Sosialisasi Bank Syariah : Bangga Pakai Produk Syariah

Bank Syariah yang merupakan salah satu produk Keuangan Syariah kini semakin pesat perkembangannya. Meski ternyata masih banyak juga masyarakat yang belum sepenuhnya kenal dengan Bank Syariah dan masih memilih menyimpan dananya di Bank Konvensional. Salah satu alasan yang sering dikemukakan adalah, ‘menyimpan di Bank Syariah ribet, sering tidak online, tidak ada fasilitas tambahannya’, dan masih banyak lagi.

Padahal, apa memang benar begitu?

Pada awal pemunculan Bank Syariah di Indonesia, memang masih sering didapati problem-problem semacam itu. Malah saya pernah merasakan kalau mau menyetor uang, harus datang ke kantor cabangnya langsung, belum ada ATM, jadi harus setor langsung lewat kasir. Begitu juga jika mau mengambil uang. Kemudian, Bank Syariah mulai bekerja sama dengan salah satu Bank swasta, jadi jika mau mengambil uang, bisa melalui ATM Bank tersebut, yang tentu saja kena biaya administrasi. Waktu itu memang, saya jadi agak malas menabung di Bank Syariah. Ya itu tadi, karena ribet-nya.

Tapi sekarang sudah tidak lagi. Zaman sudah bergerak sedemikian maju, semua berkembang dengan pesat, termasuk Bank Syariah. Bank Syariah kini sudah mampu bersaing dengan Bank Konvensional, dalam hal teknologi, kemudahan, produk, dan pelayanan. Lagipula, menabung di Bank Syariah dan menggunakan produk-produk Keuangan Syariah jauh lebih menentramkan lho. Sistemnya yang sesuai syariah dan program-programnya yang berpihak pada masyarakat menengah ke bawah dengan pemberdayaan ekonominya, menjadi daya tarik utama bagi para calon nasabah.

Masalahnya, belum semua masyarakat muslim Indonesia kenal dan faham betul apa itu Bank Syariah dan apa saja produk-produk Keuangan Syariah, yang seharusnya lebih mereka pilih ketimbang Bank Konvensional dan produk-produknya. Jadi, upaya sosialisasi Bank Syariah dan Produk Keuangan Syariah harus lebih digencarkan lagi. Memangnya, sekarang belum gencar? Belum, belum segencar Bank Konvensional.

Lalu, bagaimana kira-kira contoh sosialisasi Bank Syariah dan Produk Keuangan Syariah itu?

bank syariah

Ada paling tidak tiga strategi yang bisa dilakukan. Ini menurut saya lho.

 

Pertama, Promosi dan Publikasi

Misalnya seperti produk Kartu Kredit Syariah. Masih banyak masyarakat yang belum kenal kan? Di sisi lain, pemerintah sedang menggalakkan gerakan transaksi nontunai. Nah, ini momen paling tepat kan untuk promosi dan melakukan publikasi besar-besaran tentang Kartu Kredit Syariah, apa keuntungannya, bagaimana mendapatkannya, dan kalau bisa sih…, semua Bank Syariah juga mengeluarkan produk ini.

Setahu saya, maaf kalau salah, baru beberapa Bank Syariah yang mengeluarkan Kartu Kredit ini. Karena target segmennya adalah masyarakat menengah ke atas, perlu dikaitkan dengan gaya hidup mereka, misalnya mendukung Travel Halal yang juga sedang gencar digiatkan, mendukung pelaksanaan perjalanan Haji dan Umrah, mendukung gerakan Wakaf, Zakat, dan Qurban Nasional, misalnya. Untuk masyarakat menengah, mungkin bisa juga dihubungkan dengan Pembiayaan Pemilikan Rumah, Kendaraan, atau kepentingan pendidikan.

