Sumber Energi Baru

Energi Masa Depan Paling Prospektif untuk Indonesia

Sudah lama kita menyadari bahwa minyak bumi sebagai sumber utama energi lama-kelamaan akan habis. Berbagai penelitian dan eksplorasi telah dilakukan untuk mendapatkan sumber energi terbarukan yang dapat digunakan tanpa terlalu banyak merusak alam. Hasil penelitian panjang tersebut menyinpulkan bahwa dari begitu banyaknya kekayaan alam Indonesia, terdapat cukup banyak sumber energi masa depan. Tentu saja lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya.

Sumber energi pertama adalah nuklir yang dihasilkan dari reaksi fisi. Kelak nuklir ini digunakan untuk menggerakkan air yang kemudian membangkitkan listrik melalui PLTA. Sejak tahun 2007, 14% negara di dunia telah menggunakan nuklir sebagai sumber energi.

Nuklir memiliki daya pembangkit energi yang sangat besar. Namun di Indonesia sampai kini masih terkendala oleh tingginya biaya pengolahan dan pengelolaannya. Termasuk juga untuk biaya keamanan dan keselamatan bagi masyarakat sekitar. Namun jika telah ditemukan teknologi alternatif yang lebih aman dan murah, tak tertutup kemungkinan nuklir bisa digunakan lebih meluas di sini sebagai energi alternatif.

Sumber energi masa depan kedua adalah biomasa. Energi biomasa adalah proses kimiawi makhluk hidup yang dihasilkan oleh proses fotosintetik, baik berupa produk maupun hasil buangan. Contohnya adalah tumbuhan, kotoran hewan, dan sisa tumbiuhan itu sendiri. Penggunaan yang umum adalah sebagai pupuk tanaman. Namun perkembangan ilmu pengetahuan mengarahkan penggunaan biomasa sebagai energi masa depan.

Kelebihannya, energi biomasa bersifat terbarukan sehingga dapat terus menerus diperoleh dari alam. Namun kekurangannya adalah energi yang dihasilkan tidak sebesar nuklir dan minyak bumi. Jika ingin memperoleh jumlah energi yang besar, dibutuhkan jumlah produsen energi biomasa yang berlipat ganda.

Sumber energi masa depan berikutnya adalah gas alam yang dianggap lebih efisien dari minyak bumi. Gas alam dianggap lebih ramah lingkungan, tidak berbau dan tidak korosif. Telah dikembangkan pula gas alam cair. Namun lagi-lagi, pengembangan teknologi gas alam masih cukup mahal. Harus dipikirkan lagi inovasi teknologi yang lebih murah sehingga sumber energi ini bisa dihasilkan secara massal.

Hampir seperti gas alam, panas bumi dapat dikembangkan pula sebagai sumber energi masa depan. Berasal dari ekstraksi energi panas dari dalam bumi dan juga dari panas matahari, energi ini juga bersifat terbarukan dan ramah lingkungan. Pada tahun 2007, panas bumi telah digunakan sebagai sumber energi 0.3% dari konsumsi dunia.

Indonesia sendiri telah lama mengembangkan panas bumi dengan adanya PLTP Kamojang, Dieng, Jawa Timur. Mengingat kebaikannya, tidak mustahil di masa depan, panas bumi bisa menjadi sumber energi primadona.

Tenaga air adalah sumber energi yang sudah sangat umum digunakan. Sekitar 19% kebutuhan energi dunia ditunjang olehnya. Banyak keuntungan dari air sebagai sumber energi, selain bersifat terbarukan, juga ramah lingkungan dan biaya pengelolaannya cukup murah.  Bagi Indonesia yang merupakan negara perairan dan kepulauan energi air tetap merupakan primadona.

Tenaga angin sebagai sumber energi banyak digunakan di Eropa, yaiyu sekitar 69%. Pengolahannya cukup murah dan tak beresiko. Biasanya dapat dilakukan secara optimal di ladang-ladang angin yang besar. Tidak menutup kemungkinan di Indonesia pun dapat dikembangkan di wilayah berangin.

Demikian pula dengan tenaga matahari atau tenaga surya. Sejak tahun 2013 telah beroperasi PLTS di Bali yang tentu dapat dikembangkan lagi di masa depan. Tenaga surya ini cukup murah dan tersedia sepanjang masa.

Dan yang cukup menjanjikan adalah energi laut, yang terdiri dari energi gelombang laut, energi pasang surut, dan energi panas laut. Ketiganya belum banyak digunakan. Baru Jepang, Jerman, dan Australia Selatan yang memanfaatkan energi gelombang laut. Indonesia sebagai negara maritim tentu saja dapat pula mengembangkannya di masa depan. Hanya saja biayanya yang cukup mahal bisa jadi kendala. Harus pula dilakukan penelitian lebih lanjut tentang dampak lingkungan.

Pasti masih banyak lagi sumber energi lain. Masih sangat terbuka kemungkinan penelitian dan pengembangannya, dan merupakan tantangan yang menarik bagi para ilmuwan kita.

Disarikan dari http://m.log.viva.co.id/news/read/314983-10-energi-terbarukan-di-indonesia

Advertisements

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s