Patepang, Penting buat Penulis

image

Apa jejaring sosial yang paling penting buatmu? Facebook, twitter, instagram, path, linkedIn, foursquare, circle? Atau semuanya penting? Pentingnya buat apa? Buat membantu pekerjaan dan menyambungkan silaturahim? Atau sekedar update status dan tempat curhat?

Pada masa digital seperti sekarang ini, jejaring sosial atau juga disebut media sosial jadi hal yang amat penting, apapun pekerjaan kita, dan siapapun kita. Ini merupakan fenomena baru yang belakangan ini dirasakan oleh sebagian besar manusia di dunia, terutama setelah era komputer dan smartphone yang juga menciptakan kultur populer dan bahkan peradaban baru.

Media sosial adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan mambuat konten, yang meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan bentuk-bentuk komunikasi dunia maya lainnya. Blog, jejaring sosial, dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Berbagai nama yang dikenal sebagai bentuk-bentuk media sosial seperti yang sudah saya sebutkan di awal tadi, pasti sudah sangat menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat dunia. Setiap hari jutaan posting dan hasil upload hilir mudik di belantara dunia maya. Nggak heran, banyak orang mengaku kecanduan dan nggak bisa lepas dari media sosial kayak gitu.

Nah, bagi yang mengaku seleb dunia maya atau seleb media sosial, sudah tahukah kamu ada layanan jejaring sosial baru, yang didirikan oleh dua anak bangsa kita yang kreatif, yang namanya Patepang?

image

Patepang adalah sebuah layanan jejaring sosial yang didirikan pada tanggal 25 Agustus 2013 oleh Ahmad Muflih dan Edwin Solahuddin. Layaknya situs web jejaring sosial lainnya, situs web ini memiliki fitur-fitur seperti menambahkan pengguna lain sebagai teman (situs pertemenan) dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbaharui status, menulis blog, berbagi pranala, foto, video, chatting, dan forum.

Tapi, situs yang beralamat di http://www.patepang.com dan didominasi warna orange ini, memiliki keistimewaan lain. Ini merupakan contoh situs jejaring sosial yang membayar anggotanya Seru kan? Iya, patepang adalah situs komunitas online yang memberi reward kepada anggotanya. Bagaimana cara supaya kita dapat reward-nya?

Patepang akan kasih reward kepada membernya yang aktif dan yang menulis di situsnya. Nah. Ini kesempatan berharga buat para penulis. Asal kita daftar dulu jadi member. Pendaftarannya pun relatif mudah. Nggak ribet. Prosesnya juga cepat. Itu menurut pengalaman saya lho.

Jadi, kalau kita jadi member-nya patepang, kita bisa menemukan satu situs yang lengkap sekali. Ada situs pertemanan, forum diskusi, blogging dan wadah menulis, upload foto, video, dan segala macam, dan… dibayar pula. Patepang ini memang salah satu situs menulis bahasa Indonesia yang dibayar.

Dengan demikian, patepang merupakan salah satu jejaring sosial yang wajib dimiliki oleh setiap penulis dan calon penulis. Banyak hal bisa kita lakukan di sana. Banyak manfaat juga yang bisa kita petik darinya. Tinggal sekarang kita yang harus bijak dan cerdas dalam menggunakan jejaring sosial atau media sosial. Nggak ada deh ceritanya, kita malah sibuk update status dan foto serta video narsis setiap jam sekali, tapi nulisnya nggak jadi-jadi juga. Hahaha, itu mah nggak jelas, mau jadi seleb atau penulis ya?

Siapa tahu ada calon-calon penulis yang malah ‘ketemu jodoh’ di patepang. Ketemu jodoh ini bisa berarti dapat jodoh beneran, bisa juga berarti dapat rezeki yang berkah dari situs ini. Kenapa nggak? Ayo gabung sekarang di patepang, nulis yang rajin dan cakep, tambah terus temanmu, dan… bangun branding-mu di sini. Caranya? Ya daftar jadi member dan aktif-lah. Hehehe. Ayuuk, saya juga mau aktif ah…

image

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s