Menikmati Train Lunch di WAKUWAKU JAPAN TV

image

Saya adalah pencinta kebudayaan. Kebudayaan dari negeri atau daerah manapun. Kebudayasn selalu memberi kesan agung, mistis, namun juga bernilai ilmu pengetahuan dan kearifan lokal yang tinggi. Tiap ada buku, film, atau program TV yang berhubungan erat dengan kebudayaan suatu suku atau bangsa, sedapat mungkin saya bela-belain ikuti, baca atau tonton.

Di rumah, kami berlangganan TV berbayar Indovision yang alhamdulillah lengkaaap banget programnya. Sudah membandingkan dengan berbagai TV berbayar lain, kok ya belum ketemu yang sekomplit Indovision. Itu dari mulai TV lokal, terus TV regional Asia, Amerika, Australia, Eropa, semua ada. Tinggal Canada dan Afrika saja yang sudah ubek-ubek saya cari belum ketemu.

Nah, sejak tanggal 22 Februari 2014 lalu, Indovision, khususnya pihak MNC Skyvision menjalin kerjasama dengan salah satu channel TV Jepang bernama WAKUWAKU JAPAN TV. Ini merupakan TV channel Japan pertama yang mengudara di Indonesia selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Programnya jelas lengkapppp banget, dari mulai musik (nah tuh buat para fans JPop….jadi ingat JKT48 dan AKB48 deh), dorama khas Jepang ( aaaa….ada Amachan, dulu tayang di NHK nih), anime, …eh ada Ksatria Bajaj eh Baja Hitam juga deh. Seru banget kan?

Selain itu di WAKUWAKU JAPAN juga ada acara tentang travelling, kuliner, ilmu pengetahuan, olah raga, dan…. budaya. Yipppieee…. serunya nambah deh. Si hantu sejarah dan kebudayaan langsung senang. Apalagi di WAKUWAKU JAPAN semua program sudah di-dubbed bahasa Indonesia. Jadi bersyukurlah saya yang tahu bahasa Jepang cuma sepatah dua patah, paling jago juga cuma sebatas ‘konichiwa!’

image

Saya langsung browsing ke website-nya WAKUWAKU JAPAN. Oh, ada nih tanggal 3 Maret. Jam 09.30-10.00. WAKUWAKU JAPAN sendiri ada di channel 168 Indovision. Nama Programnya “Travelling Alone with…”. Ih sudah episode keenam. Biar deh, enggak apa-apa. Acaranya sih bukan melulu tentang kebudayaan yang khusus banget gitu. Diadaptasi dari komik travelling, dia banyak bercerita tentang train lunch. Tokohnya bapak-bapak Jepang yang travelling ke tempat-tempat menarik di Jepang. Pas episode ini dia sedang menjelajahi kawasan Tohoku region. Eh ternyata acara ini sumpah bikin laparrr. Ya namanya juga train lunch gitu. Sambil dia travelling, dia makan siang. Oh my God, salmon sushi mana salmon sushi? Hastagah!

image

Universitas Tohoku

Sedikit tentang Tohoku sekarang ya. Tohoku itu ternyata dalam bahasa Jepang artinya timur laut. Wilayah ini terletak di timur laut Pulau Honshu, pulau terbesar di Jepang. Di sini juga terdapat Universitas Tohoku yang merupakan salah satu universitas tertua di Jepang. Banyak sekali obyek wisata di sini, diantaranya Kota Hirosaki. Kota ini terkenal sebagai pusat penghasil apel di Jepang. Di sini juga tiap tahun diselenggarakan Festival Sakura di sekitar istana. Pada tempat inilah sakura terakhir kali dapat dilihat setiap tahunnya di pulau Honshu. Aduh itu Festival Sakura khas banget deh. Event budaya ini enggak ada di tempat lain.

image

image

Sakura di Tohoku

Di program ini memang kurang rinci ya membahas kebudayasnnya. Dia lebih fokus membahas soal travelling ke obyek wisatanya dan kulinernya. Ya enggak apa-apa deh. Yang pasti, efek nonton acara ini saya jadi ngiler pingin ke Tohoku dan… pingin makan japanese food. Parahnya, sorenya tak tertahankan lagi, saya ngibrit ke Foodcourt Cinere Mall, makan sushi murmer di Aji Kuu. Parah…parah…

berpartisipasi dalam WAKUWAKU JAPAN

berpartisipasi dalam WAKUWAKU JAPAN

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Menikmati Train Lunch di WAKUWAKU JAPAN TV

  1. wah seru banget ya mak sekarang ada program TV Jepang di Indonesia…emang kalau TV Jepang acaranya banyak kuliner…jadi ngiler ^^

  2. Nathalia DP says:

    sukaaa deh acara travelling & kuliner..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s