E-Learning untuk Kreativitas dan Memperluas Wawasan Guru dan Orang Tua

image

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Indonesia Berprestasi XL

Kemajuan teknologi informasi sudah semakin dirasakan di hampir semua bidang kehidupan, termasuk pendidikan. Perkembangan dunia secara umum dan ilmu pengetahuan secara lebih spesifik sudah dapat diakses lebih mudah di hampir semua tempat dan di setiap waktu. Penggunaan teknologi informasi sebagai penunjang proses belajar mengajar yang selanjurnya kita sebut sebagai e-learning mencapai kemajuan terus menerus hingga kini. Di Indonesia sendiri, khususnya di perkotaan, banyak sekolah dan lembaga pendidikan telah menggunakan metode ini dalam menunjang kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Yang ingin saya share kali ini bukan tentang e-Learning di sekolah-sekolah umum, melainkan di bentuk sistem pendidikan semi home schooling. Mengapa semi home schooling dan bukan home schooling murni?

Pertama, semi home schooling ini masih melibatkan guru sekolah atau guru privat di dalam penyelenggaraannya, dan siswa juga masih bersekolah di sekolah umum. Kedua, ternyata sistem ini banyak dianut oleh para orang tua sejak dulu. Sistem ini melibatkan kerjasama yang rapat antara orang tua dan guru dalam menyelenggarakan proses pendidikan siswa. Orang tua di sini turut aktif menambah dan memperkaya wawasan dan ilmu siswa sesuai dengan pedoman kurikulum yang diberikan di sekolah.

Jika pada zaman dulu, orang tua dan guru memberikan materi atau konten pendidikan lewat buku dan media cetak, termasuk dengan mengajarkan siswa membuat klipping misalnya. Pada zaman e-learning, orang tua dan guru bisa mengunduh materi melalui internet. Bisa juga memberikan tugas berupa scrapbooking, story and essay making, atau bahkan video making kepada siswa via internet, selain materi-materi pelajaran tentunya. Kemudian dengan kreativitas siswa, mereka bisa mengunggahnya melalui media sosial seperti youtube, facebook, dan twitter.

Dengan kreativitas tinggi pula, guru dan orang tia bisa bekerjasama untuk meminta siswa membuat sebuah proyek, kecil atau besar, yang akan membantu meningkatkan wawasan mereka. Misalnya menugaskan mereka untuk membuat semacam film pendek tentang pahlawan di mata mereka. Hasilnya dapat diunggah di youtube dan dikompetisikan satu sekolah. Tema ini dibuat menjelang Hari Pahlawan dan menunjang materi pelajaran IPS, PKN, Seni Budaya, dan IPA. Oh, bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris juga ya.

Bisa juga guru dan orang tua membuat lomba foto untuk tema-tema khusus seperti Hari Ibu, Hari Guru, atau tema-tema tentang rumah, pengelolaan sampah, peringatan hari besar agama, dan masih banyak lagi. Foto-foto itu dengan kreativitas siswa diberi berbagai sentuhan, untuk kemudian diunggah menggunakan berbagai aplikasi seperti Instagtam, PicMix, Modiv, dan masih banyak lagi.

Bagi para siswa pecandu game bisa diarahkan ke teknik pembuatan game online yang sehat dan mencerdaskan. Bagi para pehobi anime dan manga, desain multimedia dan desain web, bahkan calon-calon penulis cilik, dapat dirancang menu pembelajaran yang asyik, seru, dan menyenangkan, serta tentu saja menambah wawasan mereka. Pastinya, ini tantangan berkreasi juga bagi orang tua dan guru. Bagaimana kita bisa menambah wawasan anak-anak kita kalau kita sendiri gagap teknologi dan miskin wawasan? Kalau sudah begini, pasti kita juga miskin kreativitas ya.

Kesimpulannya, ayo pergunakan sebaik-baiknya era e-learning ini untuk menambah wawasan kita sebagai orang tua dan guru, supaya kita bisa menggunakannya dalam proses menciptakan generasi baru bangsa ini yang lebih kreatif dan berwawasan luas.

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to E-Learning untuk Kreativitas dan Memperluas Wawasan Guru dan Orang Tua

  1. Coba ada contoh foto dan youtubenya mba 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s