Ia merasa dengan begitu, idenya semakin banyak mengalir. Buktinya, ia sudah memamerkan hasil rancangannya di mancanegara seperti di Bangkok, Paris, dan Shanghai.

jeny

Saat inipun ia tengah dalam proses voting untuk menjadi Committee di ajang Fashion Internasional yang bergengsi, yaitu Fashion Crowd Challenge atau FCC 2015. Ini merupakan kompetisi global Desain Fashion dan Model  Indonesia 2015 di ajang internasional dan merupakan kesempatan Desainer Fashion Indonesia untuk Go International.

Jurinya siapa? Nah di sini uniknya kompetisi yang satu ini. Jurinya adalah crowd, jadiii… kita juga bisa ikutan vote. Yuk, ikutan vote desainer Indonesia yaaa. Salah satunya ya Jeny Tjahyawati ini. Caranya gimana? Coba lihat detailnya di penggerak National Campaign di Indonesia ya… Gampang kok, enggak pakai ribet.

Saya sebagai pengamat fashion, khususnya fashion untuk muslimah, merasa ini wajib banget kompetisi ini diikuti oleh desainer fashion Indonesia. Kenapa? Tentu sebagai ajang go International ya, selain juga sebagai sarana untuk memperkenalkan Indonesia yang sangat kaya dengan unsur-unsur desain fashion yang berakar dari kebudayaan lokalnya ke ranah dunia. Jadi membawa nama Negara dan bangsa, bukan hanya brand dari si desainer saja.

Terus manfaat bagi model dan pecinta fashion di Indonesia apa dong dengan mengikuti event ini? Bagi model jelas ya untuk go international dan membawa nama bangsa, juga untuk menambah jam terbang sebagai model. Jadi kalau belum bisa go international sekarang, ya hitung-hitung sebagai latihan menambah jam terbang untuk jalan di catwalk kan. Sedangkan bagi para pecinta fashion ini adalah sarana buat membantu memperkenalkan Indonesia dengan ikutan vote for Indonesian Fashion Designer. Selain itu juga buat menambah ilmu dan wawasan kita tentang fashion.

Seru dan bermanfaat banget kan? Yuk ah, yang berprofesi sebagai Fashion Designer, atau Model, ikutaaan. Kalau yang sekarang enggak keburu, moga-moga masih ada dong tahun depan. Nah, buat para pecinta fashion, jangan lupa vote-nya ya. Tinggal beberapa hari eh beberapa jam lagi lho. Buruan…. Jenny Tjahyawati menunggu dukungan kita…

Tidak mudah lho berjuang mengharumkan nama bangsa dan Negara di ajang international seperti ini. Jadi wajib kita dukung nih. Jangan hanya berani mengaku sebagai pecinta fashion, tapi malas untuk mendukung peranan desainer fashion kita di ajang bergengsi seperti ini. Apalagi kita juga tahu bahwa Jeny Tjahyawati juga menghasilkan rancangannya dengan keunikan yang jarang ditemui di karya-karya perancang dunia, yaitu dia merancang busana muslimah dengan garis pola yang unik, dan dianya sendiri berhijab lho., Ayo dukung kiprah muslimah supaya lebih mendunia. Jangan lupa yaaa, nanti keasyikan baca blog posting ini terus ketiduran….

Sekaraang… jangan tunggu besok pagi, ya mbak, mas… hehehe

logo-fcc-hitam-2015

fcc-poster

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in fashion, Lomba blog, muslimah and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s