Kuliah di Curtin Perth: Kuliah di Kota yang Cozy

Kuliah di Curtin Perth: Kuliah di Kota yang Cozy

Dari dulu saya berangan-angan untuk bisa merasakan kuliah di luar negeri, dimanapun itu. Bukan untuk sombong-sombongan, tapi lebih kepada ingin merasakan nuansa lain dalam menempuh pendidikan. Saya menempuh pendidikan dari TK hingga S1 di Jakarta. Bahkan sekolah di luar Jakartapun belum pernah ya. Hehehe.

Nah jadi ceritanya, saya punya satu cita-cita. Jika tidak ada halangan, kalau anak bungsu saya sudah masuk SD, saya berencana ingin melanjutkan pendidikan S2 hingga S3 di salah satu universitas luar negeri. Salah satu pilihan saya adalah Curtin Uni yang terletak di kota Perth, Western Australia.

Kenapa Curtin?

Ada satu program yang membuat saya sangat tertarik, yaitu Creative Arts. Program ini tersedia hingga jenjang Doktoral (S3) dengan gelar DCA atau Doctor of Creative Arts. Kita bisa memilih bidang Arts atau Communication and Cultural Studies. Saya tertarik sekali pada Communication and Cultural Studies. Di sini mahasiswa akan mengerjakan project riset yang berhubungan dengan creative writing seperti penulisan prosa, life-writing, dan script-writing, serta penulisan puisi. Bisa juga riset tersebut mengambil bidang performance writing atau professional writing and publishing. Sesuai sekali dengan bidang pekerjasn saya sekarang sebagai penulis.

Disamping itu, secara umum Curtin Uni sudah diakui sebagai universitas yang sangat prestisius dan mutunya juga sangat baik. Beberapa prestasi yang membanggakan dari Curtin diantaranya adalah:

1. Mendapatkan predikat universitas paling prestisius versi Shanghai Jiao Tong Annual Ranking of World Universities.
2. Peringkat 400 besar Times Higher Education World University Rankings (2011-2012).
3. Peringkat 300 besar QS World University Rankings (2011-2012).
4. Top 500 World Universities versi ARWU (Academic Ranking of World Universities).
5. Merupakan bagian dari jaringan ATN (Australia Technology Network) yang menandakan bahwa Curtin aktif melakukan penelitian dalam bidang akademik maupun praktek lapangan.
6. Merupakan satu-satunya universitas di Western Australia yang dapat menghasilkan PhD penerima medali emas AINSE yang merupakan penghargaan tertinggi untuk level PhD.

Waw, kebayang kan gimana mutu universitas Curtin. Selain itu, yang membuat saya merasa nyaman adalah jaraknya yang nggak terlalu jauh dari Jakarta. Cuma 4 jam terbang dari Jakarta. Eh tapi ya, teteuppp sih pasti nggak bisa sering-sering pulang ke Jakarta dong. Bisa bangkrut juga 😀

image

image

image

Sekarang kita bahas sekilas tentang lokasi kampusnya ya. Kampus Curtin University Perth berlokasi di Bentley yang luas kampusnya saja sekitar 120 hektar dengan total jumlah gedung sebanyak 341 gedung dan luas bangunan 290.000 meter persegi. Makanya Curtin University Perth ini juga merupakan kampus terluas di Western Australia. Jumlah mahasiswanya tiap tahun mencapai 46.000 orang. 6.000 diantaranya mahasiswa internasional yang berasal dari 150 negara. Selain itu ada beberapa keunikannya yang lain lho, seperti arsitektur bangunannya yang unik, toleransi budayanya, teknologinya yang unggul, dan suasana lingkungannya yang nyaman.

Bicara soal kenyamanan, Perth adalah kota yang unik. Konon Perth ini merupakan kota metropolis yang letaknya paling terpencil di dunia. Di Australia sendiri kebanyakan kota metropolisnya terletak di pantai timur, seperti Melbourne, Gold Coast, dan Sydney. Perth terletak di ujung barat Australia yang relatif kosong dan sepi. Cuacanya juga bersahabat, hangat sepanjang tahun. Kota yang dilalui Sungai Swan ini tidak sesibuk dan seramai Sydney. Sepanjang aliran sungai Swan dari Perth ke Fremantle, di tepi sungai masih dapat ditemui deretan perumahan yang memberi kesan teduh dan nyaman. Jadi bagi saya dan teman-teman yang tidak terlalu menyukai keramaian, kota Perth ini cocok banget untuk jadi tempat belajar.

image

image

image

image

image

Tapi jangan khawatir, Perth juga masih punya banyak obyek wisata, cafe dan pusat belanja. Salah satunya adalah di Northbridge. Jadi tetap masih bisa menikmati liburan juga kan?

Hmmm… kayaknya sudah cukup mantap ya memilih kuliah di Curtin University Perth ini. Sudahlah kampusnya asyik, kotanya pun nyaman untuk ditinggali. Jadi, sepertinya harus siap-siap dari sekarang ya? Salah satunya adalah segera mendatangi konsultan pendidikan terpercaya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Curtin University Perth ini dong.

Literatur penunjang:

Basuki, Agung, Wisata Hemat Australia Perth & Fremantle, Elexmedia Komputindo, Jakarta, 2012

Curtin University website

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Kuliah di Curtin Perth: Kuliah di Kota yang Cozy

  1. haya says:

    Kampus yang keren ya mbak…. Doctor of Creative Art wuhahaha kalau dapat gelar ini pasti ilmumu juga keren.

  2. windi says:

    Mbk tanya donk..kalau mau kuliah syarat nya apa ya…aku pengen ambil speech patologis

    • ifaavianty1 says:

      Windi bisa lihat langsung di web-nya Curtin ya Say. Soalnya info yg kukasih kan udah lama nih, takutnya ada perubahan apaaa gitu. Yg pasti tetap harus lulus tes bahasa (TOEFL/IELTS) dan persyaratan akademis lain. Juga syarat beasiswa jika memang ingin kuliah dg beasiswa. Good luck, Win 🙂

      • Hallo kak Ifa :

        Wahh menarik yaa pertanyaannya mengenai speech patologis, boleh saya sedikit tambahkan? Terima kasih

        Jurusan Speech pathology atau Speech-Language Pathology nantinya kamu akan bekerja menjadi ahli di bidang analisa communication disorders atau kelainan dalam berkomunikasi yang semuanya terkait dengan ogan oral tubuh manusia. Dengan gelar SLPs , nantinya kamu akan belajar untuk memahami proses pembentukan bunyi pada manuasia dan komponen dalam bahasa seperti fnologi, morfologi, syntax dan juga semantik, pragmatik.. intinya ilmu linguistik gitu deh… Hehehee”

        Nah mungkin jika memang nanti ada pertanyaan kamu yang lain, bisa langsung hubungi kami di : Phone : 021. 29745002 / WA 0812.12040583 (Konsultan Pendidikan )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s