Wisata di Lombok Bukan Hanya Senggigi Lho…

Ada yang pernah ke Taman Narmada dan Pura Lingsar?
Sama. Saya juga beluum. Tentu saja saya mauuu banget. Saya paling suka dengan wisata sejarah. Oh jadi itu salah satu obyek wisata sejarah ya? Tanya teman saya yang lagi baca blog ini.
Yes. Dan letaknya di Lombok. Salah satu destinasi wisata yang akhir-akhir ini sedang heitzzz banget.
Kok aku baru dengar ya? Tanya teman saya yang satu lagi.
Justru itu. Yang baru-baru dengar begini yang bikin penasaran. Baiklah. Saya juga samaaa penasarannya dengan teman-teman saya ini. Kami memang termasuk manusia jarang piknik tapi banyak keinginan. Kasihan ya? Jadi, diiringi semangat membara agar bisa pergi wisata ke Lombok dalam waktu dekat ini, saya langsung browsing deh tuh obyek-obyek wisata di Lombok. Ceritanya sihhh pingin banget ikutan World Travel Writer Gathering 2015 yang keren banget itu. Aamiin….
Dan ini dia hasil browsing-an saya plus Tanya-tanya sama teman yang memang sudah pernah ke Lombok, obyek wisata sejarah di Lombok …

Taman Narmada

taman narmada

photo by iwisataindonesia.com
Menurut ceritanya nih, taman ini dibangun pada tahun 1805 oleh Raja Mataram Lombok yang bernama Anak Agung Ngurah Karangasem. Sebentar… namanya berbau Bali ya? Iya lah, kan Lombok dan Bali budayanya serumpun. Tadinya taman ini dibangun sebagai tempat perayaan upacara Pakelem yang diadakan setiap purnama kelima tahun Caka. Selain itu, di sini juga tempat raja dan keluarganya beristirahat alias berlibur di musim panas eh… musim kemarau. Di Indonesia mah enggak ada musim panas kan, adanya juga musim kemarau. Nama Narmada merefer ke sebuah sungai suci di India dan konon sih, arsitektur taman ini meniru suasana di puncak Gunung Rinjani.
Di sini ada kolam yang memiliki kandungan mineral tinggi, jadi efeknya kalau berendam atau cuci muka di sini, segerrrr banget. Terus, katanya lagi nih, air kola mini dipercaya bikin awet muda. Ya, coba siapa itu yang kemarin curhat sama saya kalau dirinya berasa sudah tua banget. Ke sini aja yuk, siapa tahu kamu jadi muda lagi… unyu-unyu kembali.
Dulunya sih kola mini dipakai untuk mandi para selir raja. Sementara itu, Sang Raja beristirahat sambil melihat para selirnya mandi (astagah…) di Bale Mukedas atau Bale Agung. Di sini juga ada air mancur yang dinamai Pemuda Fountain yang airnya berasal dari Gunung Rinjani. Air mancur ini juga diyakini bisa bikin awet muda.
Selain itu, di kompleks ini juga terdapat Pura Kelasa yang biasa digunakan sebagai tempat berlangsungnya upacara Pujawali yang merupakan upacara penghormatan untuk Dewa Batara yang diyakini menempati puncak Gunung Rinjani. Jadi bangunannya juga dibuat seperti puncak Gunung Rinjani. Siap-siap manjaaaat deh ya. Undakan tangganya banyak betul soalnya. Oh iya, ini juga merupakan pura tertua di Lombok.

Pura Lingsar

pura-lingsar-lombok

photo by Karmatourbali.com
Terletak di desa Lingsar dan merupakan pura yang dianggap paling suci dan terbesar di Lombok. Dibangun pada tahun 1741 oleh Raja Anak Agung Kelut Karangasem yang memiliki keunikan yaitu merupakan gabungan antara budaya Hindu dan Islam Wetu Telu. Jadinya kompleks pura ini dibagi dua, di utara terdapat pura Hindu yang bernama Gaduh dan di selatan terdapat pura Weku Telu bernama Kemaliq. Oh iya kalau ke sini jangan lupa mengenakan selendang kuning di pinggang ya, sebagai tanda penghormatan.
Opss… jangan bawa sesajen dari hewan babi dan sapi. Kenapa? Karena ini tempat suci bagi umat muslim dan hindu, yang mengharamkan babi dan sapi untuk dimakan.
Di sini juga ada kolam yang dipercaya bisa membawa keberuntungan. Misalnya anda memancing terus dapat ikan tuna, nah itu berarti keberuntungan. Di dalam kolam itu konon ada ikan tuna besar yang panjangnya satu meter. Anda juga bisa melemparkan uang logam ke kolam, lalu balikkan badan segera dan berdoa. Aihh, ini boleh percaya boleh enggak lho.

