Mall dan Kenyamanan Toilet serta Mushala

image

Terus terang, saya ini termasuk pencinta mall, terutama mall di Jakarta dan sekitarnya. Barangkali kalau ada organisasi Ikatan Pencinta Mall Indonesia, saya sudah duluan jadi membernya. Platinum member. Hehe …. unfortunately, organisasi semacam itu belum juga terbentuk.

Mengapa saya begitu mencintai mall? Bagi saya,mall adalah salah satu tempat kerja ternyaman bagi saya, selain rumah, perpustakaan, toko buku yang ada cafe/tempat makannya, museum, dan pelataran masjid. Those are my office. Tempat-tempat itu selalu berhasil membuat saya menemukan sekaligus menuliskan ide. Ya, saya seorang ibu rumah tangga merangkap penulis dan blogger. Jadi ke mall itu saya pasti cari tempat yang nyaman buat browsing dan nulis. Tentu dengan perlengkapan perang segambreng.

Mall di Jakarta dan sekitarnya top banget deh urusan keberadaan cafe/foodspot yang enak dan ramah bagi pekerja kreatif kayak saya. Colokan banyak, wifi kencang, cemilan ok dan harganya juga cukup ekonomis (kalau pintar mencarinya pasti ketemu kok…).

Tapi yang jadi masalah adalah ketersediaan toilet dan mushala yang sering bikin saya enggak nyaman. Toilet jumlahnya sedikit, kotor hingga air tergenang, kadang banyak bilik yang rusak atau tidak berfungsi, dan antrian panjang. Belum lagi bau pesing yang menyebalkan. Ini nih yang bikin kita jadi enggak betah berlama-lama di mall itu.

Sarana ibadah seperti mushala juga kadang bikin enggak nyaman. Tempat wudhu becek dan kotor, kraan rusak. Belum lagi keset yang enggak diganti bikin banjir dan bau. Ada lagi mukena yang juga basah dan bau, sajadah pun begitu juga. Hoooo, mushala nya sempit, membuat antrian panjang dan yang sedang shalat jadi buru-buru, shalatnya enggak khusyu.

Waduh, kalau sudah ketemu mall kayak gini, malas deh kita datang lagi. Apalagi untuk berlama-lama, ‘gawe’ di sana. Tidak ya.

Jadi saya sih berharaaap banget para pemilik dan pengelola mall lebih memerhatikan lagi masalah kenyamanan pengunjung dengan segera menindaklanjuti perbaikan sarana toilet dan mushala. Enggak susah dan enggak butuh biaya banyak dong. Jika pengunjung merasa nyaman, ini pasti akan berpengaruh terhadap kualitas mall tersebut di mata publik. Mall keren itu bukan cuma segi bangunan dan banyaknya toko favorit atau cafe/resto yang hitz, tapi juga baiknya fasilitas toilet dan mushala.

image

Pondok Indah Mall 2, salah satu mall keren versi saya

Nah ini mall di Jakarta dan sekitarnya yang terfavorit versi saya (enggak berdasarkan ranking ya):

Pondok Indah Mall 2
Plaza Senayan
Senayan City
Pasaraya Blok M
Grand Indonesia
Pacific Place
FX
Gandaria City
Kemang Lippo Village
Pejaten Village
Cilandak Town Square (Citos)
Bintaro Jaya XChange Mall
Margo City
Cinere Mall.

image

Salahsatu mushala yang cukup rapi di salah satu mall Jakarta

Tulisan ini diikutsertakan dalam My 1# GiveAway Rodamemn

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

9 Responses to Mall dan Kenyamanan Toilet serta Mushala

  1. rodamemn says:

    wah ternyata emak yg satu ini pecinta mall juga, banyak juga yg sudah dikunjungi, memang kalo fasilitas memadai pasti bikin org betah bahkan lupa waktu, itu bahayanya, hehehe ๐Ÿ™‚

  2. kalau di Margocity, Depok musholanya kecil banget tapi bersih kok :

  3. Mushala di Mal Gandaria City juga apik, Mbak. ๐Ÿ™‚

  4. Eh, udah masuk list, ya? Qiqiqi.

  5. Pingback: Pemenang My 1# GiveAway | rodamemn

Leave a Reply

