Investasi Property bagi Ibu Rumah Tangga, Sekaligus Menabung

Ibu Rumah Tangga seringkali dianggap sebagai ‘profesi zona nyaman’, sebab ibu rumah tangga tidak harus bekerja mencari nafkah. Ia lebih banyak bertugas di ranah domestik yang berkaitan dengan pengurusan anak-anak dan rumah tangga. Kalaupun ia bekerja menghasilkan uang, itu bukanlah merupakan mata penghasilan utama. Tugas suamilah yang harus menyediakan kebutuhan seluruh anggota keluarga, termasuk istrinya.

Namun tingkat kebutuhan hidup yang harus dipenuhi juga makin tinggi. Ibu rumah tangga masa kini banyak yang tergerak untuk ikut menopang roda perekonomian keluarga. Selain bekerja pada perusahaan atau instansi, atau menyalurkan bakat dan olmu sebagai wirausahawati atau freelancer, banyak juga yang tertarik untuk berinvestasi melalui produk tertentu. Salah satunya dalam bidang properti.

Properti dianggap investasi yang menguntungkan karena tingginya tingkat kebutuhan masyarakat terhadap perumahan dan tempat usaha. Selain itu harga jual tanah dan bangunan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Maka tak heran, cukup banyak ibu rumah tangga yang sukses menekuni bidang investasi properti, dari mulai tanah, kontrakan atau kos-kosan, rumah, ruko, hingga apartemen.

Bersama dengan itu, banyak perusahaan developer (pengembang) properti yang bertumbuh maju seiring pesatnya bisnis properti. Kini orang-orang mudapun bahkan bisa sukses memimpin bisnis properti. Salah satu perusahaan developer properti yang kini sudah mencetak berbagai prestasi adalah PT. Prioritas Land Indonesia (PLI). Perusahaan dengan berbagai produk menarik dan segmen pasar keluarga muda serta mahasiswa ini dipimpin seorang tokoh muda, Marcellus Chandra. Untuk sedikit lebih mengenal sosoknya dan PLI, berikut adalah hasil liputan majalah Swa.

Kesuksesan Ciputra mengembangkan imperium bisnis propertinya telah menginspirasi banyak anak muda di Indonesia. Salah satunya, Marcellus Chandra. Namun, berbeda dari kebanyakan pengagum Ciputra, putra salah satu pengusaha properti di Surabaya itu sekaligus berupaya merealisasikan ambisinya.

Rekam jejak Marcellus yang cemerlang pun terlihat. Meski perusahaan propertinya, PT Prioritas Land Indonesia, baru seumur jagung, Marcellus sudah merilis dua proyek properti papan atas dan laku keras. Proyek pertama pemuda kelahiran tahun 1979 itu adalah Majestic Point Villas Bali yang dibangun pada 2011. Sebanyak 50 vila mewah di kawasan Teluk Benoa, Bali itu meski dijual seharga Rp 2-3 miliar per unit, laris dalam satu hari pameran saja. Dia mampu menjual hingga 70% dari total unit yang ditawarkan. Saat ini, seluruh unit vila itu sudah laku terjual.

Prestasi kembali diukir di proyek properti keduanya yang diluncurkan pada pertengahan 2012: Apartemen Majestic Point Serpong, Serpong, Banten. Ia membangun dua menara apartemen di proyek tersebut yang masing-masing bernama Tower Lucia dan Tower Khan dengan jumlah total sebanyak 839 unit. Harga yang dipancang Rp 280-650 juta per unit untuk tipe studio (27 m2), satu kamar tidur (40 m2), dan dua kamar tidur (54 m2).Tower Lucia sebanyak 339 unit yang ditawarkan ke publik pada Agustus 2012 lebih dulu mencecap sukses dengan penjualan mencapai 95% dalam dua hari pameran. Tower kedua yang berjumlah 500 unit ternyata berhoki serupa. Dalam dua hari pameran di Hotel Mulia, Tower Khan sukses terjual 100%. Marcellus menargetkan pembangunan Tower Lucia dan Tower Khan masing-masing akan rampung pada pertengahan dan akhir 2015.

Apa rahasia sukses bisnis properti anak muda yang masa remajanya dihabiskan di Benua Kanguru itu? Kuncinya: gabungan antara riset mendalam dan konsep pemasaran yang atraktif. Ketika menggarap proyek Majestic Point, contohnya, tim Marcellus melihat kondisi sekitar lokasi apartemen yang bertaburan kampus besar seperti kampus Universitas Tarumanagara yang baru, Universitas Multimedia Nusantara dan Universitas Pelita Harapan. Lokasi proyeknya juga dinilai berada di kawasan segi tiga emas Karawaci, Serpong, Bumi Serpong Damai. Dengan kondisi tersebut tim Marcellus lantas mendesain apartemennya dengan sasaran tembak keluarga muda dan mahasiswa. Itulah sebabnya harga jualnya dibanderol di bawah Rp 1 miliar.Selanjutnya, konsep promosi pun digarap serius dengan menawarkan bonus mobil bagi pembeli yang membeli di pameran. Tak cuma itu, sadar banyak calon konsumen yang mampu membayar cicilan tetapi terkendala pada down payment, Marcellus menetapkan konsep cicilan uang muka hingga 24 kali bayar atau selama dua tahun.Desain bangunan pun digarap dengan konsep futuristis yang hemat energi. Unit apartemennya dilengkapi kaca lebar yang banyak meloloskan sinar matahari ke dalam ruangan. Bagian luarnya dilengkapi dengan pelat baja untuk kemudahan perawatan unit apartemen.

