Resolusi Luar Biasa 2014: Produktif Menulis di Segala Lini

2014 tinggal berbilang jam lagi. Saya mencatat 2013 yang akan segera berlalu sebagai tahun yang cukup produktif dalam karir saya sebagai penulis. Empat novel telah berhasil terbit, dua diantaranya duet dengan sahabat-sahabat saya, Azzura Dayana dan Eni Martini. Tiga buku lainnya saya bertindak sebagai penulis hantu alias ghostwriter. Satu hal yang saya syuluri juga adalah saya mulai aktif kembali nge-blog dan kembali dengan jabatan saya sebagai hantu lomba dan jurig kuis. Tahun 2013, saya merasa semangat untuk nge-blog dan mengikuti berbagai lomba dan kuis kembali muncul.

Soal lomba dan kuis, memang sih saya belum begitu beruntung. Baru ada 2 lomba sepanjang tahun 2013 yang berhasil saya menangi. Alhamdulillah. Tenaang, masih banyak juga lomba ysng saya ikuti yang belum diumumkan pemenangnya kok.

Lagipula, disamping tentu saja kepingin menang, saya ternyata sangat menikmati prosrsnya. Dari mencari info, mengumpulkan ide, menulis, men-submit, hingga deg-degan menunggu hasil.

Nah, memasuki tahun 2014 ini tetnyata saya makin semangat untuk lebih produktif lagu dalam menulis, baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Insyaaallah. Paling tidak, ada delapan target utama saya dalam menulis.

Pertama, tentu saja produktif menerbitkan buku, fiksi dan nonfiksi, juga buku anak. Baik itu di penerbit mayor maupun indie. Oh, saya sedang menyiapkan naskah cerita bergambar untuk anak dan buku kumpulan puisi. Moga-moga bisa terbit tahun 2014.

Kedua, produktif mengikuti lomba yang berkaitan dengan tulis-menulis. Pasti saya dituntut harus lebih rajin mencari info lomba dan mengatur irama kerja sehingga tidak mepet deadline, apalagi sampai ketinggalan. Hiks.

Ketiga, mencoba kembali mengirim naskah ke media cetak dan online. Ternyata saya rindu menemukan nama saya tercetak di media.

Keempat, saya ingin sungguh-sungguh belajar mrmbuat resensi. Itu menurut saya salah satu cara untuk berbagi ilmu kepenulisan juga, disamping…ehm… saya tergiur melihat hadiah buku-buku terbaru yang diberikan pada para resensor.

Kelima, saya akan terus membuat project-project buku yang memungkinkan saya menjadi co-writer, ghostwriter, atau editor. Dengan project seperti ini, ilmu saya bertambah terus karena saya diharuskan menulis atau mengedit sesuatu yang kadang belum saya kuasai dan harus saya pelajari dulu.

Keenam, saya ingin lebih rajin nge-blog dan mencoba belajar SEO juga. Ini pekerjaan yang menantang dan membuat saya harus terus belajar.

Ketujuh, saya ingin terus belajar menulis skenario baik untuk film, televisi, atau anime. Siapa tahu nanti ada naskah saya yang bisa sungguhan difilmkan.

Kedelapan, saya ingin serius belajar copywriting. Ternyata asyik ya nulis untuk iklan itu ya?

Saya tahu dengan itu semua, saya dituntut untuk bisa mengatur waktu, karena saya juga punya tugas utama sebagai istri dan ibu dari 3 anak, yang memilih bekerja di rumah tanpa asisten rumah tangga. Saya juga wajib menjadi lebih sehat dan hidup lebih seimbang supaya cita-cita saya berhasil.

Untuk itu, salah satu cara menjaga stamina, saya minum Kratingdaeng, hidup sehat, dan banyak mensyukuri nikmat Tuhan. Jadi saya tidak melihat alasan untuk tidak bisa melaksanakan resolusi ini. Insyaalah. Make it real!

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Resolusi Luar Biasa 2014: Produktif Menulis di Segala Lini

  1. Wah sukses selalu ya mba Ifaa ๐Ÿ™‚ eh mba Ifa juga mau nulis resensi yaaa ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s