Belajar dari Naga

Belajar dari Naga

Pada awalnya saya bukan pencinta game. Boleh dibilang, saya benci game apapun. Yang saya suka hanya tetris, itu game zaman dahulu kala. Mungkin game komputer generasi awal. Itupun hanya sesekali main, tidak kecanduan. Apalagi kalau sudah stuck, jadi malas melanjutkan. Pernah juga, sewaktu Facebook baru saja booming, saya sempat sedikit kecanduan main Farmville. Tak jarang, saya ikut bergadang bersama putra sulung saya untuk panen hasil peternakan dan pertanian di game yang cukup mengasyikkan itu. Tapi lama-lama bosan sendiri. Apalagi cukup banyak pekerjaan yang terbengkalai.

Setelah itu saya kembali menyatakan ‘perang’ pada game. Ketika dunia dilanda wabah Angry Birds-pun, saya tidak terlalu tertarik. Beberapa kali mencoba, hanya bisa mencapai level 3. Huh menyebalkan! Saya kembali dilanda kebosanan. Untuk apa main game yang hanya berkutat di sekitar perseteruan sekawanan burung-burung jutek dengan sekelompok babi rakus?

Oh ya, sejak kecil saya adalah penggemar cerita fantasi. Salah satu makhluk favorit saya adalah naga. Bagi saya, naga itu lucu dan unik. Nah, suatu hari saya melihat anak saya men-download game di hp android saya. Astaga, game tentang naga! Dan naga-naganya sama sekali tidak menyeramkan. Wajah dan penampilan grafisnya lucu dan imut-imut. Seketika saya penasaran.

Setelah itu saya mulai ikut-ikutan bermain game bernama Dragon Story itu. Waaah, ini dia kepulauan berpenghuni aneka naga yang ada dalam fantasi masa kecil saya sekian puluh tahun lalu!

Jadi di game Dragon Story itu kita seakan mengembangbiakkan aneka jenis naga lucu di sebuah kepulauan. Kita diharuskan memelihara naga-naga itu dari mulai bertelur, bayi naga, hingga naga dewasa yang siap dikawinkan dengan naga sejenis atau dari jenis lain. Yang seru itu kalau menunggu hasil perkawinan silang kedua menpelai naga itu. Hasilnya bisa berupa naga jenis common, rare, atau very rare. Kita juga harus pandai-pandai menghitung usia pengeraman telur dan lama perkawinan naga untuk bisa menebak jenis si bayi naga. Bahkan ada tabelnya juga lho, Dragon Story Breeding Guide yang juga bisa di-downloaf di Playstore Android.

Tak kalah pentingnya adalah pemberian makan naga yang bisa didapat dengan menanam tumbuhan jenis tertentu atau dengan membeli. Pada level tertentu, naga harus melewati proses semacam evolusi untuk menjadi lebih besar.

Yang cukup unik dari game ini, pada momen-momen tertentu seperti Halloween, Easter, Thanksgiving, atau Spring Season misalnya, akan ada naga-naga jenis tertentu yang muncul saat itu saja. Jadi harus rajin-rajin update di Playstore.

Soal kendala pada level tertentu ada naga atau perangkatnya yang mahal dan harus dibeli dengan kartu kredit, bisa diatasi kok. Caranya dengan mengumpulkan gold yang didapat dari installing game lain dari produsen yang sama, seperti Farm Story, Restaurant Story, Fashion Story dll.

Bagi saya sendiri, ini game yang mengasyikkan. Selain saya memang pecinta naga, game ini melatih kesabaran kita dalam beternak naga, mengajarkan kita bermain teori persilangan naga juga :D.

Tapi yang tak pernah diduga, game ini mendatangkan ide bagi saya untuk menulis semacam kisah fantasi tentang kerajaan naga. Benar-benar membantu dan berguna buat seorang penulis seperti saya. Coba deh, siapa tahu anda yang penulis bisa menemukan inspirasi dari game-game yang bertebaran di dunia online :).

About ifaavianty1

A wife, mom of 3 sons, writer and author of about 70 books. Loves books, music, movies, cook, art n craft, history, rain, mall, coffee, tea, and pasta. Oh, and every genius :))
This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Belajar dari Naga

  1. Pingback: Wawacanda Bersama Ifa Avianty | Lewat kata, aku bicara

Leave a Reply