Apartemen yang dilengkapi dengan kolam renang dan pusat kebugaran itu pun memiliki sky park atau taman terbuka di lantai 9 lengkap dengan perpustakaan serta pusat les di lantai dasarnya. Menurut Marcellus, konsep tersebut sangat sesuai dengan segmen pasarnya yang membutuhkan lingkungan belajar yang kondusif baik bagi mahasiswa maupun anak-anak keluarga muda. Dengan konsep yang atraktif tersebut tak heran propertinya laris manis.“Target saya 100% terjual, dalam dua hari dijual, dan itu berhasil terwujud akhir tahun lalu di Hotel Mulia,” katanya bangga.

Keahlian Marcellus dalam pemasaran sendiri sudah ditempa jauh hari sebelumnya selepas menuntut ilmu di Jurusan Enjiniring Sipil dan Sains Komputer di University of New South Wales, Sydney, Australia. Seusai kuliah, ia bekerja di salah satu perusahaan konstruksi terbesar di Australia, Hansen Yuncken Pty. Ltd., dan menangani proyek rekonstruksi gudang senilai AU$ 20 juta. Selanjutnya, pada 2003 ia bersama temannya membentuk perusahaan pengembang software dan menciptakan sistem informasi terintegrasi untuk perusahaan obat generik terbesar di Australia, Alphapharm Pty. Ltd.Setelah dua tahun membangun bisnis sendiri di Australia, Marcellus memutuskan pulang kampung. “Saya harus membangun negeri sendiri, orang tua saya juga tinggal di Indonesia, usaha itu saya serahkan ke teman,” katanya. Ia lalu memulai karier dari nol di Jakarta.

Pada 2005 ia turut membangun dan mengelola jaringan distribusi penjualan untuk perusahaan publik NuSkin dan Pharmanex dengan omset mencapai US$ 1,3 miliar. Di perusahaan tersebut, jaringan distributor yang terbentuk total mencapai sekitar 1.500 orang yang tersebar di Australia, Singapura, Amerika Serikat dan Indonesia. Marcellus sendiri saat itu bertanggung jawab atas pengembangan dan pelatihan tim distributor.

Selanjutnya, pada 2009 ia kembali pindah kapal dan memimpin pengembangan bisnis dan pemasaran T.G. Hay, perusahaan rancang bangun rumah mewah. Barulah setelah puas menimba ilmu, Marcellus akhirnya mendirikan PT Prioritas Land Indonesia bersama beberapa mitra. Meski enggan memaparkan secara gamblang, Marcellus yang menjabat sebagai presdir menyebutkan, pemegang saham utama di perusahaan tersebut merupakan perusahaan pengembang yang sedang tumbuh.

Apa target Marcellus selanjutnya? Ia ternyata akan kembali melirik Bali. Di sana, ia hendak menggarap proyek vila mewah selanjutnya, Majestic Water Village Uluwatu. Ia pun sempat memaparkan obsesinya, “Saya ingin menjadi entrepreneur yang bagus seperti Ciputra,” ujarnya bersungguh-sungguh.

Sekilas Produk PT. PLI

Majestic Point Apartement Serpong

image

Konsep apartemen ini berorientasi pada kebutuhan para kaum urban, pelajar, dan mahasiswa dalam mencari tempat tinggal. Harga yang ditawarkan pun terbilang cukup “murah”, dimulai dengan harga awal 298 jutaan ( per Oktober 2012 ). Lokasi apartemen ini adalah berada di tiga lokasi strategis, yakni Karawaci, Serpong, dan BSD City.

Unit apartement Majestic Point Serpong ini terdapat 2 tower :
Tower A (Tower Lucia) :
– Terdiri dari 30 Lantai, total 339 unit.
– Launching Sept 2012

Tower B (Tower Khan):
– Terdiri dari 30 Lantai total 500 unit.
– Launching pada pertengahan 2013.

Menjadikan total unit apartemen sebanyak 839 unit. Total estimasi penghuni: 1000 – 1250 orang.