Batu Bolong

Batu-Bolong-Lombok-Island

photo by xfilexplore.com
Di sini terdapat pura yang berdiri di atas karang yang menjorok ke laut. Cantik bangeeet. Kalau cuaca sedang cerah, dari sini kita bisa melihat Gunung Agung yang terdapat di Bali, bukan Gunung Agung yang di Kwitang lho ya.
Batu Bolong masih terletak di wilayah Pantai Senggigi, the famous beach itu, hanya sekitar setengah jam berjalan kaki. Konon kabarnya tempat ini dulunya adalah tempat pengorbanan perawan untuk diumpankan kepada ikan hiu. Hii… serem atuh. Versi lain mengatakan bahwa di tempat ini dulunya banyak gadis yang terjun ke laut untuk bunuh diri karena patah hati atau gagal move on. Aiiihhh….
Pura Batu Bolong ini terletak di sebelah barat laut kota Mataram. Pura Batu Bolong ini tepatnya ada di atas batu hitam pantai Senggigi yang memiliki lubang di tengah. Tempat ini sekilas mirip dengan Pura Tanah Lot di Bali yang juga menjorok ke laut. Di atas batu-batu besar itu terdapat dua candi/pura. Pura pertama terletak di bawah, dilingkungi pohon yang rindang, dan pura kedua terletak di atas batu dimana kita harus naik sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya.
Uniknya, kalau lebaran, banyak umat Islam yang menikmati hidangan lebaran khas Lombok seperti opor ayam, kue beras, dan ayam taliwang di tepi pantai di depan pura. Harmonis sekali… so sweet…

Praya

masjid praya

photo by Panoramio.com
Ini adalah sebuah kota tua di luar kota Mataram, dimana banyak terdapat gedung-gedung tua peninggalan zaman Belanda. Bisa juga kaliii buat foto-foto prewed bagi yang berminat.
Selain itu ada juga Tugu Mandalika yang menyimpan kisah tragis Putri Mandalika dan terkenal dengan Festival Bau Nyale, dan Masjid Agung Praya yang merupakan masjid terbesar di Nusa Tenggara Barat.

Batu Layar

batu-layar

photo by panduanwisata.id
Tempatnya enggak jauh dari Batu Bolong, di sini ada makam seorang ulama, yang merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Tempat ini ramai dikunjungi saat lebaran Topat, atau lebarannya orang-orang yang puasa enam Syawal setelah hari raya Idul Fitri. Lokasi ini berjarak sekitar 9 km dari Lombok, dimana seorang ulama yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di Lombok, yaitu Sayyid Duhri al Haddad al Hadrami dimakamkan.
Jangan lupa, setelah berziarah, kita bisa menikmati keindahan pantai Batu Layang yang masih satu kompleks. Bahkan kita bisa menikmati sunset di pantai dari pinggir jalan raya.

Taman Air Mayura

mayura-park-temple-lombok

photo by id.lombokindonesia.org
Taman Air Mayura adalah obyek wisata yang memadukan keindahan alam dengan taman dan kolamnya, serta tempat ibadah (pura). Dibangun pada masa kerajaan Bali masih berkuasa di Lombok, menjadikan bangunan ini memiliki nuansa Bali, Lombok, juga Jawa. Di tengah kolam ada sebuah bangunan yang disebut Bale Kambang yang juga disebut masyarakat sekitar sebagai Gili, yang artinya pulau kecil. Di kompleks ini banyak ditemui jejeran pohon manggis yang kadang boleh kok diambil buahnya oleh para wisatawan.
Spirit utama kompleks ini konon ada pada pura yang terletak di ujung taman, yang disebut Kelepug, yang masih digunakan untuk tempat pemujaan para dewa. Ada juga beberapa patung berwajah orang Asia Barat. Konon ini adalah semacam tanda terima kasih Raja pada si Asia Barat itu yang konon telah berjasa mengusir ular dari tempat ini, dengan idenya untuk mengembangbiakkan merak.
Taman ini letaknya di pusat bisnis, di kecamatan Cakranegara, kota Mataram, jarak tempuhnya kira-kira 15 menit dari kecamatan Narmada (tempat pemberhentian kendaraan umum).

Sebetulnya masih banyaaaak lagi…. Dan semuanya penting banget dan menarik sekali untuk dikunjungi. Places to die for bangeeet iniii…Aduuh ini jadi wish list saya deh sejak malam ini. Semoga dalam waktu dekat saya bisa segera mengunjungi obyek-obyek wisata sejarah di Lombok, semogaaa…. Aaamiin…

Referensi :
http://wisatanusatenggara.wordpress.com/wisata-nusa-tenggara-barat/taman-air-mayura/
http://wisatalombokaja.blogspot.co.id/2013/11/wisata-alam-dan-religi-di-batu-layar-lombok.html
http://lombok.panduanwisata.id
http://www.utiket.com/id/obyek-wisata/lombok/18-taman_narmada.html
http://balibackpacker.blogspot.id/2012/09/objek-wisata-di-lombok.html
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Praya_Lombok_Tengah

 

 

tw gathering

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in culture, lifestyle, Lomba blog, travelling and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Wisata di Lombok Bukan Hanya Senggigi Lho…

  1. Moga2 menang ya mbaaaak. I always love your writings 🙂

  2. ifaavianty1 says:

    Aamiin… thank you, Darling :* *kasih rangkaian bungaaa*

  3. jauh lebih banyak dari yang aku dyugaaa pengen ke sanaaaa

  4. Beautyasti1 says:

    dari itu semua, aku yang belum pernah ke Praya, Batu Bolong, dan Batu Layar.. selebihnya sudah berkunjung.. waktu itu aku menginap di hotel yang bungalow nya sejengkal dari pantai, sangat romantis. ^ ^ jadi ingin ke Lombok lagi deh..

  5. Ety Abdoel says:

    Cakep pemandangan nya. Saya juga tahunnya cm senggigi.

  6. IndahJuli says:

    Wah aku mau ikutan juga ah, belum pernah ke Lombok 🙂
    Semoga nggak lupa sama deadlinenya.
    Thanks infonya, Ifa ❤

  7. Koko Nata says:

    Insya Allah kita ke LOmbok bareng, ya mbak ( – ͡. – ͡ !)ε( – ˛. – ̃)зε(¬.¬)зε( -ñ͡-̮ – ̃͡)з( – ̃o – ̃)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s