Sebagai contoh juga Syariah Gold Master Card yang menawarkan tiga fitur unggulan, yaitu solusi financial yang 100% berlandaskan prinsip Syariah, bebas iuran tahunan kartu seumur hidup, nilai tukar yang sangat kompetitif untuk transaksi dalam mata uang asing. Produk Keuangan Syariah ini juga menghubungkan dirinya dengan program Travel Halal, yang menawarkan program diskon di berbagai merchant, cicilan 0% untuk paket Umrah dan Halal Travel di berbagai perjalanan, pembatasan pada merchant non halal, manfaat dan penawaran pada kategori utama yang telah disertifikasi halal oleh otoritas setempat, seperti wisata kuliner, dan program belanja sambil beramal. Tuh kan, seru banget ya?

kk syariah

Produk sebagus ini harus didukung oleh promosi dan publikasi yang bagus juga. Marketing Kartu Kreditnya nggak boleh kalah deh sama Marketing Kartu Kredit Bank Konvensional. Apalagi kan produknya lebih unggul, sudah seharusnya mereka lebih gencar melakukan promosi.

Publikasi bisa dengan mengadakan pameran, iklan di berbagai media, termasuk media social, dan mengadakan berbagai perlombaan. Lomba menulis atau lomba blog boleh juga. Hadiahnya misalnya dapat Kartu Kredit, tabungan dan paket Umrah misalnya. Hahaha, pastiii banyak banget yang ikut. Saya juga mauuuu.

 

Kedua, inovasi produk.

Promo dan publikasi bagus, tapi kalau produknya itu-itu juga lama-lama masyarakat bisa kembali lagi ke Bank Konvensional. Jadi, inovasi tetap wajib hukumnya. Misalnya Program Pembiayaan Rumah, berhadiah mobil atau paket Umrah, Paket Tabungan Pelajar berhadiah beasiswa setahun, apa lagi ya? Oh, Program Tabungan berhadiah investasi emas/logam mulia, program Pembiayaan UKM dengan fasilitas paket Umrah, Program daftar e-banking berhadiah langsung Kartu Kredit Syariah. Eh, dibolak-balik bisa ya kayaknya?

Inovasi sudah canggih. Balik lagi, promosi dan publikasi besar-besaran. Bisa juga bekerjasama dengan berbagai pihak terkait. Pokoknya inovasi produk, promosi dan publikasi harus sama serunya.

haji

Ketiga, edukasi.

Ini perlu sekali, mengingat masih banyak masyarakat yang belum kenal dan belum faham Bank Syariah dan Produk Keuangan Syariah. Caranya? Misalnya dengan mengadakan Workshop untuk para guru seperti yang belum lama ini diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bisa juga ini diselenggarakan untuk mahasiswa, para pedagang dan pelaku ekonomi menengah dan kecil. Bisa juga dengan menggarap program sejenis untuk pelajar sekolah. Ibu rumah tangga juga perlu lho, mereka kan manajer keuangan dalam rumah tangga. Kalau ibu-ibunya faham Bank Syariah dan Produk Keuangan Syariah, insha Allah rumah tangganya makin tentram karena pengelolaan keuangannya sesuai syariah.

training

 

Insha Allah dengan cara-cara ini, Bank Syariah dan Produk Keuangan Syariah makin dikenal deh oleh masyarakat muslim kita. Jangan lupa,  selalu tanamkan rasa bangga jadi muslim yang memakai produk syariah, bangga hidup sesuai syariah, dan bangga membantu mempromosikan gaya hidup syariah. Tanamkan rasa bangga sebab menggunakan produk syariah itu adalah sebenarnya gaya hidup modern. Jadi buat kita, yang sudah sedikit faham Bank Syariah dan Produk Keuangan Syariah, bagus juga jika mulai ikut mempromosikan ini. Yuk mulai sekarang, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari apa yang kita pakai dan fahami….

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in halal, islamic, lifestyle, Lomba blog, syariah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Sosialisasi Bank Syariah : Bangga Pakai Produk Syariah

  1. Koko Nata says:

    Mendambakan Karti Kredit Syariah, nih. Sejauh ini baru BRI Syariah aja pemainnya…

  2. ifaavianty1 says:

    CIMB Niaga juga udah, om Koko. Pernah lihat punya teman. Baru layaknya 🙂

  3. Memang harus inovasi dan gencar dalam promosi ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s