Fasilitas yang disediakan :
– SkyPark
– Kolam renang, lapangan basket, gym, jogging track, children playground.

image

Mengapa apartemen baru di serpong ini merupakan salah satu investasi properti yang menarik di serpong?
Lokasi Majestic Point Apartemen yang strategis :
– Berseberangan dengan future campus UNTAR IV ( hanya 100 meter )Universitas Tarumanegara sudah memasang papan akan dibangun di dekat sektor 6 Gading Serpong.- 10 menit dari exit Tol Serpong
– 5 menit dari Summarecon Mal Serpong (SMS)
– 5 menit dari UMN (Universitas Multimedia Nusantara)
– 12 menit dari UPH (Universitas Pelita Harapan)
– 10 menit dari Supermal Karawaci
– 10 menit dari Siloam Hospitals

Dalam radius 5 km / 10 menit, apartemen Majestic Point ini meliputi area :
– Universitas Pelita Harapan (UPH)8000 mahasiswa, bertambah 1500 setiap tahun, 20 jurusan, biaya kuliah s/d Rp 500 juta per thn
– Universitas Multimedia Nusantara (UMN)4000 mahasiswa, 10 jurusan, biaya kuliah Rp 100 juta per thn
– Sekolah Pelita Harapan (SPH)1000 siswa SMP – SMA, uang sekolah Rp 200 juta per thn
-Sekolah Pahoa 1000siswaTK-SMA
– Stella Maris
– SDK Penabur Serpong
– Tarakanita

Area Apartemen Majestic Point Serpong ini masih terus berkembang, misalnya:
– Dekat dengan pemukiman elit, di mana harga rata- rata tanah mencapai 7-20 juta per m2, dengan harga rumah untuk luas 240 m2 rata-rata Rp 3.8 M.
– Harga property di Serpong dalam 4 tahun sejak 2007 meningkat signifikan, dari harga rumah Rp 1 M di 2007 sekarang menjadi Rp 3.8M.
– Dekat dengan area komersial Ruko paramount serpong ( harga berkisa 3M – 4M ) dan Ruko Alexandrite ( Rp. 3,5 M – 4 M ) juga dengan Summarecon Mall Serpong ( 5 menit ) dan Supermal Karawaci ( 10 menit ).

Furniture atau kelengkapan yang akan langsung diterima pada saat serah terima unit meliputi:
– Sanitary,
– kitchen sink,
– saluran air,
– saluran listrik
– saluran telepon,
– saluran AC

image

Cara Pembayarannya Mudah 

Khusus untuk Tower Lucia ( Tower 1)- Opsi 4 : DP 60% dicicil 24x, sisa 40% dibayarkan pada bulan ke – 36 – Opsi 3 : DP 50%, sisa 50% dibayarkan pada bulan ke – 36- Opsi 2 : DP 30%, sisa70% cicil 12x- Opsi 1 : Cash 100%.

Khusus untuk Tower Khan ( Tower 2)- Opsi 4 : DP 60% dicicil 24x, sisa 40% dibayarkan pada bulan ke – 25 – Opsi 3 : DP 50%, sisa 50% dibayarkan pada bulan ke – 25- Opsi 2 : DP 30%, sisa70% cicil 12x- Opsi 1 : Cash 100%.

Contoh untuk Unit Studio (27 m2) :
Option 1 = Cash, Harga Rp. 270 Juta, Tunai.
Option 2 = DP 30% di muka, sisa diangsur 12x. Harga Rp. 287 Juta. Rp. 86 Juta bayar di muka, sisanya Rp. 16,8 Juta di bulan 2 s/d 13.
Option 3 = DP 50% di muka, sisa di bulan 36. Harga Rp. 304 Juta. Rp. 152 Juta di muka, sisa 50% Rp. 152 Juta di bayar di bulan 36.
Option 4 = DP 60% dibagi 24x, sisa di bulan 36. Harga Rp. 337 Juta. Rp. 8,4 Juta per bulan x 24 bulan. Rp. 135 Juta di bulan 36 ( khusus Tower Lucia saja).

Harga termasuk IMB, PPN, Jaringan Liatrik, air dan telpon.

Menariknya, customer akan memperoleh progress pembangunannya melalui email setiap 3 bulan sekali.

Jadi sebenarnya sangat menguntungkan nih bagi ibu-ibu rumah tangga untuk mulai melakukan investasi bersama PT. Prioritas Land Indonesia ini. Contoh salah satu produknya saja sudah terlihat keunggulannya dari segi lokasi, fasilitas, dan harganya yang di bawah Rp 1 milyar. Ibu-ibu juga bisa sekalian menabung properti kan, bisa diwariskan pada anak kita kelak. Apartemen itu bisa mereka tempati atau mereka sewakan atau jadikan area bisnis.

Investasi property enggak rugi karena nilainya yang terus naik dan tidak kena inflasi. Eh, kalau butuh uang atau modal usaha juga bisa diagunkan ke bank lho.

Intinya berbisnis properti memang bisa menguntungkan sekaligus bisa dijadikan sebagai tabungan. Nah bu, mari mulai persiapkan hari depan kita dan keluarga. Jangan tunggu sampai ada keadaan darurat. Dan jika bidang properti jadi pilihan anda, jadikan Prioritas Land sebagai pilihan anda.

image

Nah, kalau mau lihat info yang leeebih jelas tentang produk-produk unggulan PLI bisa buka link-link yang ini nih

Prioritas Land Indonesia
Majestic Point Serpong
Majestic Water Village
Indigo Apartemen Bekasi

Referensi

http://investproperti.com/majestic-point-serpong-apartemen-mpsa/

http://swa.co.id/headline/marcellus-chandra-terinspirasi-begawan-properti

image

image

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s