Bebeb Pulang Kampung

Sudah jadi tradisi kami sekeluarga selalu menyediakan waktu khusus untuk pulang kampung setahun sekali, terutama saat Lebaran. Biasanya kami mulai berangkat dari Jakarta pada hari Lebaran kedua, dan baru akan kembali ke Jakarta lima atau enam hari setelahnya. Dalam rangkaian pulang kampung itu, kami selalu menyempatkan diri mengunjungi berbagai obyek wisata, baik itu obyek wisata sejarah, budaya, religi, maupun keindahan alamnya. Oh, wisata kuliner tentu tidak ketinggalan. Sudah cukup banyak obyek wisata berikut kota atau tempat tujuan yang kami singgahi dalam perjalanan pulang kampung kami sejak beberapa tahun yang lalu.

Salah satu kota yang cukup sering kami kunjungi adalah Semarang. Bukan saja karena suami saya berasal dari Grobogan, sebuah kabupaten yang letaknya tidak jauh dari Semarang, namun Semarang juga menawarkan banyak obyek wisata yang seru dan asyik. Pilihannya lengkap juga. Jika anda ingin berwisata sejarah sekaligus religi anda bisa mengunjungi Klentheng Sam Poo Kong, masjid Raya Sultan Agung, atau Gereja Blendug. JIka anda ingin berwisata sejarah, selain juga ke tempat-tempat tadi, anda bisa menikmati eksotisme Lawang Sewu, si bangunan anggun berpintu seribu saking banyaknya pintu, atau ke Pelabuhan Tanjung Mas, yang meskipun panas, anda tetap bisa asyik melihat aneka kapal laut yang merapat di sana. Wisata budaya juga bisa mengunjungi tempat-tempat tadi, ditambah dengan wisata kuliner dengan pusat jajanan dan oleh-oleh yang tersebar di sepanjang daerah Simpang Lima.

 

2012-08-23 13.24.56

Saya di depan Klentheng Sam Poo Kong, Semarang

Pusat jajanan dan oleh-oleh yang terkenal di Simpang Lima, misalnya Bandeng Juwana. Nggak hanya menjual bandeng presto-nya yang tersohor itu, tampat yang selalu dipenuhi antrian pengunjung itu juga menjual aneka oleh-oleh khas Semarang dan Jawa Tengah, misalnya Wingko Babat, Lunpia, Jenang Kudus, dan masih banyak lagi. Kalau malam telah tiba, kawasan Simpang Lima bertambah semarak dengan aneka permainan buat bocah dan remaja, seperti becak berlampu, bermain sepeda dan lampu-lampuan. Sementara itu aneka kuliner lezat lengkap tersaji. Yang terkenal antara lain Tahu Gimbal, Soto Bangkong, Sop Ayam, dan masih banyak lagi. Pokoknya nggak bakal bosan menghabiskan liburan di Semarang.

Ketiga anak saya, Akna, Ahya, dan Bebeb sangat menikmati liburan lebaran mereka di kampung halaman ayahnya ini. Mereka senang sekali diajak ke Tanjung Mas, Sam Poo Kong, dan berbagai obyek jalan-jalan di Semarang. Yang membuat mereka terkesan juga adalah permainan buat bocah di Simpang Lima waktu malam.

Sebenarnya ini hanya salah satu cara saya dan suami memperkenalkan anak-anak kepada akar budayanya, kampung halamannya. Kami tak ingin mereka tumbuh menjadi generasi canggih tanpa kampung halaman, generasi yang tercerabut dari akar nenek moyangnya. Mungkin bagi Bebeb, jagoan bungsu kami, yang baru berusia 4 tahun, belum terlalu faham mengapa harus pulang kampung. Tapi kelak dalam memorinya akan tertanam, ini kampung halamanku, tempat orang tua dan nenek moyangku berasal dengan segala kekayaan alam dan budaya, serta kearifan lokalnya. Maka, biasanya kami selalu mengkondisikan anak-anak sebaik mungkin untuk pulang kampung ini. Misalnya, “Asyik, Bebeb mau pulang kampung. Senang ya, Beb, nanti ketemu Mbah Rayi, Pakdhe dan Budhe. Nanti habis itu Bebeb jalan-jalan ya, Beb?”

Lagipula Semarang juga nggak jauih-jauh amat. Dalam keadaan normal biasa menempuh waktu sekitar 10 jam saja dengan mobil dari Jakarta. Dengan pesawat, bisa menggunakan maskapai apa saja, dari Garuda, AirAsia, Lion, atau Sriwijaya, dengan harga tiket yang terjangkau.

WP_20150314_11_46_59_Pro

Bebeb dan kakaknya, Ahya, siap pulang kampuuung

Untuk tujuan berikutnya, kami inshaAllah merencanakan akan pulang kampung ke Pontianak, kampung halaman Bapak saya, datuknya Bebeb. Sekarang kami masih menabung dulu nih. Kenapa Pontianak?

Ya itu tadi, selain merupakan kampung halaman kami juga, Pontianak juga terkenal dengan beberapa obyek wisatanya. Misalnya Tugu Khatulistiwa, wisata alam pantai Sempadi yang eksotis dan pantainya bersih. Wisata alam ini terletak di kota Ketapang. Kemudian ada wisata budaya Kerajaan Sintang dan Bukit Batu Kelam. Ada wisata sejarah Museum Negeri Pontianak di Jalan Jenderal A Yani Pontianak, yang dis ebelahnya ada café resto yang menawarkan banyak pilihan menu hidangan yang lezat. Jangan lupa nanti mampir ke Kebun Sayok Pontianak untuk membeli berbagai jajanan khas Pontianak seperti Lida Buaya, Lempok Duren, Keripik Keladi, dan berbagai aksesoris.

 

Untuk obyek wisata sejarah, kami berniat sekali ingin berkunjung ke Keraton Sambas, kerajaan Sanggau, dan kerajaan Mempawah, tak lupa keraton Sultan Hamid di Pontianak. Juga tak akan kami lewatkan wisata alam yang indah di daerah sekitar Pontianak, seperti Pantai Kijing Mempawah, Pantai Selimpai Paloh, dan Sumber Air Panas Ai’ Sipatn Lotup.

Waaah pokoknya perjalanan kali ini, Bebeb bakal makin senang dan akan bertambah juga pengetahuannya tentang satu lagi kampung halaman orang tuanya. Oh ini juga bakal jadi perjalanan pertama Bebeb lewat udara, Inginnya sih kami pakai Garuda, AirAsia atau Sriwijaya ke Pontianak. Aamiin….

 

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in culture, Lomba blog, travelling and tagged , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Bebeb Pulang Kampung

  1. Wah bebeb ganteeng *misfokus

  2. eka181077 says:

    Alhamdulillah, saya pernah stengah tahun di grobogan, cukup deket ke merapen api abadi….kalau ga salah namanya kampung manggarmas

  3. eka181077 says:

    Alhamdulillah stengah tahun pertama waktu smp pernah di grobogan manggar mas, cukup deket juga ke merape api abadi….salam kenal mbak Ifa….

  4. Airpaz Team says:

    Terimakasih atas partisipasinya dalam Lomba Menulis hadiah tiket pesawat gratis dari Airpaz.com

    Semoga menang. 🙂

    Airpaz Team

  5. Ria says:

    Semoga menang tiket pesawat gratis dari airpaz.com yah mbaa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s